Renault Scenic Resmi Disuntik Mati, Au Revoir MPV Cantik

Renault Scenic Resmi Disuntik Mati, Au Revoir MPV Cantik
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun banyak yang menilai mobil Perancis nyeleneh secara desain, namun tak sedikit diantaranya yang memiliki desain cantik. Dan kalau kita bicara MPV Perancis dengan desain yang cantik, mana nama Renault Scenic akan masuk di antara list tersebut, walau tidak secanti Renault Espace. Sayangnya, Renault telah mengumumkan sebuah keputusan yang cukup mengejutkan, dimana mereka telah menghentikan produksi dan eksistensi dari Renault Scenic. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Bye Renault Scenic, Grand Scenis Menyusul

Baru – baru ini, Renault dikabarkan telah menghentikan penjualan dari MPV kompak mereka, Renault Scenic. Yap, Renault Scenic harus menyusul Renault Talisman yang baru – baru ini juga disuntik mati oleh pabrikan asal Perancis tersebut. Tentunya ini menjadi sebuah kabar yang menyedihkan bagi pecintah MPV. Patut kalian ketahui, pangsa pasar MPV di Eropa memang terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Kenyataan bahwa MPV bisa disubstitusi oleh SUV – SUV Modern membuat konsumen berpindah hati, dan mau tak mau harus diikuti juga oleh pabrikan. Beberapa bulan lalu, Citroen juga harus menyuntik mati Citroen Grand C4 SpaceTourer karena penjualannya yang terus menurun.

Lantas, bagaimana dengan versi ‘besar’ dari Renault Scenic yaitu Renault Grand Scenic? Untuk saat ini, Renault Grand Scenic masih dijual resmi, namun kabarnya produksi Renault Grand Scenic akan dihentikan beberapa bulan ke depan. Yap, baik Renault Scenic maupun Grand Scenic akan menemui penghujung masa bakti mereka. Bagaimana dengan si cantik Renault Espace? Sebenarnya nasib Renault Espace nampaknya tidak akan terlalu jauh dengan Renault Scenic. Sejumlah negara di Eropa sudah tidak menerima order untuk Renault Espace, namun sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari Renault terkait status Renault Espace. Prediksi kami, soon or later mobil ini juga akan menyusul Renault Scenic.

Sejarah Renault Scenic, Megane Versi MPV

Renault Scenic sendiri sudah dijual sejak tahun 1996 silam, dimana versi konsepnya di tahun 1991 mencatut nama Renault Megane, yaitu Renault Megane Scenic. Wajar saja, karena kala itu Renault Scenic memang menggunakan basis dan mesin yang sama persis dengan Renault Megane. Generasi kedua dari Renault Scenic hadir di tahun 2003, dan generasi ketiga di tahun 2009. Generasi keempat sekaligus terakhir dari Renault Scenic muncul di tahun 2016 silam, dan sukses menjadi mobil yang cantik secara desain. Di generasi terakhir ini, Renault Scenic dibangun dengan basis Renault-Nissan CMF C-D yang membuatnya memiliki ikatan darah dengan Nissan X-Trail, Mitsubishi Outlander, dan Renault Koleos.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Au Revoir Renault Scenic.

Read Prev:
Read Next: