Renault K-ZE : Realisasi Mobil Listrik Murah Berbasis Renault Kwid

Renault K-ZE : Realisasi Mobil Listrik Murah Berbasis Renault Kwid
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekitar 1 tahun yang lalu pihak Renault sempat membeberkan rencana jangka menengah mereka. Paparan rencana ini sendiri berjangka selama lima tahun, alias dari tahun 2017 hingga tahun 2022 mendatang. Nah, di dalam paparan rencana bertajuk “Drive The Future” ini terdapat juga rencana untuk membuat  joint venture dengan pabrikan di China untuk pengembangan mobil listrik dan mobil LC alias low carbon vehicle, dan tak lama kemudian muncul kabar bahwa sebuah Renault Kwid EV akan masuk dalam skema tersebut. Pasca setahun, akhirnya sosok konsep dari mobil tersebut pun muncul, dan inilah Renault K-ZE Concept.

Renault sendiri turut berpartisipasi dalam Paris Auto Show 2018 yang akan mulai dihelat hari ini, tanggal 2 Oktober 2018. Nah, mereka mencuri start dengan menyebarkan informasi terkait Renault K-ZE Concept ke dunia maya. Renault K-ZE Concept sendiri akan menampakkan diri ke publik pada Paris Auto Show 2018 nanti, dan kedepannya mobil konsep ini akan menjadi basis untuk produksi dari mobil listrik murah yang akan dijual massal oleh pihak Renault. Oke, kita mulai lihat sosok Renault K-ZE Concept ini, dan satu kata yang langsung muncul di benak kami adalah “Kwid”. Yap, Renault K-ZE Concept ini bentuknya sangat Renault Kwid, bahkan kami curiga huruf ‘K’ dar Renault K-ZE sendiri merujuk pada nama ‘Kwid’. Hanya saja, kami akui bahwa sosok Renault K-ZE Concept jauh – jauh lebih futuristis, namanya juga mobil konsep.

Namun, jujur, sejatinya sosok Renault Kwid sendiri adalah sebuah mobil yang cakep, hanya saja naas penjualannya tak secakep tampangnya. Jika dilihat, perbedaan Renault K-ZE Concept dengan sebuah Renault Kwid biasa ada pada wajah depannya. Renault K-ZE Concept menggunakan grille model baru dengan bentuk garis yang malah sedikit berbentuk V ala Nissan, dan juga lampu yang cakep. Lokasi yang sebelumnya adalah posisi lampu utama Renault Kwid yang mengotak sudah digantikan oleh lampu sipit nan futuristis dengan LED bar yang lurus. Sedangkan ada tiga buah lampu LED di masing – masing sisi kiri dan kanan di bawah lampu tersebut. Sisi depan mendapatkan skid plate silver, sedangkan sisi atas mendapatkan atap biru dan roof rail silver. Spion pun ikut berwarna biru, sedangkan side body moulding-nya juga ada biru – birunya.

Pindah ke belakang, nyaris tak ada beda antara Renault K-ZE Concept dan Renault Kwid, selain skema warna, dan lampu belakangnya yang jauh lebih cakep dibandingkan dengan Kwid. Nah, berhubung mobil ini mobil listrik, pastinya ada lokasi untuk port pengisian daya, dan port tersebut ada di sisi kanan di dekat fender depan mobil ini. Renault K-ZE Concept sendiri memiliki jarak tempuh sejauh 250 km dengan metode pengetesan NEDC. Sedangkan spesifikasi lainnya masih disembunyikan oleh pihak Renault. Yang jelas, Renault K-ZE Concept akan dilengkapi dengan beberapa fitur seperti sistem infotainment yang terkoneksi ke internet, dengan tambahan sistem navigasi, kamera mundur dan sensor parkir.

Nah, versi produksi Renault K-ZE Concept sendiri akan digarap oleh Renault bersama e-GT New Energy Automotive Co, plus Dongfeng dan Nissan. Versi produksi mobil ini akan muncul di 2019 mendatang dengan target pertama pasar otomotif China. Kita tunggu saja seperti apa sosok Renault Kwid versi setrum ini. Bagaimana menurutmu? Sayang nggak kelihatan berapa jumlah baut velg mobil ini, namun bisa jadi sudah empat buah kok kalau melihat cowakan di sekitar logo Renault.

Read Prev:
Read Next: