Renault City K-ZE : Renault Kwid Versi EV Yang dirilis di China

Renault City K-ZE : Renault Kwid Versi EV Yang dirilis di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentunya tahu jikalau kabar mengenai Renault Kwid EV cukup kencang dalam beberapa hari terakhir ini karena memang mobil ini bakal diperkenalkan di Shanghai International Auto Show 2019. Nah, kini pihak Renault sendiri sudah mengungkap tabir dari mobil ini, namun menariknya, nama ‘Kwid’ sendiri sudah ditanggalkan dan digantikan dengan nama Renault City K-ZE. Dan sesuai dengan bocoran sebelumnya, sosok Renault City K-ZE bisa dikatakan cukup mirip dengan versi konsepnya yang bernama Renault K-ZE Concept.

Oke, kami akan coba bahas terlebih dahulu bagian kasat mata dari Renault City K-ZE ini, yaitu desainnya. Secara keseluruhan, tak bisa dibantahkan kalau desain Renault City K-ZE ini masih sangat Renault Kwid. Hanya saja, wajah depan dari mobil ini berubah total dibandingkan dengan sebuah Renault Kwid yang kita kenal. Wajah depannya kini memiliki lampu bertingkat dua, dimana lampu sisi atasnya mirip dengan milik Renault K-ZE , walau tak sesipit model konsepnya. Lampu di sisi atas ini adalah lampu DRL dan juga lampu sein, sedangkan lampu di sisi bawah adalah lampu dekat dan lampu jauh. Oiya, grille dari Renault City K-ZE juga baru dan terlihat cukup menarik.

Bumper depannya dibuat dengan banyak tekukan untuk mengakomodir dua tingkatan lampu di body yang cukup mungil. Namun kami akui eksekusi dari pihak Renault di wajah depan dari Renault City K-ZE ini cukup positif dan memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan sebuah Renault Kwid biasa. Pindah ke sisi samping, terlihat jika mobil ini masih menggunakan add on body hitam yang tebal, side body moulding milik Renault Kwid yang diberi tulisan K-ZE, dan juga spion mungil dan handle pintu model jadul. Menariknya, walau velg mobil ini terkesan biasa saja, tapi jumlah bautnya kini sudah genap.

Masih di sisi samping, ada roofrail berwarna hitam dengan pemanis berwarna biru dan juga antena model lawas di atap mobil ini. Sednagkan sisi belakang mobil ini sangat Renault Kwid dengan lampu yang bentuknya sama walau detail di dalamnya berbeda, dan juga buritan yang 11-12 dengan Renault Kwid standar. Tak ada rear spoiler, namun sudah ada sensor parkir 3 titik, kamera mundur yang diposisikan di tengah logo Renault, dan wiper belakang serta rear defogger, nice. Bumper belakangnya juga sudah cukup oke dengan mayoritas warna hitam doff dan juga aksen silver di sisi tengah yang terdapat reflektor yang berukurnan lumayan.

Untuk interior, sejatinya desain ala Renault Kwid masih dipertahankan, hanya dipermanis di beberapa bagian saja. Oiya, panel instrumennya sudah digital, dan sistem infotainment-nya menggunakan layar sentuh berukuran cukup besar. Tombol AC masih model putar, namun tuas persneling sudah tak ada dan digantikan dial putar di sisi tengah. Ornamen berwarna biru menghiasi sekitar konsol tengah, kisi AC, dan juga setir, dan di sisi kiri terlihat ada 2 dummy tombol. Kursinya masih model ‘pocong’ dengan headrest menyatu, dan untuk menghidupkan mobil masih menggunakan sistem kunci konvensional.

Renault City K-ZE sendiri bisa berjalan sejauh 250 km dengan baterai terisi penuh, dan untuk mengisi dayanya, pihak Renault mengklaim bahwa 80% baterai bisa terisi dalam waktu 50 menit jika diisi dengan fasilitas fast charging.Overall, Renault City K-ZE menjadi sebuah paket menarik untuk mobil listrik lowbudget, yang mana mobil ini juga akan ditargetkan laku 550.000 unit setahun di tahun 2022 mendatang. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Renault City K-ZE ini?

Read Prev:
Read Next: