Ratusan Ribu Toyota Sienna Di-Recall Karena Bisa Meluncur Sendiri

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Ratusan Ribu Toyota Sienna Di-Recall Karena Bisa Meluncur Sendiri
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian tahu Toyota Sienna? Ya, kalau banyak dari kalian yang tak tahu itu pun wajar, karena mobil ini tak dijual di tanah air. Jadi, Toyota Sienna  adalah sebuah MPV yang berukuran sedang dengan pintu geser, jadi mungkin sekelas dengan Toyota Previa. Mobil ini sudah memiliki tiga generasi hingga saat ini sejak tahun 1998, dan dipasarkan di Amerika Serikat.

Dan mobil yang kita bahas inilah yang terkena masalah di Amerika Serikat sana. Masalahnya apa? Van buatan Toyota ini bisa meluncur sendiri, agak horor. Namun tenang, maksudnya bukan mobil ini bisa berjalan sendiri tanpa supir, namun ada masalah pada tuas transmisinya. Tuas transmisi yang berada di posisi ‘P’ alias Parking Position bisa bergeser ke posisi lain tanpa menginjak rem terlebih dahulu. Dan jelas, jika rem parkir tak sedang ditarik, maka mobil ini bisa meluncur langsung tanpa hambatan yang membuatnya bisa berakibat fatal.

Data mengenai hal ini sendiri didapat dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang menemukan masalah ini pada Toyota Sienna lansiran tahun 2005 hingga 2007 dan juga versi tahun 2009 hingga 2010. Dan jelas dari jumlah tahunnya, maka mobil yang terdampak kali ini tak mungkin sedikit. Dengan rata – rata penjualan sebanyak 120.000 unit di Amerika Serikat per tahunnya, maka sepertinya bisa diperkirakan bahwa 50% dari semuanya mengalami masalah serupa.

2004 Sienna LE.

Total diperkirakan ada sekitar 310.475 unit Toyota Sienna yang diprediksi mengalami masalah ini. Dan angka tersebut hanya untuk Toyota Sienna yang dijual di Amerika saja, belum unit yang dijual diluar Amerika Serikat. Tentunya recall ini perlu dipenuhi oleh para pemilik Toyota Sienna yang terdampak, karena memang hal ini bisa berakibat fatal. Dalam proses recall ini sendiri, solenoid shift lock dari mobil ini akan digantikan dengan yang baru. Dan untuk program ini baru akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2017 mendatang.

Tentunya hal ini adalah hal yang serius, karena para pemilik Toyota Sienna dipastikan bukanlah anak muda, melainkan keluarga yang memiliki anak – anak kecil, ya lihat saja modelnya, nggak keren sama sekali kan. Karena para konsumen membeli Toyota Sienna untuk kenyamanan dan keamanannya, dan aspek keamanan ini peru diperhatikan dengan recall ini. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: