FCA : Jeep Tidak Akan Dijual Ke Investor Asal China

by  in Berita&Chrysler&Fiat
FCA : Jeep Tidak Akan Dijual Ke Investor Asal China
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan beberapa kabar yang menunjukkan bahwa salah satu pabrikan mobil asal China yaitu Greatwall yang ingin membeli merk Jeep? Yap kabar ini sudha berhembus sejak pertengahan tahun 2017 kemarin. Dan saat itu CEO FCA, Sergio Marchionne sendiri tak berkomentar apapun terkait rencana untuk menjual merk Jeep, bahkan pada bulan April 2017 lalu, Sergio mengatakan bahwa Jeep sendiri telah cukup kuat untuk berdiri dengan kemampuannya sendiri.

Nah, di awal tahun 2018 ini Marchionne kembali membuka suara terkait peluang penjualan merk Jeep ke investor asal China. Dan melalui statement-nya kali ini, pihak FCA masih kukuh dengan pendiriannya dengan menutup pintu terhadap kemungkinan untuk menjual merk Jeep ke investor lain. FCA sendiri berusaha untuk menjaga supaya merk – merk yang dinaunginya bisa tetap utuh. Secara umum, Jeep sendiri memang menjadi ‘harta’ paling berharga yang ada di dalam aliansi FCA. Merk Jeep sendiri menjadi salah satu merk termahal yang dipegang oleh FCA dengan kisaran nilai 33,5 Milyar US Dollar yang bahkan nilainya lebih besar dari total sisa semua merk lain yang dipegang oleh FCA.

Jadi bayangkan saja jika FCA melepas Jeep, maka aliansi ini akan berkurang nilainya. Godaan GAC untuk meminang Jeep sendiri ditolak mentah – mentah oleh FCA, namun bukan berarti hubungan antara FCA dan GAC menjadi buruk. Marchionne mengatakan bahwa mereka mempunyai hubungan yang baik dengan GAC. FCA juga menilai bahwa GAC adalah perusahaan yang memiliki attitude yang bagi sebagai partner, dan punya visi global yang besar. Bahkan, GAC sendiri berniat masuk ke pasar Amerika, dan FCA pun mendukung usaha GAC itu sendiri, namun tanpa mengubah susunan merk yang ada di bawah FCA (Tanpa menjual merk Jeep kepada GAC).

Namun, kabar yang beredar, walaupun FCA enggan untuk melepas Jeep ke investor lain terlepas posisi Jeep yang menjadi harta termahal atau tidak, pada kenyataannya FCA sendiri berniat untuk mengurangi salah satu anak perusahaan yang dinaunginya. Perusahaan yang kami maksud ini sendiri adalah Magneti Marelli yang perlahan – lahan akan dilepas oleh pihak FCA di pengujung tahun 2018 nanti. Tak jelas apa alasan dari FCA melepas Magneti Marelli padahal produsen komponen otomotif ini adalah pembuat suku cadang FCA yang paling besar. Namun ditengarai posisi Magneti Marelli yang sudah bisa berdiri sendiri membuat FCA sudi melepasnya, namun bukannya Jeep juga begitu? Hanya FCA yang bisa menjawab.

Salah Satu Produk GAC, Trumpchi

FCA sendiri pada penghujung tahun 2017 kemarin juga meminati kerjasama dengan raksasa asal Korea Selatan, Hyundai. Mungkin kerjasama teknikal ini yang juga mendasar FCA sudi melepas Magneti Marelli, karena faktanya selama ini FCA sudah banyak membeli komponen dari Hyundai. Dari sisi investor sendiri GAC bukanlah pabrikan China pertama yang ingin mencaplok merk kelas kakap di dunia otomotif, toh Geely sudah memulainya terlebih dahulu. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: