Prototipe Mobil Balap Mazda RT24-P Jamah Gelaran LA Auto Show

Prototipe Mobil Balap Mazda RT24-P Jamah Gelaran LA Auto Show
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau bicara mobil balap Mazda, biasanya yang langsung kepikiran adalah Mazda 767B, Mazda 787B atau Mazda RX-7 Bathrust yang mesinnya sudah pasti rotary. Yang satu ini mungkin beda sekali, karena sosok Mazda RT24-P yang kamu lihat sekarang ini sama sekali tidak pakai mesin rotary. Yang ada adalah mesin piston biasa berkapastias 2.000 cc 4 silinder turbo, namun punya tenaga 600 hp.

Bukan rotary memang, karena Mazda sibuk meriset mesin rotary SkyActiv-R buat Mazda RX-9,jadi mereka andalkan mesin piston dulu saja. Nama Mazda RT24-P ini sendiri ada filosofinya. RT24 adalah singkatan dari Road to 24, sebuah program pendidikan bagi calon pembalap sirkuit ala Mazda, dan 24 sendiri adalah tanda dari mesin 2 liter 4 silinder turbonya. P-nya apa? Sudah pasti P-nya berarti Prototipe.

mazda-rt24-p-2017

Mobil ini akan berkompetisi di bawah regulasi dari Daytona Prototype international (DPi), namun untung DPi tidak melarang mobil balap untuk memakai bahasa desain andalannya. Seperti Mazda-Mazda lain, ada bahasa desain ala Kodo yang bisa disimak di nyaris seluruh bodi, kecuali kokpit. Gril segitiga terbalik yang jadi ciri khas Mazda kekinian pun turut disematkan, namun bentuknya jadi jauh lebih gepeng. Warna andalan Mazda, yakni merah pun turut menyelimuti bodinya.

mazda-rt24-p-rear

Namun di balik bodinya, sebenarnya bukan rangka Mazda yang menjadi tulang punggungnya. Sasis Mazda RT24-P adalah hasil buatan Riley, yakni sasis Riley Mk.30 yang dibuat oleh Riley Technologies bersama dengan Multimatic, di mana kedua perusahaan ini sudah mendapat nama besar karena memenangkan balapan ketahanan di Amerika Serikat sejak tahun 2004. Sama seperti 787B yang aslinya merupakan mobil dengan dasar dari mobil balap Jaguar yang dibeli Mazda.

mazda-rt24-p-side

Berapa lama kita harus menunggu Mazda RT24-P ini untuk turun dari panggung pameran mobil ke sirkuit yang sebenarnya? Hmm… Sepertinya tidak akan lama, mengingat ia sudah ada jadwal untuk turun di ajang balap ketahanan Rolex 24 di Daytona pada awal tahun 2017 nanti, sekitar akhir Januari. Apa opinimu mengenai mobil balap Mazda RT24-P ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: