First Impression Review Mazda CX-5 Facelift 2015

by  in Mazda&Mobil Baru&Review
First Impression Review Mazda CX-5 Facelift 2015
0  komentar

Review-Mazda-CX-5-baru-facelift-IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Ternyata butuh waktu cukup lama untuk Mazda mendatangkan Mazda CX-5 dan Mazda6 Facelift terbaru ke Indonesia. Setelah diperkenalkan pada Los Angeles Motor Show pada akhir tahun 2014 silam, Akhirnya kedua mobil ini resmi mendarat di Indonesia pada tanggal 27 April 2015 setelah Honda CR-V yang merupakan kompetitor utamanya diluncurkan. Bagaimana impresinya? Mari kita simak bersama-sama.

Eksterior

mazda-cx-5-facelift-indonesia

Secara eksterior, sebenarnya tidak banyak yang berubah pada Mazda CX-5 facelift terbaru jika kita bandingkan dengan pendahulunya, dari depan kita akan mendapatkan desain lampu model baru denga LED DRL melingkar seperti Mazda2 terbaru. Untuk varian tertinggi yaitu Mazda CX-5 GT (Grand Touring) sudah mendapatkan teknologi Adaptive LED Headlamps seperti mobil Audi yang sangat pintar dengan tiga kemampuan seperti Glare Free High Beam (mematikan beberapa lampu LED agar tidak menyilakukan kendaraan lawan arah), Wide Range Low Beam (lampu LED akan menyala menerangi bagian samping kendaraan dan membantu saat berbelok) dan Highway mode yang otomatis meninggikan ketinggian lampu ketika di kecepatan tinggi.

lampu-depan-mazda-cx-5-led

Namun sayang, fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi saja, dan untuk varian sport yang merupakan varian paling murah, mobil ini masih menggunakan lampu depan yang sama dengan model non facelift. Berita baiknya, bentuk frame lampu mobil ini masih sama dengan model non-facelift, sehingga jika anda mau upgrade CX-5 lama anda, anda bisa membeli lampu model facelift ini dan menyesuaikannya dari segi kelistrikan.

mazda-cx-5-grille-depan

Grille depannya memiliki perbedaan yang cukup minor, bahkan kami menyangka bahwa grille depan ini juga masih dapat diganti sendiri oleh pemiliki Mazda CX-5 lama menjadi model terbaru agar semakin kekinian. Namun kami lebih suka dengan model grille yang lama dibandingkan dengan model saat ini.

mazda-cx-5-facelift-foglamp

Perubahan lain yang menurut kami tidak begitu kentara ada pada fog lamp di bagian bawah bumper yang kini memiliki bentuk lebih kecil dan tidak terlihat karena adanya dua buah bilah garis, entah mengapa facelift Mazda CX-5 terbaru ini Mazda enggan mengubah bentuk bumper mereka agar terlihat lebih berbeda, mungkin Mazda mencoba untuk berhemat?

[su_custom_gallery source=”media: 28427,28416″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

Dari samping, bisa terlihat tidak ada perbedaan yang cukup signifikan, untuk tipe Touring dan Grand Touring, kita akan mendapatkan desain velg two tone color baru yang lebih sporty dengan ukuran 19 inchi, sedangkan untuk tipe Urban dan Sport, kita akan mendapatkan velg berukuran 17 inchi dengan desain yang sama dengan model sebelumnya, selain itu, model lampu sein juga berubah menjadi lebih kecil untuk alasan aerodinamika.

mazda-cx-5-facelift-belakang

Dari belakang, nyaris tidak ada perbedaan dengan model non facelift pada Mazda CX-5 ini kecuali pada kombinasi lampu belakangnya yang kini memiliki lampu LED senada dengan model depan yang lebih cantik, sisanya nyaris tidak ada yang berubah, namun saya tetap suka model bumper belakang Mazda CX-5 yang memiliki dua buah knalpot terpisah. Sayangnya untuk anda yang membeli varian CX-5 Sport, anda akan mendapatkan lampu belakang yang sama dengan model sebelum non-facelift, yucks!

Secara eksterior, antara Mazda CX-5 facelift dan versi terbaru sebenarnya tidak begitu kentara, bahkan hal-hal seperti lampu depan, lampu belakang dan velg bisa kita upgrade sendiri jika kita memiliki varian Mazda CX-5 model lama. Bagaimana dengan interiornya? Mari kita simak!

Interior

dashboard-mazda-cx-5-facelift

Masuk ke dalam interior Mazda CX-5 terbaru terasa sangat berbeda dengan model sebelumnya berkat adanya MZD connect seperti halnya Mazda2 GT. Sebelum membahas MZD connect, ada beberapa hal yang berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya, contohnya panel kayu hitam yang melintang di dashboard ini kini berubah menjadi panel alumunium dengan tekstur yang sangat mewah ketika disentuh.

Di bagian door trim, kita akan mendapatkan panel plastik bergaris yang kini berubah menjadi panel hitam glossy, uniknya ketika kami mendekati panel tersebut, ternyata panel hitam glossy tersebut memiliki tekstur kayu berwarna hitam yang membuatnya terasa mewah. Sisanya mungkin akan terlihat sama saja seperti speedometer, setir dan kursi pengemudi depan.

head-unit-mazda-cx-5-facelift

Nah mari kita membahas MZD connect yang sudah dibekali dengan sistem tata kelola suara oleh Bose 9 speaker pada varian Touring dan Grand Touring. Seperti halnya Mazda2 GT, user interface dari MZD connect sangat mirip dengan BMW i-Drive, hanya saja ini lebih mudah dikendalikan karena memiliki touch screen. Tombol-tombol yang berada di sebelah kanan pengemudi kini sedikit berkurang karena MZD connect menggantikan beberapa fungsi tombol tersebut.

Untuk tipe GT, MZD connect dapat mengontrol SCBS, Blind Spot Monitoring System, Lane Keeping Assist, dan sensor parkir, termasuk beberapa pengaturan seperti Rain Sensor, Door Locks, Turn Signal dan Lighting. Kami sangat senang melihat head unit lama yang seperti aftermarket di CX-5 digantikan oleh head unit canggih seperti ini. Terakhir untuk model CX-5 GT sudah menggunakan DVD player.

ac-mazda-cx-5-facelift

Turun sedikit dari bawah head unit, kita akan mendapatkan desain tombol AC baru yang membuat suasana kabin sedikit berbeda, Mazda cukup pintar di bagian ini, karena tombol AC ini adalah tombol AC yang merupakan common parts dengan Mazda6 SkyActiv.

mzd-connect-mazda-cx-5

Turun kebawah lagi, kita akan mendapatkan cluster sekitar tuas transmisi yang sama dengan Mazda6, dan ini sekali lagi adalah common parts yang sama dengan Mazda6 tanpa kita sadari, bagian ini juga yang membuat Mazda CX-5 terasa mewah dengan desain ala-ala BMW i-Drive. Jangan lupa, kita juga akan melihat tuas sport mode dan electronic parking brake di sini loh.

Di sisi pengemudi, kita tidak akan menemukan hal baru sebenarnya, bentuk speedometer masih sama, di balik kemudi juga kita tidak akan mendapatkan paddle shifter seperti rivalnya. Dan sangat disayangkan juga bahwa mobil ini belum dilengkapi dengan eletronic tailgate seperti Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

tombol-mazda-cx-5

Sebelum lanjut ke kursi belakang, lagi-lagi untuk varian Mazda CX-5 GT diberikan keistimewan fitur seperti LDWS dan Blind Spot Monitoring yang dapat di non aktifkan melalui dua tombol di samping pengemudi, sisanya seperti tombol untuk mematikan Traction Control System, memantau tekanan ban dan i-Stop, tersedia di seluruh model, nice!

mazda-cx-5-facelift-terbaru

Masuk ke bagian belakang, ada yang sedikit berbeda dengan joknya yang kini memiliki thigh lebih maju, memang sih lebih nyaman, namun legroom baris kedua jadi terlihat berkurang meskipun sebenarnya masih cukup lega. Hal yang kami kurang suka, Mazda CX-5 juga belum dilengkapi dengan kursi baris kedua sliding dan reclining meskipun sudah bisa dilipat dengan satu sentuhan jari saja.

Mesin

mazda-cx-5-skyactiv-mesin

Mesin mobil ini masih sama dan tidak ada ubahan sama sekali, untuk tipe Sport mobil ini menggunakan mesin 2.000 cc SkyActiv bertenaga 155 PS dan torsi 200 Nm, untuk tipe Urban, Touring dan Grand Touring, mobil ini menggunakan mesin 2.500 cc skyactiv  bertenaga 187 PS dan torsi 250 Nm. Sayangnya Mazda masih ogah memasukan varian dieselnya ke Indonesia.

Kesimpulan

mazda-cx-5-sunroof

Secara eksterior, Mazda CX-5 hanya mengalami ubahan ringan saja, namun bagian interiornya mendapatkan sentuhan cukup banyak dan membuat mobil ini seperti naik kelas. Dibandingkan dengan kompetitornya, Mazda mampu memberikan kesan bahwa mobil ini adalah mobil yang memiliki kelas lebih tinggi seperti halnya SUV mewah Jerman.

Namun dibalik penambahan fitur tersebut ada harga yang harus dibayar oleh calon pemilik Mazda CX-5 facelift, karena harganya tidak tanggung-tanggung. Jika menurut anda Honda CR-V Prestige yang dibanderol dengan harga 477 Juta Rupiah sudah terlalu mahal, maka Mazda CX-5 tipe GT dibanderol dengan harga 490 juta Rupiah on the road. Mahal bukan?

Karena harga banderolnya yang terlalu mahal, menurut kami tipe yang cukup value for money untuk Mazda CX-5 terbaru ada pada tipe Urban dan tipe Touring yang masing-masing dibanderol dengan harga 440 dan 460 juta Rupiah. Meskipun tidak selengkap GT dengan i-activesense, namun menurut kami perbedaan harga 30 juta masih terlalu mahal.

mazda-cx-5-sport

Untuk tipe sport, kita tidak akan mendapatkan panel alumunium yang mewah, jok kulit, sunroof, serta sensor parkir, namun MZD connect dan AC climate control dual zone sudah tersedia. Meskipun harganya lebih murah di 403 juta Rupiah, rasanya cukup nanggung mengingat mobil ini hanya menggunakan mesin 2.000 cc, karena tambah sedikit, kita bisa mendapatkan Nissan X-Trail 2.5 dengan harga 416 juta Rupiah belum termasuk diskon.

Lihat juga first impression review kompetitor Mazda CX-5 Facelift untuk komparasi

Honda CR-V facelift 2015

Nissan X-Trail 2015

Read Prev:
Read Next:
  • tioz

    Bemper dpn nya bagusab sebelum facelift..yg baru terkesan kyk tioe standard..gak ada crom2 nya jd gk mewah mobilnya..dasbord jg kaku sekali ..polos bgt terkesan suram warnanya tanpa ada kombinasi …velg menurut sy jelek sih modelnya..msh bagus yg sebem facelift ya..kalau mau pakai velg hitam gitu ya kombinasi kan dgn atap hitam lebih cocok kali..

    ftur2 entertainment dlm mobil uda oke lah uda bagus…drl nya mantap!! Ini baru drl sebenarnya kyk mobil eropa bmw merxedez benz..bukan drl yg kyk lampu kabut after market..tp harga yg 490 itu uda kemahalan sy rasa..

    • ap88

      saya setuju sama anda bung tioz,harga 490 jt utk tipe gt udah kemahalan menurut saya,bahkan mendekati mini countryman yg lebih mewah dan fun to drive

      seandainya tipe tertinggi cx3 nanti fiturnya setara dgn cx5 gt ini,berarti bagusan cx3 dong meski cx3 satu kelas dibawah cx5

      cx5 paling value for money menurut saya tuh tipe 2.5 urban

      • tioz

        Betul setuju..kalau hampir di 500jtan ya mini countryman pilihan menarik jika mencari kendaraan fun to drive..modwl tenaga dan fitur mini sgt mantap..sy pemakai new mini cooper s agt puas bgt..selalu senang mengendarainya..

        Cx3 sy harao berkisar di 270-330 ..sy yakin bakal jd ancaman berat bagi hrv..krn diyakini cx3 lebih dlm fitur2nya..

        • demonic

          Krom = Mewah? ngga juga, tergantung penggunaannya.
          Apanza banyak kromnya tuh.

          But 490juta itu berlebihan harganya. paling juga nanti didiskon, tunggu aja.

          oia, jok-nya kembali ke warna hitam ya?

          • tioz

            Siapa yg bilang hrs byk di crom..mksdnya lebih mewah jika ditambah unsur crom biasa di area sktr fog lamp..jd gak terkesan standard

            sbnrya jok warna cream jgn dihapus..beri konsumen option..

        • Countryman off the road loh, mungkin yang mendekati santa fe atau sorento diesel

          • ap88

            saya beli santafe diesel des 2013 rp.480 jt,cx5 nya memang tuh yg kemahalan

            kalo menurut saya sih bagi yg punya modal 500jt an mending mini countryman,harga gak beda jauh tapi udah dapat mobil jerman feat inggris yg fun to drive

            dan kalo gak ada uang 500 jt mending tunggu cx3 aja paling fiturnya gak beda jauh kok

          • Alfa Faozanudin RK

            tergaantung kebutuhan

          • Maddog

            Wah, mas udin kopites ya? Saya bigreds and kopites too!

          • Uchia

            kl gw mah mending sorento dah…

        • ap88

          saya tunggu bgt tuh cx3 soalnya ane langsung mau bungkus satu nemenin hrv saya

          saya aja yg pake hrv prestige merasa kabinnya udah mewah bgt,gimana kalo cx3 nanti yah?pasti jauh lebih mewah lagi

          • apboots

            wah asyiknya…

    • Dashboardnya bagus ah, memang kurang fotogenic di foto

  • siEG

    Jadi pilih xtrail atau cx5? Cuma beda 13jt blm trmsk diskon loh…

  • embercor

    Bagusan CRV menurut ane

  • embercor

    Bagusan CRV menurut ane

  • xxx

    Om Ridwan, masih banyak perintilan kecil yg berubah, spt MID di speedormeter sudah LCD (dulu kan kalkulator sayur model), trus indikator pintu mana yg terbuka sudah ada (dulu hanya lampu peringatan saja), memory seat, electric seat penumpang kiri dpn (dulu manual), black interior (dulu putih) dan yg ane paling suka transmisi nya udah model lurus bukan gate lagi…. love it soo much…. siap2 spk aah

  • xxx

    Om Ridwan, masih banyak perintilan kecil yg berubah, spt MID di speedormeter sudah LCD (dulu kan kalkulator sayur model), trus indikator pintu mana yg terbuka sudah ada (dulu hanya lampu peringatan saja), memory seat, electric seat penumpang kiri dpn (dulu manual), black interior (dulu putih) dan yg ane paling suka transmisi nya udah model lurus bukan gate lagi…. love it soo much…. siap2 spk aah

    • hahaha kalkulator sayur, kemarin mesinnya mati soalnya, g keliatan kalau midnya nyala

  • Ilhamdi Prayadi Putra

    Mas ridwan, ventilasi AC buat penumpang blkg udh ada apa belum ni mobil?

    • xxx

      kmrn ane liat, ga ada gan…. bener2 driver oriented… penumpang di abaikan…hahaha

    • belum ada

  • dik

    Perbedaan fitur antara type touring dan gt apa saja ya? Mohon pencerahannya

  • Blackjack

    Ane pribadi sih suka sm desain eksterior sm DRL mazda.. Cantik banget! Cuma utk grille kykny bagus yg lama.. Dan yg prlu d benahi dr cx-5 cuma bentuk dashboard aja sih.. Mnurut ane utk bentuk dashboard msh bagus xtrail… Mngkn klo d desain ulang bakal cantik luar dalem nih

  • kabe kabe

    knp jok nya gk dual tone color ky d luar ato gk wrnnya jgn itemmmmmm…. gelap suram…

  • wowkeren

    No power tailgate? Ya ada pro/con-nya juga sih. Tapi overall ini keren banget. Dengan harga segitu beli CX-5 terasa value for money dan worth to buy.

  • tim

    Itu speedometernya berubah bung hanif, skrg pake mazda 6 punya hehe.. btw CX5 FL ini walopun mahal banget, tpi fitur yg dikasih sesuai sama harganya, coba CRV prestige 480 jt masih gapake sensor parkir, masa sama datsun go yg cuma 100 jt kalah hehe.. utk tipe sport, saya rasa sdh jauh lebih valuefor money dibanding CRV 2.0 A/T yg harganya masih diatas CX5 sport FL.. dan perlu diingat, dari tipe terendah aja CX5 ini udh pake 6 airbag sama dpt bluetooth, cruise control, A/C dual zone. Jadi saya rasa mobil ini paling value for money dibanding rival sekelasnya. Xtrail laku jg karena masih didiskon 23 jt dari harga normal, coba nissan kasih hrg normal, kalo ngga orang pada lari ke CRV semua hehe

    • timing

      Jgn banding2kan ama.crv..kita liat aja data penjualan nya nanti mana yg lenih laris crv prestige apa cx5 GT..paling yg laku jg tipe sport dan urban

      kalau crv malah prestige yg laku kan…strategi diskon itu ya urusan masing2 produsen donk..buktinya uda hrg normal terbukti penjualan nissan xtrail terus naik malah tipe 2.5 laris manis kok..

      • tim

        Hrg normal gimana bung? Ga update nih soal harga hehe.. skrg Xtrail T32 2.5 CVT itu hrg normal di angka 439 jt, dan skrg masih didiskon 23 jt makanya harganya cuman 416 jt.. kalo pake harga normal, 416 jt harusnya cuman dpt xtrail T32 2.0 CVT, bkn 2.5 CVT..

        Yah kita tunggu saja datanya bung hehe, skrg orang” udh mulai terbuka kok, apalagi yg pengguna CRV gen 3, bnyk yg beralih ke CX5 karena driving sensation CRV gen3 hilang sama sekali di gen 4.. mgkn memang tipe GT bkn yg terlaris, tpi kan laris tidaknya suatu mobil ga diliat dari tipenya bung.. yg penting mobilnya CX5, ya CX5, ga peduli mau tipe tertinggi kek yg laris, atw tipe terendah kek yg terlaris.. tpi, kali memang CX5 tdk selaris CRV, harusnya masih bisa dimaklumi sebab mazda belum tersebar seluas honda disini, jadi ya maklum aja kalo ga selaris CRV.. tpi skrg penjualan CRV udh kalah lo sama Xtrail T32, dijalanan aja jarang banget saya liat CRV gen 4FL..

        • timing

          Kalau bandingin yg imbang donk..crv prestige vs mazda cx5 gt..ya boleh diadu bung kita liat nanti laporan data penjualan mana yg lebih tinggi..

          kalau xtrail gak usah diadu..di harga 416 pun sy yakin msh ttp laris manis bung..krn model baru fitur2 baru ada di xtrail..416 ke 490 itu jauh bung selisihnya..mknya sy bilang paling tipe sport dan urban paling yg laku..sy tdk bilang cx5 tdk laku..laku tp pasti byk di sport dan urban..kalau xtrail tipe yertingginya yg laku..crv jg prestigenya yg laku kan..itu mksdnya

          • tim

            Menurut sales langganan saya di mazda CX5 FL yg paling laris justru yg touring sama GT, sport cuma sebagian kecil saja, kalo urban orang berasa nanggung soalnya tambah dikit udh dpt velg 19 inch sama bose.. cuma kalo saya sih jg prefer urban drpd touring, karena cuma beda velg dan bose yg menurut saya ga terlaou penting lah.. tpi sebagian besar pembeli CX5 FL nyatanya lebih memilih touring drpd urban dgn alasan dpt bose dan velgnya desain baru..

            CRV FL saya bbrp kali ketemu dijalan, kebanyakan 2 tipe yg saya lihat, prestige sama 2.0, 2.4 non prestige ga prnh saya liat. Cuma memang ketahuan, yg FL ini ga selaris yg non FL, buktinya skrg kalo dibanding Xtrail T32 saya lebih sering liat Xtrail dibanding CRV FL.. saya bilang CRV nyaris out of the game, JIKA mazda dealernya sdh sebanyak honda dan HPM terus terusan melanjutkan tradisi sunat menyunatnya.. cuman karena mazda belum tersebar luas saja makanya CRV masih lebih laris dibanding CX5..

          • Andi

            Ada lg perbedaannya bung tim, joknya touring wrn item klo urban wrn putih. CMIIW

        • ap88

          betul bung tim,saya sependapat bgt dgn anda,menurut pengamatan saya orang2 udah mulai terbuka,orang udah mulai bosan dan meninggalkan merek itu2 aja,apalagi utk mazda,bukan cx5 aja yg mulai berkeliaran banyak di jalan tapi produk mazda yg lainnya seperti 2 dan biante,dan saya yakin dengan menambah jaringan dealer dan servis tiap 1-2 bulan dan gencar promosi,dalam 2 sampai 3 tahun kedepan,mazda udah mendapatkan gelar “sejuta umat”

          pendapat saya ttg cx5,cx5 udah bisa berbicara banyak dikelasnya krn skyactivnya yg membuat dia(cx5) sangat nikmat dikendarai dan irit,namun tak dapat dipungkiri juga crv masih memiliki keunggulan yg tak bisa didapatkan di cx5 yaitu kabinnya yg sangat luas terutama utk gen 4,bahkan ada beberapa teman saya yg membeli cx5 dan crv gen 4 sekaligus utk keperluan yg berbeda,crv dipakai utk antar jmpt anak disekolah dan utk ngangkut banyak barang meski crv juga mobil yg sangat fun to drive tapi transmisi 5 autonya yg membuat crv tdk se fun cx5,dan cx5 dipakai utk ke kantor,meski banyak juga teman saya yg mengganti crv gen 3 nya dgn cx5 krn kecewa ama crv gen 4 yg masih pake transmisi 5 speed auto bahkan utk varian 2.4 sekalipun

          jadi saya menarik kesimpulan bahwa orang2 yg betul2 meginginkan sensasi fun to drive dlm mengemudi dan keiritan akan memiliki cx5,namun kabin ekstra luas yg dimiliki crv masih menggoda orang2 bahkan org yang udah memiliki cx5 sekalipun meski crv juga sebenarnya juga mobil yg sgt fun to drive dari segi chassis dan akurasi steering tapi transmisi 5 auto nya yg bikin org kecewa,jadi orang yg betul2 menginginkan mobil yg fun cx5 juaranya,tapi orang2 yg menginginkan mobil yg kabin super luas tanpa meninggalkan unsur fun crv juaranya

          minta maaf jika ada salah2 kata

          • tim

            Betul bung, kenalan ane jg ada yg spt itu.. dia pemilik CRV gen 3, begitu mau gnti gen 4, dia kecewa banget karena katanya steeringnya hampa, beda jauh sama gen 3. Habis itu, dia coba CX5, akhirnya lgsg ambil yg GT non FL karena kebetulan disc gede. Ttp, karena dia butuh jg mobil bwt angkut keluarga, akhirnya dia jual CRV lamanya dan skrg lagi hunting gen 4 seken. Ane tny knp ga ambil yg baru, dia bilang ogah ambil mobil diatas 400 jt tpi kualitasnya hancur lebur. Jadinya dia nyarinya yg seken, kan udh bejibun tuh gen 4 seken di pasaran hehe.. apalagi skrg hrgnya jg lagi lumayan turun, kepukul mobil baru yg lagi bnyk diskon.

          • tim

            Betul bung, kenalan ane jg ada yg spt itu.. dia pemilik CRV gen 3, begitu mau gnti gen 4, dia kecewa banget karena katanya steeringnya hampa, beda jauh sama gen 3. Habis itu, dia coba CX5, akhirnya lgsg ambil yg GT non FL karena kebetulan disc gede. Ttp, karena dia butuh jg mobil bwt angkut keluarga, akhirnya dia jual CRV lamanya dan skrg lagi hunting gen 4 seken. Ane tny knp ga ambil yg baru, dia bilang ogah ambil mobil diatas 400 jt tpi kualitasnya hancur lebur. Jadinya dia nyarinya yg seken, kan udh bejibun tuh gen 4 seken di pasaran hehe.. apalagi skrg hrgnya jg lagi lumayan turun, kepukul mobil baru yg lagi bnyk diskon.

        • Blackjack

          Ndak juga, lebih enak crv yang sekarang (gen4) drpd yg gen3 Yang dulu malah gemelodak rasanya… Justru lbh nyaman gen4

          • tim

            Itu pendapat user lgsg, dan kalo saya rasakan memang lebih nyaman gen 4, tpi kan yg saya bahas driving experiencenya diatas. Gen 4 sangat jauh berbeda driving experiencenya dibandingkam gen 3, pertama saya dengar dari kawan saya tsb bhw gen 4 jauh lebih ga enak dibanding gen 3 saya jg ga percaya, saya pikir “ah, teknologinya masih sama semua kok, malah powernya nambah, harusnya mirip” lah”, setelah saya rasakan sendiri, ternyata bener, jauh lebih enak gen 3 dibanding gen 4, stelah saya googling baru tau kalo gen 3 masih pake hydraullic power steering, sdgkn gen 4 sdh EPS.. pantes kalo jadi hampa rasanya, mirip xtrail saya hehehe.. power jg agak lemot ya CRV gen 4, emg gede 190 HP, tapi munculnya di RPM 7000.. kapan kita mau gas sampe RPM segitu dijalanan di jakarta? Bandingin sama CX5 yg di RPM 3250 semua 250 Nm torsinya sdh keluar, pantes kalo ketinggalan jauh CRV. Utk kenyamanan, kesenyapan, mirip” lah gen 3 sama gen 4. Memang lebih nyaman gen 4 sedikit, tpi ya harus dibayar sama driving experiencenya yg jauh berkurang dibanding gen 3.

          • Hendra

            Betul bro tim
            Td nya saya mau ambil crv prestige 2015
            Tp setelah googling dan testdrive
            Sy malah ambil cx5 Gt fl
            Desain nya sm interior nya mantep bgt
            Jauh lah sm crv
            Apalagi fitur” nya, hadeeh gak ada lawan lah
            Akselerasi sm tenaganya jg nampol

          • Asik bisa dipinjem

          • tim

            Mantaff bung hendra, blh dipinjemin ke bung hanif biar bisa bikin iler ane keluar hehe

          • ap88

            sebenarnya crv gen 4 kenceng bgt,teman ane dan ane pernah adu sprint di jagorawi cx5 2.5 teman ane ama crv gen 4 2.4 punya teman ane juga dan saya duduk di samping teman saya yg mengemudikan crv tsb, dan crv menang jauh diawal ampe 140kmh gigi5 s mode,pas 160kmh,disalip dah tuh crv ama cx5 krn dia punya gigi 6 dan jaraknya yg gak terlalu jauh,dan akhirnya teman saya dan saya sendiri menyimpulkan bahwa yg membuat crv kalah dari cx5 adalah transmisinya yg cuma 5 speed auto serta bobot yg ternyata lebih berat daripada cx5,terus beliau juga pernah adu sprint ama xtrail 2.5 urban selection dan hasilnya xtrail kalah jauh bgt dari crv nya beliau,meski teman saya akui memang setirnya yg gak seenak gen 3,yg ini terlalu ringan,tapi limbungnya jauh lebih minim daripada gen 3

            jadi sebenarnya crv juga merupakan mobil yg kencang tapi transmisinya yg hancur krn cuma 5 speed

          • tim

            Kasian kali tu yg pny CX5 makanya ga terlalu bejek dia hehehe.. kalo udh prnh nyoba keduanya pasti setuju kalo CX5 2.5 itu dari larinya, handlingnya, jauh diatas CRV gen 4.. ane bawa CX5 2.0 pny temen aja nantangin CRV 2.4 gen 4 di tol masih menang ane kok.. kalo kebut kebutan gtu ga bisa dijadiin patokan mbl tsb lebih kencang atw sbgainya, karena semua tergantung si driver yg mengendarainya.. ente mau setir M5 tpi mentalnya kebiasaan nyetir agya ya gabakal berani kenceng juga, begitulun sebaliknya kalo ente biasa bawa M5, bawa agya ya pasti bisa ngacir jg, semua tergantung pendidikan kaki kanan kita lah hehe..

            kalo xtrail emg dia lebih ke arah kenyamanan, apalagi T31, itu larinya bolot abis, kecuali klo kaya pny saya yg manual nantangin CRV matic masih berani.. tpi klo xtrail T32, larinya udh beda sama T31, berasa bener beda CVTnya, cuman ya karakter khas xtrail ttp gabisa ilang, yaitu limbung klo kecepatan tinggi, jadi ya kalo drivernya masih nubie gabakal berani nginjek lebih dalem lagi hehe..

        • Blackjack

          Ndak juga, lebih enak crv yang sekarang (gen4) drpd yg gen3 Yang dulu malah gemelodak rasanya… Justru lbh nyaman gen4

  • motorfreaks

    Bandingin interior fortuner dengan ini…….

    Disitu saya kadang merasa sedih

    • ap88

      yahh……. jangan dibandingin interiornya dgn fortuner lah

      tapi coba bandingin eksterior fortuner dgn cx5 ini…….kayak lagunya kerispatih yg “tak lekang oleh waktu”

    • tim

      Interior fortuner 2.7 V 4×4 kalo dibandingin sama interior Hilux single cabin dan innova J jg ga beda kok bro hehe

    • Davis

      Saya lebih suka fortuner lebih gagah 😀

  • dito

    emg bener ya katanya suspensinya dirubah biar lebih nyaman? saya baca di web sebelah sih katanya begitu

    • Di press release sih nggak ada keterangan seperti itu, tapi dari presentasi bilangnya peredaman road noise ban lebih baik

    • Andi

      Ane pernah test drive yg facelift, lumayan lah suspensinya tp handlingnya msh bagus

  • tahu goreng

    Gila tadi pas buka IG CX5-iC udh ada yg pake aja ni CX5 GT FL… mantap bener..

  • Waddle Dee

    Argh keren juga… Cuman ya itu, driver-oriented, jadi mbl kluarga ga enak ._. ane soalnya 5 anggota keluarga heheeh… mendingan Biante lahhhhh :v

    • tim

      Lah biante sama CX5 ya jelas beda kelas lah bung wkwk.. kalo mau SUV yg lega bwt keluarga, ane saranin beli captiva diesel.. itu udh paling mantap bwt keluarga.. tpi ya jgn liat harga jual ya, kaya perosotan di waterboom soalnya hehe

    • tim

      Lah biante sama CX5 ya jelas beda kelas lah bung wkwk.. kalo mau SUV yg lega bwt keluarga, ane saranin beli captiva diesel.. itu udh paling mantap bwt keluarga.. tpi ya jgn liat harga jual ya, kaya perosotan di waterboom soalnya hehe

  • Hendra

    Gw udh test drive selama 2 jam
    Desain keren abis
    Interior mewah banget
    Jauh lah sm si arpi yg prestis 2015
    Dan yg bikin kaget, suspensi nya lbh empuk, enak di pake di jalan jelek
    Masalah tenaga sama akselerasi jgn tanya, nampol bgt
    Gw booking deh lgsg yg GT red soulnya 🙂
    Ada harga ada kualitas bro !!

  • stings

    duh keren nih mobil crv makin jomplang kalau dibandingin sama cx-5 yg facelift, kapaaan ya bisa kebeli ini mobil harganya emang mahal sih

    mudah mudahakn cx-3 nanti build qualitynya seperti ini deh

  • Alfa Faozanudin RK

    bagasinya termasuk lebar di kelasnya tapi kurang suka model grill depannya mirip kijang innova gede

  • Andika MP

    Min, ini review awal CX-5 facelift sudah, kalau first impression review Mazda 6 Facelift mana? Waktu itu launching-nya kan bareng tuh hehe. Mazda 6 mobil impian ane soalnya, ditunggu ya Min review-nya! 😀

  • Suki Soh

    Bro Ridwan, kalo tipe touring udh ada memory seat gak? MIDnya sama kaya tipe GT ga yg berwarna?

  • Suki Soh

    Kalo tipe touring udh ada memory seat gak? MIDnya sama kaya tipe GT ga yg berwarna?

  • Yusak Natanael Manuputty

    mobilnya mahal bingitzzzz….tapi masih lebih mahal Mercy sih…heheheh

  • Maddog

    Aduh, kok foglampnya kerdil sih?
    Terus grille kyknya kebanyakan chrome, lebih suka generasi sebelumnya

  • BM

    Mazda cx 5 Touring dan grand touring berpenggerek 4WD yg tidak terdapat pada competitornya seperti nissan dan honda, itulah sebabnya lebih mahal. Cheerss.