Porsche : Kami Akan Pertahankan Transmisi Manual Selama Yang Kami Bisa

Porsche : Kami Akan Pertahankan Transmisi Manual Selama Yang Kami Bisa
0  komentar
porsche-911-gt3-rs-dan-cayman-gt4

AutonetMagz.com – Dengan pernyataan Lamborghini yang menyatakan bahwa girboks manual adalah barang antik yang harusnya sudah ada di museum, sepertinya transmisi manual makin hari makin mendekati ajalnya saja. Meski demikian, jika Lamborghini ibarat Grim Reaper yang mau mencabut nyawa transmisi manual, Porsche datang seperti malaikat yang melindungi transmisi manual dari maut, karena mereka akan berusaha melestarikan girboks berpedal 3 itu.

Ya, biarpun transmisi kopling ganda yang lebih cepat, lebih bertenaga dan lebih efisien namun lebih berat kian merajalela sebagai girboks tersakti, khususnya untuk mobil kencang sejenis Honda NSX, Porsche 911 GT3 RS dan Nissan GT-R, Porsche akan berjuang untuk menggunakan transmisi manual di beberapa line-up mereka. Yah, meski 911 GT3 dan GT3 RS sekarang sudah pakai PDK semua, setidaknya masih ada 911 lain yang punya transmisi manual 7 percepatan.

Porsche-Cayman-GT4-2015

Erhard Mössle, bos engineering di Porsche berkomentar,”Transmisi manual adalah satu keunikan yang ditawarkan oleh Porsche, khususnya di model 911, dan kami akan pertahankan itu selama mungkin. Biarpun permintaannya hanya 10% dari total permintaan di pasar, girboks manual itu penting untuk beberapa pelanggan kami di daerah tertentu, khususnya di Amerika Serikat.” Masa iya? Setahu kami orang Amerika Serikat paling anti sama girboks manual, malah di sana girboks manual dinobatkan sebagai “ultimate anti-theft device” karena rata-rata pada nggak bisa bawa mobil bertransmisi manual.

Saat ini, 85% Porsche 911 baru di dunia berlari dengan transmisi PDK, tapi Mössle bersikeras akan tetap mempertahankan transmisi manual selama ada yang memintanya kepada Porsche. “Kami belajar banyak dari Boxster Spyder dan Cayman GT4. Ternyata apa yang benar-benar berarti itu bukan melulu soal waktu putaran di sirkuit, tapi gejolak emosi dan fun to drive bersama mobil bertransmisi manual,” katanya.

Porsche-Boxster-Spyder-2015-atap-terbuka

Transmisi kopling ganda PDK memang lebih cepat, tapi menyetir mobil bertransmisi manual itu lebih asyik, lebih fun to drive. Banyak konsumen kami yang lebih suka ganti gigi sendiri, dan kami akan pertahankan itu di 911, hingga generasi berikutnya kalau perlu.” Nah, kalau begini sih saya pribadi setuju berat, tapi saya akui juga transmisi kopling ganda memang super sekali. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: