Porsche : Kami Akan Pertahankan Transmisi Manual Selama Yang Kami Bisa

Porsche : Kami Akan Pertahankan Transmisi Manual Selama Yang Kami Bisa
0  komentar
porsche-911-gt3-rs-dan-cayman-gt4

AutonetMagz.com – Dengan pernyataan Lamborghini yang menyatakan bahwa girboks manual adalah barang antik yang harusnya sudah ada di museum, sepertinya transmisi manual makin hari makin mendekati ajalnya saja. Meski demikian, jika Lamborghini ibarat Grim Reaper yang mau mencabut nyawa transmisi manual, Porsche datang seperti malaikat yang melindungi transmisi manual dari maut, karena mereka akan berusaha melestarikan girboks berpedal 3 itu.

Ya, biarpun transmisi kopling ganda yang lebih cepat, lebih bertenaga dan lebih efisien namun lebih berat kian merajalela sebagai girboks tersakti, khususnya untuk mobil kencang sejenis Honda NSX, Porsche 911 GT3 RS dan Nissan GT-R, Porsche akan berjuang untuk menggunakan transmisi manual di beberapa line-up mereka. Yah, meski 911 GT3 dan GT3 RS sekarang sudah pakai PDK semua, setidaknya masih ada 911 lain yang punya transmisi manual 7 percepatan.

Porsche-Cayman-GT4-2015

Erhard Mössle, bos engineering di Porsche berkomentar,”Transmisi manual adalah satu keunikan yang ditawarkan oleh Porsche, khususnya di model 911, dan kami akan pertahankan itu selama mungkin. Biarpun permintaannya hanya 10% dari total permintaan di pasar, girboks manual itu penting untuk beberapa pelanggan kami di daerah tertentu, khususnya di Amerika Serikat.” Masa iya? Setahu kami orang Amerika Serikat paling anti sama girboks manual, malah di sana girboks manual dinobatkan sebagai “ultimate anti-theft device” karena rata-rata pada nggak bisa bawa mobil bertransmisi manual.

Saat ini, 85% Porsche 911 baru di dunia berlari dengan transmisi PDK, tapi Mössle bersikeras akan tetap mempertahankan transmisi manual selama ada yang memintanya kepada Porsche. “Kami belajar banyak dari Boxster Spyder dan Cayman GT4. Ternyata apa yang benar-benar berarti itu bukan melulu soal waktu putaran di sirkuit, tapi gejolak emosi dan fun to drive bersama mobil bertransmisi manual,” katanya.

Porsche-Boxster-Spyder-2015-atap-terbuka

Transmisi kopling ganda PDK memang lebih cepat, tapi menyetir mobil bertransmisi manual itu lebih asyik, lebih fun to drive. Banyak konsumen kami yang lebih suka ganti gigi sendiri, dan kami akan pertahankan itu di 911, hingga generasi berikutnya kalau perlu.” Nah, kalau begini sih saya pribadi setuju berat, tapi saya akui juga transmisi kopling ganda memang super sekali. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • zul ari

    sehebat apapun kopling janda eh…maksudnya kopling ganda ane setuju dengan om Erhard Mössle kalau transmisi manual itu fun to drive

    • Aryo Wicaksono

      Lamborghini disuruh tinggalin transmisi manual oleh Volkswagen mungkin untuk meningkatkan penjualan Porsche juga, ya. #teorikonspirasi :v

      • Levi

        Emang Porsche, VW dan Lambo satu grup ? Kok gw br tau ya ?

        • Hillarius Satrio

          iyah.. VW Group itu mencakup : Lambo, Audi, Porsche, VW, Bentley, Ducati, SEAT, Skoda, bdll

          • Levi

            Wah info baru nih …

            Apa mungkin Lambo dibuat matic kopling ganda semua, khusus pecinta matic, dan Porsche khusus penikmat manual ya ? ?

  • kabe kabe

    Dan juga MT itu lebih LAKI .. wkwkwk peace!!

    • subaru

      Laki itu beli mobil pake duit sendiri

      • Levi

        Anjrit komennya nusuk bgt ?

        • kabe kabe

          Lagi bahas transmisi dia malah bawa2 duit.. mau beli sndiri kek , dibeliin kek, nyolong kek, who cares..

          • Levi

            Dia yg cares ?

          • toys

            hahahaha setuju2 sama bro kabe.. mau bapaknya keq yang beliin, bukan urusan org lain, kcuali bapakmu yang beliin itu baru tanda tanya.

      • putra

        Daripada duit tetangga

    • Levi

      Buat gw Triptonic aja ? jadi inget kata Om Mobi, “Silahkan menikmati olahraga kaki kiri” ???

  • Sporky

    Idem sama Porsche… jalanan macet enaknya naik angkutan umum yg udah bergabung dg konsorsium transjakarta, sabtu atau minggu pagi enaknya pakai mobil manual.

  • Always35

    Transmisi manual tak akan lekang oleh waktu sensasinya~ #viva3pedals ??

  • Bulan Rahmat Setyadi

    Bedanya transmisi kopling ganda sama triptonic apa ya. ?

    • Aryo Wicaksono

      triptronic mah tuas transmisi yang ada pilihan plus minus untuk ganti gigi secara manual. kalau kopling ganda kan pakai “flappy paddles” di belakang setir untuk ganti gigi. udah gitu triptronic kan masih pakai “torque converter” dan belum kopling ganda sehingga pas macet tidak tersendat-sendat. Om Clarkson sendiri bilang ngapain susah-susah ganti gigi secara manual di transmisi otomatis biasa, jadi triptronic itu fitur nggak penting.

  • putra

    Manual emang the best (dikota selain jakarta) . Asik aja tangan kiri bisa ada kerjaan jadi gak ngantuk. Perpindahan gigi bisa semau kita, nyalip di tanjakan mantep.
    Soal olahraga kaki kiri? Helaw mobil sekarangmah enteng2 kok pedal koplingnya 🙂
    #REAL man use three pedals.
    Classy man? Belum tentu real man.
    Hanya jokes hahaha

  • Renaldo Titano

    ane sendiri lebih milih manual soalnya kalau panik ujung” nya pasti reflek nginjek kopling jadinya kalo gas pol aman” aja. soalnya kayaknya rata” kasus yang lepas kendali nabrak orang atau motor itu panik langsung asal tancep gas aja

  • fahmi iqbal

    hidup pasukan kaki kiri :v

  • azhar lazuardi

    kalo masih di bawah 3,8L lebih suka manual

  • Ars

    Manual is the best laah. Bawa matic bikin ngantuk.