Porsche eBike Performance GmbH : Kala Porsche All Out Terjun di Dunia Roda 2

Porsche eBike Performance GmbH : Kala Porsche All Out Terjun di Dunia Roda 2
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian mendengar nama Porsche, maka apa yang langsung muncul di benak kalian? Sebuah mobil coupe dengan peforma yang tinggi? atau SUV eropa dengan peforma yang buas? Sebenarnya hal tersebut cukup lumrah, karena memang Porsche dikenal sebagai produsen mobil peforma tinggi. Namun, bagaimana jikalau kami mengajak kalian membayangkan sebuah kendaraan roda dua dengan logo Porsche?

Bentuk Perusahaan Joint Venture

Baru – baru ini, Porsche memberikan sebuah kejutan dengan memutuskan untuk all out terjun ke bisnis roda dua. Langkah ini dimulai dibentuknya sebuah usaha gabungan atau joint venture antara Porsche dengan perusahaan asal Belanda, Ponooc Investment B.V beberapa waktu lalu. Perusahaan gabungan ini diberi nama Porsche eBike Performance GmbH. Yap, bukan sembarang segmen yang dimasuki oleh Porsche, melainkan segmen eBike atau sepeda dengan tenaga listrik. Porsche eBike Performance akan berbasis di Ottobrunn dekat Munich, dan tugas mereka adalah mengembangkan sistem penggerak listrik untuk kendaraan roda dua. Ini termasuk motor, baterai dan arsitektur perangkat lunak yang diperlukan untuk kebutuhan konektivitas di eBike tersebut.

Lantas, apa target Porsche dengan divisi baru ini? Mereka ingin menghadirkan generasi baru dari e-bike buatan Porsche yang ditargetkan muncul di pertengahan dekade ini. Yap, waktunya tinggal 2 hingga 3 tahun lagi. “Kami melihat potensi besar Porsche di segmen e-bike. Inilah sebabnya kami secara konsisten memperluas kegiatan kami di area ini,” kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan IT. Dalam beberapa bulan terakhir, Porsche sendiri telah mengakuisisi saham beberapa perusahaan di segmen e-bike. Salah satunya adalah merek e-bike Kroasia yaitu Greyp, yang juga termasuk Fazua. Pada bulan Juni Porsche juga telah meningkatkan kepemilikan saham di perusahaan tersebut dari 20 menjadi 100 persen.

Akuisisi Beberapa Perusahaan eBike

Berbasis di Munich, Fazua dikenal di kalangan para ahli sebagai pendiri e-bike ‘ringan’. Selain sistem penggerak dari Fazua, Porsche eBike Performance GmbH juga akan mengembangkan dan memproduksi sistem penggerak e-bike yang kuat di bawah merek Porsche. Jadi, Porsche eBike Performance juga ingin menjadi mitra strategis perusahaan lain yang nantinya bisa menggunakan sistem penggerak milik Porsche walaupun dijual dengan brand perusahaan tersebut. Sedikit flashback, pada bulan Maret 2021, Porsche telah meluncurkan sepeda listrik eksklusif yaitu Porsche eBike Sport dan Porsche eBike Cross. Selain itu, Porsche Digital GmbH juga menawarkan platform untuk layanan digital yang berkaitan dengan bersepeda di bawah merek Cyklær.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: