Pertama Dalam Sejarah, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Pertama Dalam Sejarah, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sudah membahas mengenai capaian penjualan dari Honda Prospect Motor (HPM) selama 2020 kemarin. Angka penjualan Honda di Indonesia memang anjlok seperti halnya pabrikan otomotif lain di Indonesia. Namun, ada sebuah fenomena menarik dimana Honda malah berhasil mengirim Honda Brio sebagai produk terlaris. Honda Brio series berhasil memimpin di daftar mobil paling laris sepanjang 2020 kemarin. Yuk kita bahas.

Kuasai 74,7% Segmen City Car

Jadi, Sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia. Angka tersebut menghantarkan Honda Brio di posisi podium dalam mobil terlaris sepanjang 2020. Bahkan, angka yang dicapai oleh Honda Brio melebihi sang juara bertahan, Toyota Avanza. Tentunya ada banyak faktor yang melatar belakangi prestasi ini, termasuk diantaranya adanya pandemi dan juga campaign HPM yang kuat terhadap Honda Brio. Oiya, Angka 43 ribuan itu merupakan gabungan antara Honda Brio Satya (LCGC) dan Honda Brio RS (City Car non LCGC).

Alhasil, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen City Car. Prestasi sebagai model terlaris di Indonesia ini juga merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012. Bahkan, prestasi ini juga merupakan yang pertama kali bagi Honda Indonesia untuk menduduki posisi pucuk dalam hal mobil paling laris. Sebagai catatan, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan.

Dominasi First Buyer

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM menjelaskan bahwa pencapaian Honda Brio dilatar-belakangi oleh perubahan perilaku konsumen di era pandemi. Pembelian yang menjurus ke online, dan pergeseran pengguna transportasi umum ke mobil pribadi yang terjangkau menjadi faktor kunci. Kedua faktor itu mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda. Oleh karenanya, banyak campaign terkait Honda Brio yang digencarkan di 2020. Seperti Game mobile dan juga virtual modification.

Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama. Namun terutama kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia,” papar Yusak Billy.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: