Perkenalkan Turangga APC 4×4, Kendaraan Lapis Baja Baru Rakitan Indonesia

Perkenalkan Turangga APC 4×4, Kendaraan Lapis Baja Baru Rakitan Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Membicarakan mobil lapis baja, yang pertama kali terbesit di pikiran biasanya adalah Panser Anoa buatan PT. Pindad, namun kini daftarnya akan bertambah satu. Jangan keburu geger dan menyangka kalau ini adalah Marauder yang sama dengan yang dibahas Richard Hammond di Top Gear atau SUV-nya Luke Hobbs yang juga berlapis baja dan tahan ledakan. Mirip sih, tapi ini lain dari dua mobil tadi.

Namanya Turangga APC 4×4, dan mobil ini dirakit oleh perusahaan Indonesia bernama PT. Tugas Anda yang diketahui juga mengurus karoseri bus. Soal penampilan, tidak kalah deh dibanding Marauder, hanya saja kenapa logo di depannya harus kuda jingkrak ya? Ah, sudahlah, tapi membicarakan kendaraan dengan armor seperti ini, penasaran juga dengan beratnya. Berapa sih berat tank baja berbentuk mobil ini?

turangga-apc-4x4-mobil-lapis-baja

Nah, Turangga APC 4×4 berbobot 8,8 ton. Kedengarannya berat (dan memang berat), tapi ia masih lebih ringan dibandingkan Marauder yang beratnya lebih dari 10 ton. Ibaratnya, jika kita menaruh 1 unit Mitsubishi Pajero Sport di atas Turangga, barulah berat Turangga akan sama dengan Marauder. Sama seperti BMW dan Mini, ia sudah pakai run-flat tires dari Michelin supaya bisa tetap melaju meski bannya tertembak. Fitur yang sama dengan mobil biasa? Oke, lampunya LED.

Untuk daya tampung, Turangga APC 4×4 bisa menampung hingga 12 orang di dalamnya, tapi karena ini bukan Rolls-Royce, persetan dengan kemewahan. Statusnya adalah mobil siap perang, jadi ia harus dibekali berbagai senjata dan alat komunikasi yang menyokong tugasnya. Untuk alat komunikasi, ada interkom, radio/GPS dengan antena, dan lain-lain. Kamera eksternal, AC, ABS, sirine, lampu tambahan, sistem pemadam kebakaran, alat P3K dan spion elektrik adalah standar Turangga.

Senjata? Hohoho… Ini baru nikmat, soalnya Turangga APC 4×4 sudah siap untuk beberapa senjata seperti pelontar granat (Grenade Launcher), bahkan ia sudah menyediakan wall-gun port, universal roof gun mount ring, roof turret untuk senjata mesin kaliber 50, rifle racks dan Customer-Spesific Weapon Systems. Sebagai tambahan, ada add-on armor dan kawat kasa yang bisa dipakai untuk pencegahan kerusakan akibat aksi huru-hara.

spesifikasi-turangga-apc-4x44

Tapi sebenarnya Turangga APC 4×4 ini mobil apa sih? Well, kalau kita mengangkat semua komponennya yang berat, di balik kulitnya adalah bagian-bagian yang disuplai oleh Ford. Hampir semuanya adalah milik Ford F550, baik itu sasis, suspensi, setir, rem, girboks dan transfer case, semuanya asli milik Ford F550. Mesinnya adalah mesin 6.700 cc V8 turbo diesel buatan Ford, dengan tenaga 400 hp dan torsi 1.085 Nm yang diteruskan via transmisi otomatis 6 percepatan.

Disalurkan ke roda mana? Well, ingat, dia punya transfer case dan namanya Turangga APC 4×4, jadi tidak usah dijelaskan penggerak roda apa. Mengusung standar emisi Euro 3, Turangga hanya bisa melaju maksimal sekencang 110 km/jam, tapi itu bukan masalah. Yang penting, torsi badak 1.085 Nm-nya tidak boleh kedodoran menghela bobot 8 ton lebih setiap kali melakukan akselerasi.

tuangga-apc-4x4

Dengan tangki sebesar 160 liter, Turangga APC 4×4 diklaim bisa menempuh jarak hingga 800 km dari tangki penuh hingga habis. Jika boleh bermain matematika sedikit, berarti konsumsi BBM-nya adalah 5 km/liter, alias beda tipis dengan Lamborghini Huracan. Itu pun berarti butuh sekitar 1,5 juta Rupiah untuk mengisi tangkinya dengan bahan bakar diesel yang bagus. Kami sih tertarik dengan Turangga ini, kalau kamu? Sampaikan di kolom komentar!

Source : Teknologi & Strategi Militer

Read Prev:
Read Next: