Penjualan Porsche Laris Manis, Tembus 246 Ribu Unit

Penjualan Porsche Laris Manis, Tembus 246 Ribu Unit
0  komentar

AutonetMagz.com – Biasanya mobil – mobil dengan banderol yang mahal punya jumlah unit yang terbatas alias lakunya cuma sedikit. Ya, kalau lakunya banyak seperti kacang goreng, ngapain mobil itu dijual mahal mahal kan? Namun kali ini sebuah pabrikan membuktikan bahwa walau banderolnya tak murah, mereka bisa menjual lebih dari 200 ribu unit dalam satu tahun.

Dan merk mobil yang kami maksud adalah Porsche. Yap, Porsche meraih hasil yang positif di tahun 2017 kemarin. Padahal kalau kita ingat, di tahun 2017 sejumlah masalah merundung pabrikan ini. Skandal dieselgate yang menimpa Volkswagen nyatanya memberikan dampak ke pabrikan yang ada di bawah naungannya, termasuk Porsche. Namun walaupun dirundung masalah, ternyata tak membuat para konsumen dari Porsche untuk mengurungkan niat membeli mobil asal Jerman ini. Malahan, sama seperti Volkswagen yang juga mendapatkan hasil penjualan yang positif, Porsche pun juga terjual dengan cukup banyak.

Total penjualan dari Porsche sendiri adalah 246.375 unit sepanjang tahun 2017 kemarin. Secara umum, ada kenaikan sebanyak 4% jika dibandingkan dengan tahun 2016. Yap, naik bukan turun, padahal cukup banyak mobil asal Porsche yang di recall perkara dieselgate. Selain itu, Porsche juga telah membuktikan bahwa pertumbuhannya dari tahun ke tahun sangat positif. Yap, jika penjualan tahun 2017 yang 246 ribuan tersebut dibandingkan dengan penjualan di tahun fiskal 2011, jelas Porsche mengalami percepatan. Di tahun 2011 Porsche hanya mampu menjual mobil sebanyak 116.978 unit saja, kurang dari separuh penjualan unit di tahun 2017.

Lho? Kok bisa ya selisihnya sebegitu banyak? Apa ada produk yang memberi sumbangsih yang besar? Jawabannya adalah Iya. Porsche Macan adalah produk yang memberikan sumbangsih paling positif kepada penjualan Porsche secara global. Mengusung nama dengan kearifan lokal dan mulai dijual sejak 2014 silam, Porsche Macan mampu bertumbuh menjadi produk best seller dari Porsche. Walau sempat dijiplak oleh Zotye, nyatanya Porsche Macan masih bisa laku sebanyak 97.000 unit di tahun 2017 kemarin. Dan uniknya, walau jiplakan dari Porsche Macan hadir di China, malah di negeri tersebut produk – produk Porsche paling banyak terjual. Di China, produk Porsche terjual sebanyak 71.508 unit.

Jadi, pada dasarnya walaupun Porsche adalah pabrikan premium dengan harga mahal, namun tetap menyumbang angka yang besar dalam hal penjualan secara global. Perbedaan dengan Ferrari, McLaren dan Lamborghini yang secara umum sekelas dengannya adalah kehadiran Porsche Macan. Malahan, jika ketiga merk pesaingnya tersebut dijumlahkan total penjualannya, tak akan melebihi penjualan Porsche secara umum, keren. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: