Penjualan Menurun Drastis, Smart Dikabarkan Segera Mundur Dari Pasar Amerika Serikat

Penjualan Menurun Drastis, Smart Dikabarkan Segera Mundur Dari Pasar Amerika Serikat
0  komentar
smart-fortwo-electric-drive

AutonetMagz.com – Ingat dengan city car super mungil yang masih satu atap dengan Mercedes Benz? Iya, Smart. Merek mobil kurcaci yang hadir dengan Smart ForTwo dan ForFour sebagai pilihan. Mereka menjagokan konsumsi BBM yang irit, desain super ringkas namun modis dan kualitas di atas rata-rata ekspektasi city car. Kelihatannya tawaran yang menarik, tapi rupanya itu tidak bisa membuat mereka jadi primadona di Amerika Serikat.

Smart rupanya salah strategi dalam memperkenalkan merek yang mereka bawa ke sana. Berharap bisa menjadi pionir di kelas city car atau minimal mendapat tempat di hati dan garasi para konsumen negeri Paman Sam, yang ada malah penjualan mereka jauh dari kata menggembirakan. Hingga September 2015 saja, hanya 5.432 unit Smart yang berhasil terjual.

Interior-Smart-ForTwo-2015

Dibanding tahun 2014, berarti penjualan Smart menurun 32,8 persen. Maserati yang harga mobil-mobilnya tidak semurah Smart saja penjualannya masih lebih tinggi daripada Smart hingga bulan September 2015, padahal Maserati tidak sedang dalam kondisi paling fit, mengingat sedang ada gejolak di tubuh FCA soal pelepasan merek Ferrari dan rencana pengangkatan brand image Maserati.

Mengapa bisa demikian? Pertama, harga Smart tidak masuk akal untuk sebuah city car alias mahal. Kedua, Smart bakal cocok untuk lingkungan urban dengan jalanan sempit dan lalu lintas padat, tapi Amerika Serikat tidak demikian. Jalanannya lebar dan luas, penataan kotanya rapi dan membentuk sebuah grid, harga bensin juga belum segila di Eropa.

Wallpaper-Smart-ForTwo

Singkat kata, kondisi berkendara di sana masih enak, ngapain pakai mobil kecil yang jatuhnya malah bikin sumpek di dalam kabin? Untuk itu, banyak yang menyarankan bagi Smart untuk pulang ke rumah saja. Daimler cukup mengandalkan penjualan Mercedes Benz di Amerika Serikat yang masih dalan kategori memuaskan. Jadi kepikiran, jarang juga sih ya melihat Smart baru di Indonesia. Ada yang tahu mengenai kabarnya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    Orang amerika lebih suka dgn truk pickup berukuran fullsize seperti ford f-series atau chevy silverado atau sedan midsize seperti camry dan accord,bahkan mobil segmen C aja udah cukup kecil bagi selera orang amerika.di amerika jalanannya panjang,lebar dan rata2 jalanannya lurus sehingga di kota2 besar amerika jalannya membentuk blok persegi jadi lebih rapi,jadi daripada beli citycar yg mungil dan sumpek mending beli sedan,SUV atau pickup besar aja biar gak culun

  • otomoto

    ganti gigi nya nunggu 2hr.
    tp utk yg versi br pkr transmisi dual clutch.. dan tentu saja ada varian turbo.. kami sk turbo..

  • Oki Ngew

    Apalagi mengingat orang2 amerika sukanya mobil2 besar bermesin besar pula

  • asem

    Project Smart setengah hati, contohnya di Indonesia, ga ada campaign atau promosi untuk menonjolkan fitur dan servis aftermarket nya. jadi nya melempem

    • deathstalker

      Di indonesia gak lulus uuji emisi pak. Gimana mau promosi.

  • Ronny Rasdyantoro

    smart marketing (should be) for smart product :p

  • di jakarta laku keras min, jual aja 100 juta 😀