Penjualan Mazda Indonesia Naik Signifikan Tahun lalu, CX-5 & CX-3 Dominan!

by  in  Berita & Mazda & Merek Mobil
Penjualan Mazda Indonesia Naik Signifikan Tahun lalu, CX-5 & CX-3 Dominan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu yang lalu, kami sempat menyampaikan tren pertumbuhan penjualan dari sejumlah merk yang ada di Indonesia tahun lalu. Dan nama Mazda ada di jajaran yang peningkatannya termasuk pesat, melebihi 30% secara year on year. Nah, kali ini kita mau breakdown apa saja produk yang membuat Mazda mendapatkan pencapaian positif ini, dan apa latar belakangnya. Cekidot.

Penjualan Terbaik Pasca Pandemi

Sepanjang tahun 2023 kemarin, Eurokars Motor Indonesia (EMI) membukukan total penjualan sebanyak 5.320 unit atau naik sekitar 36,8% ketimbang tahun 2022 silam. Angka ini bahkan naik 100% dari capaian Mazda Indonesia di tahun 2020 yang notabene merupakan tahun pertama COVID-19. Dan kalau kita lihat track record penjualan Mazda di masa pandemi, bisa dikatakan angkanya terus mengalami tren positif. Tahun 2021, mereka berhasil membukukan 3.392 unit dan diikuti 3.888 unit di tahun 2022. Capaian Mazda di 2023 kemarin semakin mengukuhkan comeback mereka menembus angka 5.000-an unit dan mendekati 6.000-an unit seperti masa sebelum pandemi COVID-19.

Managing Director EMI, Ricky Thio menjelaskan, “Kesuksesan PT EMI pada tahun 2023 lalu didukung oleh banyak faktor, yang terutama tentu adalah antusiasme dan dukungan dari para penggemar dan pelanggan Mazda, serta kinerja terbaik dari para jajaran dealer principal. Layanan purna-jual Mazda yang terus melakukan performance improvement, disempurnakan dengan program MYMAZDA SERVICE, yang memberikan fasilitas tanpa biaya untuk jasa dan suku cadang selama 3 tahun atau 60.000 km bagi para pelanggan, juga turut memiliki andil“. Beliau juga menyinggung bahwa sepanjang tahun 2023, Mazda juga konsisten berpartisipasi dalam pameran otomotif bergengsi.

SUV Mazda Dominan, Siapkan Kejutan Tahun Ini!

Sebut saja ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dan Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Tahun 2023 kemarin juga jadi tahun penting bagi Mazda Indonesia karena mereka memperkenalkan sosok The All-New Mazda CX-60. Lewat mobil ini, mereka makin mengukuhkan diri untuk masuk ke segmen premium di Indonesia. Kembali ke prestasi penjualan, Mazda menuturkan bahwa 2 SUV mereka jadi tulang punggung utama mereka di tahun lalu. Pramita Sari, Marketing & Communications General Manager EMI menjelaskan,“CX-5 dan CX-3 masih menjadimodel yang paling diminati oleh para Mazda Friends di Indonesia, dengan Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic, sebagai dua pilihan warna terfavorit“.

Pada tahun ini (2024), PT EMI juga akan merayakan usia 7 tahun sebagai ATPM Mazda di Indonesia, yang mana dalam budaya Jepang angka 7 dimaknai sebagai simbol keberuntungan. Usia yang baru ini tentu mendorong kami untuk semakin optimis menjadi brand otomotif pilihan terdepan masyarakat Indonesia, terutama dalam segmentasi kendaraan premium” tambah Ricky. Beliau juga membocorkan bahwa tahun ini pihaknya akan menghadirkan sejumlah produk 7G baru yang ada di segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV), dan Large Premium SUV (MHEV). Apa saja produknya? Kita jabarkan di artikel terpisah.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: