Honda City Hatchback Dirilis : Suksesor Jazz Untuk ASEAN!

by  in Berita&Honda&International
Honda City Hatchback Dirilis : Suksesor Jazz Untuk ASEAN!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, berakhir sudah teka teki dan penantian kita terhadap suksesor dari Honda Jazz di kawasan Asia Tenggara. Yap, Honda sudah mengetuk palu bahwa Honda City Hatchback telah menjadi suksesor dari Honda Jazz di segmen sub compact hatchback untuk pasar Asia Tenggara. Mobil ini baru saja diluncurkan secara virtual di Thailand, dan nampaknya juga akan segera menuju ke beberapa negara lain termasuk Indonesia. Yuk kita bahas seperti apa mobil ini.

Desain Fresh, Condong Sporty

Kalau kita sedikit flashback ke awal Tahun, sebenarnya pihak Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia sudah sempat menyinggung bahwa Honda Jazz GR tampangnya kurang sporty. Sedangkan konsumen Honda di segmen ini lebih condong ke desain yang sporty dibandingkan kalem seperti Jazz GR. Nah, inilah yang nampaknya menjadi dasar mengapa Honda City Hatchback dipilih. Perhatikan saja, desain Honda City Hatchback dari sisi depan dan belakang sangat condong ke arah sporty. Jujur saja, kami seperti deja vu dengan keputusan Toyota di 2014 yang menjual Toyota Yaris XP150.

Kalau kalian perhatikan, Honda City Hatchback tampil seperti Toyota Yaris Lele di masanya, dengan kap depan yang cukup panjang dan buritan yang pendek. Di sisi depan, Honda City Hatchback menggunakan muka yang sama persis dengan versis sedannya. Lampu depannya menggunakan bentuk yang serupa, dengan lampu LED model reflektor dan LED DRL di sisi atas. Grille-nya khas Honda jaman now dengan laburan warna hitam dan logo RS untuk tipe tersebut. Bahkan, bumper dan ornamen di area foglamp-nya pun sama persis dengan versi sedan. Pun begitu dengan bentuk radiator grille-nya. Plek.

Pindah ke sisi samping, Honda City Hatchback juga masih menggunakan velg 16 inci yang sama dengan versi sedan. Spionnya juga dilabur warna hitam, sedangkan handle pintunya sewarna body. Kalian tidak akan menemukan ornamen krom sama sekali di bagian ini. Bedanya, pilar C ke belakang di Honda City Hatchback disesuaikan dengan bentuk sebuah hatchback. Pilar C mobil ini tergolong cukup tebal. Di sisi belakang, Honda City Hatchback menggunakan lampu belakang yang bernuansa 3D dengan LED bar. Sebenarnya, bentuk lampunya mengikuti versi sedan, namun housing-nya dibuat menyesuaikan buritan ala hatchback.

Kaca belakangnya cukup landai, dan sekali lagi mengingatkan kami pada Toyota Yaris XP150. Ada rear spoiler dengan side support berwarna hitam, dan antena model sirip hiu berwarna gelap. Sedangkan bumper belakang mobil ini berbeda total dengan versi sedan. Ada tarikan garis tegas di area terluar, dan ada juga ornamen hitam di sisi tengahnya. Bagian berwarna hitam ini memiliki lubang palsu yang besar, dan nampak terbelah dua. Keren? Tidak? Kembali ke selera, sayangnya knalpot mobil ini masih malu – malu karena ngumpet di sisi bawah bumper belakangnya.

Interior Serupa Sedan

Masuk ke sisi dalam, sebenarnya interior dari Honda City Hatchback ini sama persis dengan versi sedannya. Tentu kalian tidak lupa dengan strategi salam satu dashboard ini kan. Nah, bentuk dashboard-nya sama persis, pun begitu dengan setir, jok dan ornamen lainnya. Kalaupun mau dicari perbedaannya, hanya ada di pemilihan ornamen saja. Seperti penggunaan warna merah di jok, dan warna hitam glossy di area setir. Sisanya, Honda City Hatchback masih mendapatkan kelengkapan seperti push start stop button, setir kulit, AC Climate Control, paddle shifter, cruise control, MID monokrom, tombol ECON, Eco Indicator, dan auto headlamp.

Oiya, jok mobil ini dibungkus kulit suede dengan jahitan dan ornamen berwarna merah. Untuk bangku belakang, Honda tetap menerapkan konfigurasi kursi andalan mereka, yaitu Ultra Seat. Di baris depan ada center console, dan di baris kedua ada armrest. Bagasinya juga masih khas Honda, terbilang cukup lega walaupun tidak terlampau besar. Kursi baris belakang bisa dilipat 60:40, sehingga bisa dibuat rata lantai kalau ingin membawa barang yang lebih besar. Mobil ini dilengkapi dengan 8 buah speaker, yang terhubung dengan sistem infotainment dengan layar sentuh berukuran 8 inci. Oiya, sistem ini sudah support Android Auto dan Apple CarPlay, serta Honda Connect.

Fitur Keamanan Khas Honda

Bagaimana dengan fitur safety mobil ini? Menurut kami masih khas Honda. Fitur standarnya antara lain adalah ABS, EBD, VSA, HSA, ESS, dan speed sensing door lock. Untuk airbags, Honda City Hatchback dibekali 2 buah airbags di depan, 2 di samping, dan 2 di curtain. Jadi, total ada 6 buah airbags. Kamera parkir dan ISOFIX juga bisa kalian temui di mobil ini. Ngomong – ngomong kamera parkir, sudut dari kamera mundurnya bisa diatur dengan 3 angle, dan ini kami rasa sangat membantu untuk parkir di tempat yang sempit.

3 Tipe, Mesin Turbo

Honda City Hatchback dilepas ke pasar Thailand dengan 3 tipe, yaitu tipe S+, SV, dan RS. Untuk harga, tipe S+ sebagai tipe terendah dibanderol 599 ribu Baht atau setara 280 jutaan Rupiah. Sedangkan tipe SV sebagai tipe tengah dibanderol 675 ribu Baht atau setara 315,6 jutaan Rupiah. Tipe RS sebagai top of the line dibanderol 749 ribu Baht atau setara 350 juta Rupiah. Yap, sub compact hatchback ini sudah tembus 350 jutaan. Untuk transmisi, Honda hanya memasarkan Honda City Hatchback dengan opsi transmisi CVT. Lupakan saja transmisi manual.

Sedangkan untuk mesin, Honda City Hatchback menggunakan mesin yang sama dengan versi sedan. Mesin yang digunakan adalah mesin 1.000cc 3 silinder VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 122 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 173 Nm mulai 2.000 hingga 4.500 rpm. Sebagai catatan, Honda City Hatchback memiliki panjang 4.349mm, lebar 1.748mm, dan tinggi 1.488mm dengan wheelbase 2.589mm dan ground clearance 135mm. Mobil ini lebih panjang sekitar 300mm, lebih lebar sekitar 50mm, dan lebih rendah sekitar 40mm dibandingkan dengan Honda Jazz saat ini. Pengereman mobil ini menggunakan cakram di depan dan tromol di belakang.

Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Honda City Hatchback ini? yay or Nay?

Read Prev:
Read Next: