Penampakan Wajah Prototipe Honda Freed Baru Makin Jelas

Penampakan Wajah Prototipe Honda Freed Baru Makin Jelas
0  komentar

AutonetMagz.com – Apa Toyota punya cukup waktu untuk mengecap manisnya market MPV sliding door di sini? Sebab fase tes Honda Freed baru yang tengah dikembangkan di Jepang makin hari makin mendekati finalnya. Seperti kita tahu, Toyota memanfaatkan status anak bawang dari Honda Freed sekarang untuk meluncurkan Sienta, karena orang pasti sudah bosan dengan Freed yang dari awal meluncur selalu begitu-begitu saja. Facelift sih, sekali, tapi ubahannya bukan yang wah juga.

Ada foto terbaru dari akun Twitter @Skyline_0315 yang cukup beruntung, karena bisa memperlihatkan muka depan dari Honda Freed teranyar yang cukup dekat dan jelas. Besar upahmu di surga nak. Kelihatan, muka depannya kini mirip dengan Honda kekinian seperti Jazz atau HR-V misalnya, di mana guratan desain Solid Wing Face terpampang jelas di foto tersebut. Kelihatan juga, lampu depannya sudah projector.

2017 honda freed face

Jangan pedulikan pelek kalengnya, karena sudah pasti itu hanya dipakai saat pengetesan saja. Saat dijual, pasti nanti diganti pelek alloy. Ya kali mau melawan Toyota Sienta peleknya pakai pelek kaleng? Yang benar saja kan. Pilar A kelihatannya akan punya visibilitas yang lebih bagus, pintu geser tetap dipertahankan dan profil sampingnya masih kelihatan “Freed banget”.

Meski tidak ada foto interior, menurut Indianautosblog, Honda akan membuat interior Freed baru lebih bersih. Salah satu formula yang diprediksi adalah pemakaian tombol sentuh yang tidak bisa diraba atau ditekan seperti tombol konvensional, seperti yang bisa kita simak di HR-V spek Indonesia misalnya. Mesinnya? Unit 1.000 cc 3 silinder VTEC Turbo akan menggusur mesin 1.500 cc non turbo lama.

render honda freed

Mesin 1.000 cc turbo itu diklaim bisa menyemburkan 127 hp, lebih dari cukup untuk sebuah MPV sliding door kecil ini. Kapan mobil ini siap tampil di depan umum? Hmm… Menurut blog sejumlah car enthusiast di Jepang, katanya sih Agustus tahun ini dia muncul di Jepang secara resmi, tapi saat IIMS kemarin, pihak HPM berbisik kepada kami kalau mereka punya kejutan di pameran bulan Agustus nanti (baca : GIIAS 2016).

Mungkinkah Freed mau muncul juga di GIIAS? Yah, harap-harap cemas saja deh. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farhan

    IMHO..kayaknya freed bakal pake mesin jazz, hrv,mobilio, brv sama city dah..soalnya kan mesin L15Z1 kan udah terbukti performanya dan konsumsi bbmnya..tapi sih..ga ada salahnya mesin turbo barunya di masukin ke indonesia

    • Indra

      Mungkin mesin itu dipilih karena masalah durabilitas aja, selain performa dan konsumsi bbmnya

      • farhan

        sama juga kan konsumen indonesia belom terlalu familiar sama mobil bensin sejuta umat yang berturbo

        • AE86

          Kalau itu Tergantung pribadi, selera, hobby masing2 om, jngan menilai orng dg tdk familiar dikarenakan tdk sejalan dgn kita.

          • farhan

            ane sih ga masalah kalo freed masuk pake mesin turbo..bahkan ane pengen freed turbo masuk..tapi realitanya kan orang biasa gak terlalu ngerti mesin bensin turbo kayak kita semua disini

          • AE86

            Itu dia om, harapan kita disuatu kendaraan itu pastinya full specs lah ya baik di engine, Drive train, Chassis dan elektricalnya. Namun mayoritas diluar sana hal ini bukan jd poin utama dlm membeli suatu kendaraan. sehingga pabrikan masih berfikir2/3 kali utk hal itu.

    • farid

      Bisa jadi HPM mau masukin dua pilihan mesin termasuk mesin turbo untuk indonesia.jadi mesin L15Z1 untuk konsumen terutama di daerah dimana BBM pertamax masih belum merata persediaannya,dan mesin turbo untuk konsumen yg pengen mesin turbo atau ngincar performa

      • AE86

        Hampir disetip ibukota prop. Sudah menyediakan bbm jenis pertama#, tinggal niat orngnya aj lg om, mau/tdk menggunakan.

  • Indra

    Secara keseluruhan kalo dilihat dari eksteriornya ga begitu jauh bedanya dibanding yg sekarang, mudah-mudahan Freed yg baru ini lebih lega dari Sienta. Kan mau pake mesin 1.0 turbo, tapi kok gue ga yakin bisa pake mesin itu, pasti dikasih mesin yg sama dgn HR-V 1.5 atau BR-V kalo dilihat dari segi durabilitas dan performa serta konsumsi BBM. Katanya sih di Jepang baru dapet akhir tahun ini, kalo Freed baru world premiere disini, ntar jg dapetnya bulan Januari 2017.

    • R. A. Lesmana

      Pak Jonfis berani masukin turbo ke Civic baru.
      Semoga kebiasaan Toyota dengan mesin jurrasic-nya gak diikutin HPM.

      • Masih kecil

        Semoga…….

  • japa

    harapannya mesin turbo yg masuk sini deh walopun kemungkinannya kecil
    btw design dashboard nya baru atau sperti yg lama yaa walaupun tombolnya d buat sentuhsentuh tanpa feel?

    • farid

      Gak kemungkinan kecil kok,civic FC baru yg masuk sini aja pake mesin turbo,itupun cuma satu pilihan mesin(spek disini gak ada mesin NA untuk civic FC)

      • japa

        kemungkinan kecil karna mnrt ane blm ada mpv turbo disini gan tp kalo emang d masukin berarti jd leader mpv turbo gann

        • Sporky

          Utk mesin bensin Proton Exora udah yg dijual di sini ada yg pakai mesin turbo…merk2 jepang di sini sih termasuk ketinggalan kalo urusan jualan mesin turbo bensin bahkan sama Malaysia.

    • Indra

      Paling kalo disini tombol yg disentuh2 tanpa feel hanya di tombol AC, kalo HUnya mah diganti aftermarket

      • japa

        design dashboard apa masi bertahan dengan model tingkatan yg lama?

        • Masih kecil

          Moga-moga design dasboard yang lama masih dipertahanin

    • wowkeren (new)

      Semoga juga dashboardnya dibuat lebih up to date + tetep pertahanin model dashboard bertingkat

  • R. A. Lesmana

    Freed yg sekarang dua kali facelift, mas Satrio.
    Yg pertama ‘knop-AC-lift’ berikut lampu sein di spion, garnish plat nomor, dan update lampu belakang.
    Yg kedua ganti bemper, grill, dan perintilan lainnya.
    Hehe..

    • Indra

      Yg pertama itu plus AC double blowernya jg

    • Shark Owner

      FL pertama ganti knop kompor sama AC digital di tipe E, FL kedua ganti grill, stoplamp mengotak, velg, FL ketiga nambah double blower, lampu baca di 2nd row, FL keempat ganti grill, stoplamp aksen silver, tambah audio steering switch

      • Hillarius Satrio

        buset, rupanya sebanyak itu faceliftnya… hahaha.. nggak ngeh gw

  • rs

    Mudah-mudahan sih si freed bisa hadir di GIIAS 2016….dan mesinnya turbo serta style nya kayak stepwgn spada…..sama interiornya konsepnya dipertahankan dengan dashboard bertingkat….dan kualitas materialnya jangan asal asalan dong….terbukti melalui br-v, mobilio, jazz, dkk….yang kualitas materialnya lebih buruk dari toyota/nissan/suzuki…..sama fiturnya kalau bisa nyamain sienta/lebih….

    • Masih kecil

      Amin………….

  • farid

    Kalau freed terbaru ini bakal ada pilihan mesin turbo(atau sekalian satu mesin yaitu mesin turbo doang)untuk spek sini pasti makin ngiler dibanding sienta,apalagi kalau melihat tenaga puncaknya mencapai 127hp,sienta aja pasti kalah jauh soal performa.bagi yg merasa mesin 1500cc L15Z1 dah cocok dgn kondisi indonesia tapi ada konsumen yg pengen mesin turbo,sebenarnya HPM bisa masukin dua pilihan mesin untuk freed

    • Indra

      Bisa jadi kalau HPM masukin Freed turbo mungkin bakal ada di tipe tertinggi (atau mau pake sebutan “Prestige”), kalau tipe yg dibawahnya pake L15Z1

      • Masih kecil

        Mungkin juga. Dan jika freed turbo masuk sini = sienta is DEAD

  • Ken

    Saya pake Freed dari Agustus 2009 sampe sekarang. Freed sebenernya enak. Untuk ukuran sekompak itu cukup luas. Pintu geser elektrik belom pernah masalah. Kelemahan ada di kaki-kaki yang mulai rontok di 60000an KM , bunyi gruduk-gruduk muncul dari depan sama belakang. 100000km ganti steering rack , lumayan kalau masalah di steering rack keluar biaya sampe 8 digit. Matiknya bagus pada masanya , udah 5 speed. Konsumsi bbm Irit lumayan , dalkot 1:10. Tapi tenaganya itu ,IMHO , tarikannya bener-bener gak berasa 118ps. Berat banget. Setiap saya bawa Freed , selalu posisi gigi ada di D3 , karen di D berat banget dan selalu harus injek gas rata lantai buat bisa imbangin mobil lain di tol atau kalau mau nyalip. Menurut saya Avanza 1.5 masih lebih enak larinya. Semoga Freed baru ini bisa lebih kencang , kaki-kakinya lebih kuat dan tahan banting , juga harganya gak terlalu mahal.

    • farhan

      kayaknya agan bisa melupakan impian harga ga terlalu mahal deh gan, soalnya terakhir2 ini, honda rakitan ckd itu harganya mahal, trus fiturnya gak sekomplit rival sama di model tertentu, build qualitynya juga alakadar..tetapi harga lebih mahal dibanding rival…sama juga..ane bawa pernah bawa freed 2013, dan ane setuju ama agan..walaupun powernya 118ps, tapi bener2 ga kerasa, bahkan menurut ane, great new xenia yang powernya notabene lebih kecil @ 97ps masih lebih kerasa dibanding freed yang lebih gede. sama menurut ane suspensi freed itu rada keras untuk mobil keluarga, bahkan sedikit lebih keras dibanding mobilio ato brv.

      • AND

        Iya ga kerasa kan bobot lebih berat, bawa freed dan avanza yg notabene enteng body nya. Beda bobot mesin dan body. beda juga larinya.

        • AE86

          Udh coba dikiloin om antara avz dgn freed.?

          • HaHaHa

            Yaelah fanboy toyota, jelas avanza lebih ringan kemana mana
            Dari namanya aja udah keliatan fanboy toyota

          • AE86

            Terimakasih atas kepintaran nya bos, nama bos aj gk jelas,, saya fanboynya ae86, knapa??? Masalah buat bos,???

          • Don Giovani

            kalem, bro….. jangan diumpanin orang gituan……

          • AE86

            Yoi om,,, piss,,hehe

          • Masih kecil

            udah jangan ditanggepin bro. biarin aja. paling dia gak tau bahwa toyota ae86 salah satu sportscar terenak (menurut gua)

          • AE86

            Gk ap2 om. Kadang orang sebelum diteriakin maling malah kita duluan yg dibilang maling.. Hehehe…

          • Masih kecil

            udah,gitu aje langsung gitu.bung ae86 itu suka sama toyota ae86,bukan fanboy toyota. jadi lain kali melihat gambar toyota jangan langsung bilang ITU FANSBOY TOYOTA!

          • AND

            Sudah gan, datanya sih Freed 1.330 kg vs avnza 1.085 kg. Selisih ratusan kilo kerasa gan. Apalagi Beda kualitas dan teknologi, pengaruh ke bobot nya gan. hehe

          • AE86

            Ini baru info om, by data.thnx

        • Masih kecil

          avanza sama freed,lebih enak freed dong

    • Wira

      Nah bbrp problem yg disebut om ini yg bikin kalo dulu lebih milih innova. Krn saya udah coba sendiri bgmn rasanya. Berhubung sebuah mpv yg diperlukan kenyaman bukan fun to drive. Jadi dgn harga 250an mending beli innova yg lama. Lebih lapang pilihan mesin diesel;irit; dan ride quality yg better. Berhubung juga mpv nggak bakal dibuat kebut2an

    • Tala

      Masa sih 60rb udah rontok kaki2nya bro, dulu avanza saya aja 100rb yg pernah diganti cuma aki, ban & kampas rem. Sekarang pake vios telor 80rb juga yg pernah diganti cuma ban & aki, blom ada bunyi kaki2 sama sekali. Mobil buat kuli kasar.

      • Masih kecil

        Memang toyota tipe apapun mau dibuat kuli kasar tetep aja nyala

    • Masih kecil

      Tarikannya berat ya. Memang,freed temen saya juga gitu kok,tapi jika dibandingkan dengan jazz,walaupun mesin sama,tarikan lebih enteng jazz

  • nusantara nusantara

    imho, meihat ahon indonesia gak berani spekulasi, tebakan ane masih masukin mesin 1500 cc n.a., tapi didampingi 1litre turbo, semoga salah

    ane pengen tau nih, klo ahon jualan mesin turbo laku gak nih,
    klo ahon jualan turbo laku, artinya masyarakat gak takut teknologi baru

    • Masih kecil

      Pengennya ane juga kayak gitu, 1.0L turbo dan 1.5L N.A

    • Gunawan

      Exclusive Freed segmennya jelas, nggak ada manual, minimal untuk pengguna Freed lama…awesome

  • Rafi M. P.

    Gak yakin itu Freed, itu mah Jazz GK5 yg dipanjangin dan digemukin :v

    • farid

      kan memang basisnya dari jazz gan :v

    • Masih kecil

      ITU FREED BARU MAS……………..

      • Rafi M. P.

        Bercanda kok mas *peace*

        • Masih kecil

          Oke

    • amarullz

      Hehehe, Kan Freed yg pertama juga Jazz GE8 yang dipanjangkan dan digemukin :v

  • Indra

    Berharap varian tertinggi Freed baru udah pakai 6 airbag + VSA + HSA selain ISOFIX dan ABS + EBD + BA….

    • Wira

      Kalo minta fitur sampe segitu harga ntah dikasih berapa & yg pasti harganya gk bakal bersaing sama sienta

      • Masih kecil

        Harganya pasti mahal banget dan gak worth it

  • Fr3Nc3L10n

    Freed ga mungkin masuk…..udh disuntik mati ama jonpis
    Kalau kejutan nya Type R baru gmn y?

    • Indra

      Freed yg sekarang kali….ga mungkin Honda ga ngiler pasarnya diambil sm Toyota Sienta…

    • Masih kecil

      Kalo Type R dijual,siapa yang mau beli????

  • TOYOTUA

    MPV turbo dulu KIA Carnival almarhum. Bukan hal baru. Turbo Plus panoramic roof

    • Masih kecil

      Nama akun mas lucu = TOYOTUA, HAHAHAHA………..

  • Adib Salehi Takhasomi

    Harapannya turbo masuk ke indonesia. Buat ngomporin merk lain. Untuk desain eksterior menurutku jd tambah cantik, dengan muka sayapnya. Moga buid qualitynya tambah bagus, biar g kemakan saudara sendiri. Kalau kemakan sienta, kayaknya si g.

  • Ronny Rasdyantoro

    dibelakang honda freed kamuflase ini kayak ada sedan honda, tapi sedan apa itu???

    • Indra

      Accord plug in hybrid, kayaknya lg ngawal si freed..

  • Jeem

    Yg sudah terlihat pake common parts itu spionnya model jazz dkk ya? Semoga masuk Indo yg 1.0 turbo Dan build qualitynya lebih baik Dan dashboard 2 tingkatnya dipertahankan tapi model baru

  • Abc

    Saya rasa freed yg ini uda beda generasi, bkn facelift lg
    Berikut foto prediksi honda freed yg baru, terlihat bagian lampu belakangnya jd cembung

    • Abc

      Thank me later

    • wowkeren (new)

      Bisa dipastikan ini bener2 ada di indo nantinya.

    • Indra

      Lampu belakangny sedikit mirip Alphard ya

    • Masih kecil

      Model sekarang elegan, kalo yang ini sporty

  • wowkeren (new)

    Ditunggu banget kedatangannya! Semiga sih bener bulan agustus nanti + pake mesin turbo + ada tipe prestige nya. Semoga fiturnya lengkap (kira2 selengkap hr-v prestige). Tembus 300? Ya gak apa-apa lah. Semoga kualitas tetep bagus kayak model pertama. Dan semoga ada pilihan warna lengkap

    • Indra

      Ya kalo dari harga tipe tertinggi yg udah 290 jutaan lebih bisa nembus 300 jutaan

      • Masih kecil

        Paling harganya 250-300 juta

  • Levi

    Tunggu”, bagi Anda yg antusias pgn mobil ini pake 1.0 Turbo, harap diingat ini mobil keluarga dan wajib pake Pertamax (minimal)

    Pertanyaannya : Apakah bisa market indo pakr bbm itu tiap hari ? Apakah spbu indo jg bs ngejamin di pelosok pertamax bakal ada ?

    Kalo civic pake Turbo okelah, toh biasanya sedan cm dipake di perkotaan ?

    • Wira

      Iya om berhubung org kalo beli mobil mpv rata2 bakal sering dibawa luar kota juga ntah dinas yg sering ataupun cuma untuk mudik aja yg setahun sekali

      Pertimbangannya kemungkinan besar bakal pake mesin NA dan opsi paling bagusnya diberi 2 pilihan mesin

      • Masih kecil

        Pasti pilihan mesinnya ada dua = 1.5L dan 1.0L turbo

    • Davis Jenson

      kan minimalnya RON 95. ya harusnya pake pertamax plus lah.

      • Ilham

        Koreksi gan, untuk Civic minimal RON 91, bukan 95 ?

    • amarullz

      Menurut info dari car-research dot jp (kalo input link nya gk di approve). Mesin turbo ini akan di pospone untuk jazz/fit 2019, dikarenakan penjualan StepWGN yang versi turbo tidak menunjukan hasil yg baik (Di jepang yg versi Hybrid lebih laku daripada turbo), jadi kemungkinan tetap menggunakan 1.5 NA i-VTEC dan versi jepangnya tetap mempertahankan Hybrid i-DCD tidak diganti dengan yg VTEC TURBO.

      • Indra

        Berarti Freed disana jg ga pakai mesin 1.5 earthdreams yg tenaganya bisa 130 dk?

  • Evan Nsas

    adiknya avanza

    • Rafi M. P.

      Depannya mirip Aygo di eropa sana, cuma ini lebih sederhana

    • Indra

      Mirip Veloz + Yaris USDM/eropa

  • kabe kabe

    Boring Car…

    • Masih kecil

      Yang sekarang……..

  • Airlangga Vitradi

    mohon koreksinya jika saya salah. mesin dengan kapasitas 1000 cc 3 silinder, walaupun pake turbo biasanya kan 3 silinder getarannya ada kaya mobil2 LCGC, lain hal denga 3 silindernya BMW yg make engine mounting serta tata letak mesin sehingga getaran dpt diminimalisir walaupun masih ada. nah freed kl pake 3 silinder apakah akan sama getarannya dengan LCGC atau bisa kaya BMW? ko saya lebih tertarik mesin lama ya pun dengan transmisinya pake TC aja jgn CVT.

    • Indra

      Utk transmisi sih bakal pake CVT kyk saudaranya…

      • Airlangga Vitradi

        hmmm menurut ane bagusan TC drpd CVT ya. berarti bagusan mesin Freed yg sekarang donk ya

    • Randhi

      Yg saya pernah coba 3 silinder 1.0 fiesta ecoboost sangat minim getran sama kyk 4 silinder ,soalnya flywheelnya dibuat seperti balancer seolah jadi piston ke 4,gak tau klo honda ya

      • wowkeren (new)

        Harapannya sih semoga nanti ada versi turbonya dan getaran mesinnya bisa setara fiesta 1.0

      • Airlangga Vitradi

        yah kita liat aja nanti gan hahaha. semoga sama dengan eco boost nya ford

  • Indra

    Sebenarnya sih jujur harusnya di GIIAS itu launching NSX secara di ASEAN belum ada launching, lagipula katanya pas masih konsep thn 2013 udah ada yg pesen. Tapi kalau mau tau mobil Honda yg mau launching di GIIAS tunggu acara bukber bareng jurnalis, nah disitu biasanya ada bocoran entah dari sketsa atau apa…

  • Masih kecil

    Kayaknya pas GIIAS mobil ini keluar sama (mungkin) NSX?

  • Masih kecil

    Freed baru ini keluar pake turbo = sienta is DEAD

    • Levi

      StepWGN di Jepang yg pake turbo aja kagak laku, mau lawan Sienta

      Bensinnya pake pertamax plus juga gan, mana laku kalo mpv wajib bbm kayak gt ?

      • Masih kecil

        Iya sih……. hehehehehe….

        • Levi

          Siiipp

      • wowkeren (new)

        Habis liat komen sebelumnya katanya civic turbo minimal octan 91. Gak tau bener atau salah.

        Ya mengingat juga bbm setara pertamax plus masih jarang di luar jakarta. Jadi ya semoga bisa diset gimana supaya bisa minum pertamax.

    • wowkeren (new)

      Kelihatannya sih bisa gitu. Berani yakin nanti fitur di all new freed bisa jauh ngalahin sienta (kalo misalnya fiturnya disetarain sama hr-v prestige buat tipe prestige nya nanti). Ditambah lagi dia dari generasi pertama udah ada captain seat (sienta belom punya). Jadi kalo misalnya fiturnya setara sama hr-v prestige. Terus dapet mesin turbo. Tetep pake captain seat dan punya one touch tumble dan kursi belakang rata lantai. Tetep pake model dashboard bertingkat. Sienta udah kalah jauh.

      • Masih kecil

        Oh gitu…………

  • Masih kecil

    #kami suka mpv turbo.

  • Masih kecil

    Kok komennya gak serame toyota ya???????? apa mungkin di autonet banyak yang suka honda????(cuma nanya)

  • Masih kecil

    Komen toyota udah sampe 270 komen,ayo disini juga sampe!!!!

  • Azwk

    laku ato tidak tergantung timing launching…saat sienta masih banjir inden boleh lah teori freed baru bakal ngrampok calon konsumen sienta, tapi jika kelamaan datengnya pasar MAV keburu dingin ya paling 500 unit per bulan udah oke tuh.