Pagani Huayra R : Karya Seni Pembelah Angin

by  in Mobil Baru&Pagani
Pagani Huayra R : Karya Seni Pembelah Angin
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya setelah seminggu manufaktur supercar ini merilis teaser model terganasnya, pada Kamis (18/03) lalu pihak Pagani mengumumkan kehadiran sang penerus Zonda R lewat kanal YouTube resmi mereka. Sebelumnya kami telah membahas trailer tersebut dengan menyerap seluruh informasi yang bisa kami dapatkan dari potongan-potongan video yang ditampilkan.

Dari trailer breakdowntersebut, kami pun menyimpulkan beberapa dugaan terhadap rupa dari sang track-focused hypercar ini. Live up to expectations, Pagani Automobili benar tak pernah mengecewakan penggemarnya. Tanpa mengetik lebih panjang, mari kita sambut karya seni yang paling mengintimidasi, Pagani Huayra R 2021.

Seni Untuk Aerodinamika

Membahas bagian eksterior, ternyata perubahan desain Huayra pada beberapa bagian yang kami ceritakan pada artikel sebelumnya benar terjadi. Dari mulai splitter, front canards, hood layout tanpa front flappy-wings, air scoop di atap berikut siripnya, side skirts, hingga buntut yang memanjang mengikuti sang kakak, Zonda R. Ditambah dengan rupa buritan yang sebelumnya belum terjamah, sisi garang dapat ter-interpretasikan lewat bentuk spoiler, exhaust yang terekspos, lampu dengan styling minimalis, hingga diffuser dengan motif tricolore. Untuk kaki-kakinya sendiri, Pirelli P Zero slick version membalut velg APP forged monolithic alluminium alloy berukuran 19-inci.

Permainan warna pada Huayra R memiliki skema yang sama dengan Zonda R, namun kali ini kelir berwarna kuning yang menghiasi bodi monokok exposed carbo-titanium dan carbo-triax tersebut. Dengan tubular subframes berbahan CrMo alloy steel, total dry weight dari Huayra R hanya 1.050 kg saja! Tak lupa, ada lubang untuk aerodinamika pada bagian atas tiap fender guna membebaskan turbulensi yang terjadi pada bagian roda. Jadi sudah ringan, mobil ini mampu menciptakan downforce seberat 1.000 kg (1 G)! Semua hal tersebut Horacio lakukan for the sake of aerodynamics and light-weight race car.

Terukir Dalam Performa

Buas luar dan dalam, jeroan dari Huayra R sendiri kini memiliki mesin baru yang mereka namakan Pagani V12-R. Mesin 6,0 L V12 n/a yang menciptakan output 850 hp (@8250 rpm) serta torsi 750 Nm (@5500 rpm) dengan redline yang mencapai 9.000 rpm! Kebayang tuh suara teriakan mesinnya. Adapun mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan sequential yang menyalurkan tenaga ke penggerak roda belakang. Power is nothing without control, maka dari itu Pagani memasangkan rem Brembo CCM-R ventilated disc 6-pot di roda depan maupun belakang.

Sayang walaupun exterior hingga spesifikasi detail soal mesin dan kaki-kaki telah dibeberkan, bagian interiornya belum dibeberkan oleh manufaktur asal Italia ini. Tetapi jika tingkat keakuratan yang tinggi pada teaser kemarin juga terjadi di bagian interior, sepertinya bentuk setir dari mobil ini sangatlah ‘racing.’ Maklum karena pembuatan mobil ini memang terinspirasi dari mobil balap, terutama Le Mans. Benar-benar sebuah pengaplikasian ‘arte in pista‘ yang sangat apik.

Kombinasi yang indah namun mengintimidasi berhasil dilakukan oleh Horacio serta tim Pagani Automobili. Jika aerodinamika memiliki rupa, maka Huayra R dirasa cocok untuk mewakilkannya. Horacio juga mengatakan bahwa teknologi yang diterapkan dalam mobil ini akan digunakan pada model Pagani berikutnya. Hmm apakah nantinya akan muncul Huayra Revolucion? Kita lihat kejutan apa yang akan dibuat oleh pihak Pagani. Berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah dan kunjungi galeri untuk melihat Pagani Huayra R lebih detail.

Read Prev:
Read Next: