NJKB Renault Kiger Muncul, Jauh Lebih Murah dari Magnite?

NJKB Renault Kiger Muncul, Jauh Lebih Murah dari Magnite?
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen SUV mungil nampak menjadi sasaran baru dari para pemain otomotif di Indonesia. Setelah kemunculan KIA Sonet, disusul oleh Nissan Magnite, dan segera diikuti oleh si kembar Rocky – Raize, kini Renault pun tak mau ketinggalan. Yap, Renault sudah menyiapkan Renault Kiger alias kembaran dari Nissan Magnite untuk menuju pasar lokal. Dan ternyata, ada sebuah fakta menarik dari NJKB Renault Kiger di Indonesia. Yuk kita bahas.

2 Mesin, 2 Trim, 2 Transmisi

Jadi, dalam Permendagri no 1 tahun 2021 yang baru – baru ini dirilis, pihak Renault terlihat sudah mendaftarkan nama Renault Kiger untuk pasar Indonesia. Dalam lampiran Permendagri tersebut, ada 4 varian dari Renault Kiger yang akan dipasarkan lokal. Keempatnya adalah Renault Kiger 1.0 RXT MT, Renault Kiger 1.0 RXT AT, Renault Kiger 1.0T RXZ MT, dan Renault Kiger 1.0T RXZ AT. Nah, dari keempat entry ini, bisa kita pahami bahwa Renault Kiger akan dipasarkan di Indonesia dalam 2 trim dan 2 opsi mesin. Untuk trim RXT yang akan dipasarkan lebih murah, Renault Kiger akan dibekali dengan mesin 1.000cc B4D 3 silinder seperti halnya Renault Triber.

Sedangkan untuk trim RXZ yang merupakan trim lebih tinggi nampak menggunakan kode 1.0T. Artinya, di trim ini Renault Kiger akan menggunakan mesin 1.000cc HRA0 3 silinder Turbo. Mesin ini juga serupa dengan mesin yang digunakan oleh Nissan Magnite. Satu poin yang paling menarik dari 4 entry ini adalah NJKB-nya. Secara mengejutkan, Renault Kiger memiliki angka NJKB yang sangat jauh kalau dibandingkan dengan Nissan Magnite. NJKB dari Renault Kiger beriksar di angka 75 hingga 79 juta saja, dan itu sudah termasuk unit bermesin turbo. Sebagai gambaran, NJKB dari Nissan Magnite ada di angka 148 jutaan Rupiah hingga 177 jutaan Rupiah. Jadi, NJKB Renault Kiger cuma separuh dari Magnite.

NJKB Separuh Magnite

Lho, bukankah kedua mobil ini ‘bersaudara‘ seperti Rocky-Raize, bahkan seperti Livina-Xpander? Kenapa selisih harganya 2 kali lipat? Tentu ini masih menjadi misteri. Bisa jadi akan ada perbedaan di sisi fitur dan kelengkapan yang akan ditawarkan oleh Renault di Renault Kiger. Ataupun juga ada kebijakan – kebijakan tertentu yang akhirnya membuat NJKB dari Renault Kiger berhasil ditekan sedemikian rupa. Yang jelas, sosok Renault Kiger akan menjadi pemain baru di segmen yang juga masih baru. Renault Kiger akan menemani Nissan Magnite dan KIA Sonet yang sama sama berasal dari India, produksinya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: