Nissan Terjun ke Dunia Panel Surya dan Baterai Penyimpan Energi

by  in International&Nissan
Nissan Terjun ke Dunia Panel Surya dan Baterai Penyimpan Energi
0  komentar

AutonetMagz.com – Nissan sedang berada dalam gerakan ekspansi untuk memperluas jangkauan teknologi mereka, khususnya yang berkaitan dengan kelistrikan. Selain mobil listrik Nissan Leaf yang sudah menampilkan generasi terbarunya, Nissan juga resmi mengumumkan peluncuran Nissan Energy Solar, sebuah perusahaan yang akan menyediakan panel surya dan sistem penyimpanan energi ke penghuni rumah-rumah di Inggris.

Sedikit mirip dengan Tesla yang juga memperkenalkan panel surya dan box baterai, Nissan Energy Solar akan menawarkan pemasangan panel surya dengan 6 buah panel dan baterai opsional bernama “xStorageHome” yang dapat menyimpan kelebihan energi listrik untuk digunakan nanti sebagai cadangan. Misalnya, energi yang disimpan di baterai bisa dipakai saat malam hari atau pada hari mendung, pokoknya saat tidak ada matahari.

Jumlah panel surya yang ditawarkan standarnya hanya 6 saja, mungkin bisa menambah hingga kelipatan 6 panel, meski sepertinya 6 panel saja sudah lebih dari cukup. Pelanggan yang menginginkan panel surya Nissan Energy Solar harus membayar 3.881 Poundsterling(73,1 juta Rupiah), sedangkan paket yang sudah termasuk baterai xStorageHome bakal membuat harganya naik menjadi 7.635 Poundsterling (143,7 juta Rupiah).

Seperti Tesla (lagi), Nissan Energy Solar akan memungkinkan pemilik kendaraan listrik seperti Nissan Leaf, untuk menghasilkan energi listrik sendiri untuk mengisi daya mobilnya supaya tidak terlalu bergantung pada stasiun pengisian baterai umum. Belum diketahui apakah benar-benar khusus mobil listrik Nissan saja atau bisa untuk mobil listrik lainnya, tapi biasanya sih yang beginian bersifat universal.

Secara tradisional, energi matahari telah digunakan untuk menyalakan peralatan rumah di siang hari, namun sekarang dengan para pemilik Solar Energy Solar dapat mengumpulkan dan menyimpan kelebihan energi dari panel surya mereka dan menggunakannya pada malam hari – bahkan untuk mengisi daya baterai Nissan LEAF dan e-NV200 – dan pada hari berawan, “kata Nissan dalam siaran persnya.

Panel surya telah menjadi sumber energi baru yang tumbuh paling pesat di dunia, dan kami sangat antusias untuk meluncurkan Nissan Energy Solar di Inggris,” tambah managing director Nissan Energy di Nissan Europe, Francisco Carranza. “Lebih dari 880.000 rumah di Inggris telah memasang panel surya, dan mereka merasakan manfaatnya setiap hari, mulai dari mengurangi tagihan listrik hingga meningkatkan nilai properti.” Cocok tidak ya sistem ini di Indonesia? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: