Nissan Siapkan MPV Mungil di India, Kembaran Renault Triber?

Nissan Siapkan MPV Mungil di India, Kembaran Renault Triber?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kami meminta kalian memikirkan brand Nissan dan sebuah model MPV kompak, maka mobil apa yang kalian pikirkan? Yak, pasti Nissan Livina. Itu berlaku untuk pasar Indonesia semata, karena generasi terkini dari Nissan Livina hanya eksklusif dijual di Indonesia saja. Lantas, bagaimana dengan negara lain? Contohnya India? Tidak ada opsi MPV yang ditawarkan oleh Nissan di Negeri Bollywood itu. Namun itu untuk sekarang, karena kedepannya akan ada opsi MPV kompak dari Nissan untuk pasar India. Yuk kita bahas.

Pakai Platform CMF-A+ Milik Triber

Mengutip informasi via GaadiWaadi, Nissan India kabarnya sedang mempersiapkan sebuah MPV kompak yang akan dibangun dengan basis platform CMF-A+. Merasa tak asing dengan nama platform itu? yap, platform tersebut adalah platform milik Renault Triber, Renault Kiger, dan juga Nissan Magnite. Walaupun begitu, Nissan kabarnya akan membuat MPV ini berbeda dengan Renault Triber. Nissan akan menambahkan kesan premium pada calon MPV kompak ini. Seperti halnya Renault Triber, MPV kompak milik Nissan ini juga akan memiliki konfigurasi 3 baris kursi. Nah, karena menggunakan platform yang sama dengan Renault Triber, maka opsi mesin yang ditawarkan di MPV Nissan ini nampaknya juga akan sama. Opsi yang berpeluang ditawarkan adalah mesin 1.000cc naturally aspirated dan juga mesin 1.000cc turbo yang masing – masing memiliki opsi transmisi manual dan otomatis.

Karena dibangun dengan basis Renault Triber, maka sejumlah fitur yang ada di Triber nampaknya juga akan diaplikasikan pada MPV Nissan ini. Contohnya seperti Renault Easyfix yang bisa mengubah posisi kursi di ketiga barisnya secara fleksibel dan disesuaikan kebutuhan pengguna. Bisa jadi, bentuk dashboard mobil ini juga akan mirip – mirip dengan Renault Triber, seperti halnya dashboard Renault Kiger dan Nissan Magnite. Apakah nantinya MPV ini akan diimpor ke Indonesia seperti halnya Nissan Magnite? Kami agak ragu, karena pricing-nya nampaknya tidak akan murah jika mengacu statusnya sebagai mobil CBU. Apalagi, Nissan di Indonesia juga sudah memiliki nama Nissan Livina yang masuk dalam kelas LMPV. Dan dengar – dengar, Nissan Livina Facelift berpeluang muncul di tahun depan sebagai imbas facelift dari Mitsubishi Xpander di GIIAS 2021 kemarin.

Harga Di Bawah 200 Jutaan

Ngomong – ngomong harga, MPV Nissan ini akan dibanderol 10 lakh atau setara 192 jutaan Rupiah. Nah, kalau melihat harganya, nampaknya posisi MPV Nissan ini ada sedikit di atas Renault Triber dan juga Datsun Go+ yang sampai saat ini masih dijual di India. Walaupun begitu, nampaknya masih agak susah bagi MPV Nissan ini untuk masuk ke kelas Suzuki Ertiga yang menjadi raja MPV di India. Apakah nantinya MPV ini bisa diterima baik di pasar India? Tentu susah untuk ditebak, namun saat ini saja Nissan Magnite berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 30 ribu unit dari 1 tahun penjualannya di India. SUV kompak itu berhasil membuat konsumen di India terpukau, dan bisa jadi MPV baru Nissan juga mendapatkan apresiasi serupa jikalau produknya menarik.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: