Nissan Siap Produksi Mesin Variable Compression Ratio Untuk SUV di 2018

Nissan Siap Produksi Mesin Variable Compression Ratio Untuk SUV di 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekitar setahun yang lalu Nissan pernah membocorkan kepada publik jika pihaknya akan membuat sebuah mesin VCR alias Variable Compression Ration untuk mobil – mobilnya. Dan kabar terbaru menunjukkan bahwa pihak pabrikan asal Jepang ini ternyata serius, dan malah sudah berancang – ancang untuk memproduksi mesin ini bagi produk mereka, Infiniti.

Mungkin beberapa dari kalian masih belum tahu, apa itu Variable Compression Ratio atau lebih enak kita sebut VCR. Seperti yang kita tahu, sebuah mesin mobil memiliki rasio kompresi yang berbeda – beda, dan Rasio kompresi sendiri adalah perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik terendah dengan posisi piston pada titik paling atas. Semakin tinggi perbandingannya berarti udara yang terkompresi makin banyak, artinya bahan bakar yang terbakar bisa semakin banyak. Singkat cerita, rasio kompresi bisa digunakan untuk menentukan RON dari bahan bakar mobil kita, kira – kira mana yang cocok.

Dan VCR adalah teknologi yang bisa mengatur dan menyesuaikan rasio kompresi mesin selama mesin beroperasi. Kenapa harus disesuaikan? Kenapa harus bisa diatur? Ya, jawabannya mudah, kembali ke masalah efisiensi. Masalah efisiensi bisa tertolong dengan menggunakan VCR, dimana mobil biasanya membawa beban yang variatif. Jika beban yang diangkat tinggi, maka rasio kompresi akan diposisikan rendah supaya efisien, dan sebaliknya. Pada dasarnya, jelas VCR menawarkan hal yang menggiurkan, namun kenyataannya banyak pabrikan hanya menempatkan teknologi ini di dalam laboratorium mereka, alias tak diproduksi.

Dan Nissan menjadi salah satu pabrikan yang nampaknya mau membawa VCR keluar ke jalur produksi. Nissan bergabung dengan para pabrikan yang sebelumnya juga sudah mencoba membawa VCR ke jalur produksi, seperti Volvo, PSA Group, SAAB, dan Waulis Motor. Kabar terbaru, Nissan diketahui telah memesan komponen khusus pada Daido Metal Industry untuk menjadi komponen mesin VCR mereka. Produksi komponen ini akan dimulai di pabrik di prefektur Gifu, dan akan memasok 1 juta komponen per bulan, dan 600 juta komponen per tahunnya. Komponen ini akan menjadi bagian dari mesin VCR Nissan yang akan diperkenalkan di tahun 2018 mendatang.

Dan produk yang mendapatkan kehormatan ini sendiri adalah produk dari anak perusahaan mereka, Infiniti. Tak jelas seri apa yang akan mendapatkan teknologi VCR untuk mesinnya, namun kabarnya mesin VCR Nissan ini akan memiliki kubikasi 2.000cc empat silinder segaris dengan model SUV. Tentunya menarik untuk menantikan seperti apa mesin dari mobil Infiniti yang menggunakan teknologi Variable Compression Ratio ini. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

sumber gambar VCR : GanbareMMC

Read Prev:
Read Next: