Nissan Safari Rally Z, Fairlady Z dengan Dandanan Peruntukan Rally

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Nissan Safari Rally Z, Fairlady Z dengan Dandanan Peruntukan Rally
0  komentar

AutonetMagz.com – Kebanyakan pabrikan mobil saat ini biasanya menggunakan model SUV untuk peruntukan rally. Dengan ground clerance yang tinggi, memudahkannya untuk menaklukan segala medan ekstrim yang harus dihadapi. Ternyata selain Porsche, Nissan juga menggunakan lini produk kategori sport-nya untuk menghadapi ganasnya medan rally. Nissan memenangkan Reli Safari Afrika Timur tahun 1971 dengan 240Z. Kini mereka membuat versi tribute dengan Nissan Fairlady Z generasi terbaru.

Versi Tribute

Safari Rally Z Tribute dibalur dengan warna merah dan kap berwarna hitam. Mobil ini dirancang agar denga nuansa yang sama seperti Datsun 240Z nomor 11 yang memenangkan East African Safari Rally tahun 1971. Saat itu, Edgar Herrmann sebagai pengemudi dan Hans Schüller sebagai co-driver. Hal itu merupakan sebuah tonggak sejarah bagi Nissan, karena kemenangan tersebut merupakan yang kedua kalinya secara berturut-turut. Selain kemenangan Datsun Bluebird 1600SSS pada tahun 1970.

Versi tribute ini dibangun oleh Tommy Pike, Rally Z menggunakan suspensi KW Safari, serta suku cadang dari NISMO. Ia juga menggunakan velg prototipe NISMO Safari berukuran 17 x 7,5 inci yang dibalut ban Yokohama Geolandar M/T G003. Settingan kaki-kaki tersebut membuatnya lebih tinggi sekitar 2 inci. Tommy Pike juga menambahkan bumper guard depan, skid plate, serta satu set lampu LED NISMO yang dikhususkan untuk Off Road.

Mengenai Dapur Pacu

Mesinnya menggunakan V6 twin-turbo yang disetting oleh AMS, mampu menghasilkan tenaga 400 hp (298 kW/405 PS). Mesin tersebut dilengkapi sistem pembuangan cat-back, cold air intake, kap mesin carbon fiber, coolant expansion tank, street twin-disc clutch, dan flywheel. Sementara untuk bagian dalamnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan jok Recaro Pole Position yang dilengkapi dengan sabuk pengaman empat titik.

Nissan Fairlady versi rally tersebut akan dipajang di samping replika mobil balap Nissan 240Z pemenang reli di pameran SEMA tahun ini. Selain itu, Nissan juga memperkenalkan jam tangan Nismo Seiko Safari Watch. Jam ini memiliki strap Nato style berwarna merah dan biru, serta logo Z di bagian depan. Jam tangan ini sudah tersedia dan dapat dibeli seharga $299.

Read Prev:
Read Next: