Nissan Gripz Buktikan Kembali Gebrakan Desain Crossover Futuristik Dari Nissan

Nissan Gripz Buktikan Kembali Gebrakan Desain Crossover Futuristik Dari Nissan
0  komentar
nissan-gripz-concept

AutonetMagz.com – Nissan Juke sepertinya baru jadi halaman awal dari buku kamus Nissan tentang “Desain Mobil Futuristik” edisi tahun 2015. Nissan mengizinkan tim desainnya bereksplorasi lebih liar dalam hal desain, dan salah satu hasil teranyarnya adalah ini, Nissan Gripz. Mobil yang teasernya bocor beberapa minggu lalu ini disebut Nissan sebagai crossover yang mengambil ilham dari Datsun 240Z Safari Rally yang legendaris.

nissan-gripz-concept-rear

Sebelah mananya mobil ini yang didesain mirip Datsun Fairlady Z? Coba lihat bagian buntutnya yang memiliki desain bongkok seperti sebuah coupe, di situlah elemen Fairlady Z disematkan, kata Nissan. Lampu depan dan belakangnya didesain bak bumerang, seperti Nissan 370Z yang masih beredar sekarang. Di bagian dalam lampu depannya, ada kamera yang ditanam untuk menampilkan gambar ke monitor di dalam interior.

nissan-gripz-concept-doors

Pintu depan Gripz punya mekanisme bukaan yang sama dengan McLaren P1, yakni butterfly doors yang gagah. Sementara itu, pintu belakangnya didesain sama seperti Mazda RX-8, bentuknya kecil dan membuka dengan mekanisme suicide door. Layaknya mobil konsep pada umumnya, Gripz memiliki pelek berdesain futuristic 3-spoke dengan ukuran besar, 22 inci. Karet bundarnya didesain khusus oleh Bridgestone.

nissan-gripz-concept-interior

Interior Nissan Gripz sangat banyak didasari oleh desain sepeda balap. Lihat desain dashboard dan konsol tengahnya, seolah membentuk desain handle bar dan fork sepeda bukan? Setirnya saja dibuat seperti pelek sepeda khusus balap, belum lagi desain panel instrumennya yang unik. Jok bucketnya saja dikatakan berasal dari bentuk sadel sepeda.

Nissan Gripz ditenagai oleh sistem penggerak hybrid Pure Drive e-Power milik Nissan. Terdiri dari mesin bensin dan motor listrik yang sama ditemukan di Nissan Leaf, Nissan mengatakan Gripz bisa menghasilkan 107 hp dan torsi 253 Nm. Nissan tidak membahas soal sistem penggerak Gripz, tetapi kalau namanya Gripz yang identik dengan traksi, diasumsikan bahwa mobil konsep ini berpenggerak all-wheel drive (AWD).

nissan-gripz-concept-wallpaper

Dengan ini pula, Nissan menyatakan bahwa Gripz bukan didesain untuk menggantikan Juke, tapi untuk menambah line-up crossover mereka di masa mendatang. Jika tak ada aral melintang, harusnya Gripz versi produksi muncul sekitar 2 atau 3 tahun lagi. Bagaimana menurutmu Nissan Gripz ini, terutama jika dibandingkan dengan Nissan Juke? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafdi

    Bro HillSat, Saya bisa melihat dg jelas rancangan jok yang mirip sadel sepeda itu.. bagian depan tempat duduk menggambarkan dengan jelas bagian belakang sadel sepeda.

    • Hillarius Satrio

      oh iya bener.. nice eye masbro

  • Budi

    Weleh… weleh…. weleh… akhir2 ini kok susah banget ya mau masuk ke kolom komentar? Tapi saya suka banget dengan desain Nissan Gripz ini – keren dan futuristik. Namun jika mesin nya Hybrid, berarti harga nya bakalan mahal ketika masuk Indo, gara2 pajak nya yg gila. Mungkin lebih baik kalo pakai turbo aja, karena saya suka turbo… ?

    • Hillarius Satrio

      paling ntar ada yang non-hybrid

  • renno rasdy

    keren. yang ini mah cakep, jauh dibanding juke, gw sangat2 gak suka sama juke, aneh mukanya, kalau sekitar 2-3 tahun lagi baru masuk, pas lah. gw pengen beli mungkin

    • Hillarius Satrio

      tunggu aja nanti versi masspronya kayak gimana

  • pescarolo

    Menurut saya tarikan desainnya masih mirip Juke, mulai dr posisi lampu depan-belakang sampe proporsi keseluruhan. Keliatannya mobil konsep ini pake acuan dari Juke-R.
    Artinya, Juke-R itu dijadiin mobil percobaan utk ngeliat performa mobil sports crossover, sekaligus ngeliat antusiasme audiensnya. Setelah cukup yakin, baru diluncurin sports crossover murni Gripz. Bukan ga mgkn k depannya bakal bener2 pake mesin power besar ala Fairlady Z, toh acuannya udh ada.

    • Hillarius Satrio

      bisa jadi, mantep!

  • Himawan Ulul

    sekilas kayak lambo urus. tp ini lebih liar (bodinya doang) wkwk
    yak well-done nissan,

  • Wilsen Frendy

    Jangan-jangan ini jdi cikal bakal nissan z crossover :O

  • komentator

    om hilsat jangan bawa2 datsun, ko rasanya kaya gimana gtu ya….. aneh aja…

    • Hillarius Satrio

      lah, emang originnya gitu kok

  • Agung Ardy

    Ni nasibnya nissan sway gimana nih jadi masuk jalur produksi gak yaaa hehehe…