Nissan Gripz Buktikan Kembali Gebrakan Desain Crossover Futuristik Dari Nissan

Nissan Gripz Buktikan Kembali Gebrakan Desain Crossover Futuristik Dari Nissan
0  komentar
nissan-gripz-concept

AutonetMagz.com – Nissan Juke sepertinya baru jadi halaman awal dari buku kamus Nissan tentang “Desain Mobil Futuristik” edisi tahun 2015. Nissan mengizinkan tim desainnya bereksplorasi lebih liar dalam hal desain, dan salah satu hasil teranyarnya adalah ini, Nissan Gripz. Mobil yang teasernya bocor beberapa minggu lalu ini disebut Nissan sebagai crossover yang mengambil ilham dari Datsun 240Z Safari Rally yang legendaris.

nissan-gripz-concept-rear

Sebelah mananya mobil ini yang didesain mirip Datsun Fairlady Z? Coba lihat bagian buntutnya yang memiliki desain bongkok seperti sebuah coupe, di situlah elemen Fairlady Z disematkan, kata Nissan. Lampu depan dan belakangnya didesain bak bumerang, seperti Nissan 370Z yang masih beredar sekarang. Di bagian dalam lampu depannya, ada kamera yang ditanam untuk menampilkan gambar ke monitor di dalam interior.

nissan-gripz-concept-doors

Pintu depan Gripz punya mekanisme bukaan yang sama dengan McLaren P1, yakni butterfly doors yang gagah. Sementara itu, pintu belakangnya didesain sama seperti Mazda RX-8, bentuknya kecil dan membuka dengan mekanisme suicide door. Layaknya mobil konsep pada umumnya, Gripz memiliki pelek berdesain futuristic 3-spoke dengan ukuran besar, 22 inci. Karet bundarnya didesain khusus oleh Bridgestone.

nissan-gripz-concept-interior

Interior Nissan Gripz sangat banyak didasari oleh desain sepeda balap. Lihat desain dashboard dan konsol tengahnya, seolah membentuk desain handle bar dan fork sepeda bukan? Setirnya saja dibuat seperti pelek sepeda khusus balap, belum lagi desain panel instrumennya yang unik. Jok bucketnya saja dikatakan berasal dari bentuk sadel sepeda.

Nissan Gripz ditenagai oleh sistem penggerak hybrid Pure Drive e-Power milik Nissan. Terdiri dari mesin bensin dan motor listrik yang sama ditemukan di Nissan Leaf, Nissan mengatakan Gripz bisa menghasilkan 107 hp dan torsi 253 Nm. Nissan tidak membahas soal sistem penggerak Gripz, tetapi kalau namanya Gripz yang identik dengan traksi, diasumsikan bahwa mobil konsep ini berpenggerak all-wheel drive (AWD).

nissan-gripz-concept-wallpaper

Dengan ini pula, Nissan menyatakan bahwa Gripz bukan didesain untuk menggantikan Juke, tapi untuk menambah line-up crossover mereka di masa mendatang. Jika tak ada aral melintang, harusnya Gripz versi produksi muncul sekitar 2 atau 3 tahun lagi. Bagaimana menurutmu Nissan Gripz ini, terutama jika dibandingkan dengan Nissan Juke? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: