Nissan Magnite Concept : Wajah Datsun, Platform Triber, Rilis Januari 2021

by  in Mobil Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita mau mundur ke beberapa bulan lalu, kabar terkait merk Nissan kebanyakan berkutat pada masalah demi masalah. Namun, perlahan Nissan mulai kembali ke jalur yang benar dengan mengisi pemberitaan mereka dengan produk – produk menarik. Dan setelah Nissan Kicks e-Power, Nissan X-Trail T33 dan Nissan Ariya, kini satu produk lain kembali mengangkat nama Nissan. Yap, inilah Nissan Magnite.

Sebelum kita bahas mobil ini, sekedar trivia saja, nama Magnite ternyata merupakan akronim dari kata ‘Magnetic’ dan ‘Ignite’. Nah, ‘Magnetic’ sendiri berarti Nissan Magnite akan ‘memikat’ dan ‘menarik’ konsumen dengan desain dan kelengkapannya. Sedangkan ‘Ignite’ menandakan era baru dari Nissan di Negeri Bollywood, India. Kalau kalian perhatikan, dari beberapa berita yang kami sampaikan terkait Nissan Magnite, kami tetap bingung mengapa Nissan menggunakan desain ala Datsun namun di produk mereka. Dan jawabannya pun muncul pasca versi konsepnya diumbar. Seharusnya, Nissan Magnite tidak menjadi sebuah Nissan, namun sebuah Datsun.

Fakta ini pun menjawab pertanyaan mengenai kenapa Datsun juga sempat mendaftarkan paten nama Maginte. Lantas, mengapa Nissan mengambil alih Magnite ke kubu mereka? Kenapa tidak menjadi Datsun saja? Alasannya karena adanya rencana restrukturisasi di kubu Nissan yang membuat Datsun makin terpojok. Oleh karenanya, lebih aman jika Magnite ditarik ke kubu Nissan, toh calon SUV paling kompak Nissan ini akan mengisi segmen pasar yang penting. “Nissan Maginte adalah lompatan evolutionary dalam DNA SUV Nissan Global. Dengan teknologi canggih yang tertanam, Magnite akan menjadi game-changer di segmennya”, ungkap Rakesh Srivastava, Managing Director Nissan Motor India.

Rakesh juga menyebutkan bahwa pihaknya percaya diri dengan Nissan Magnite, dan SUV ini akan menegaskan citra mereka di segmen SUV kompak. “Nissan Magnitedibuat dengan filosofi ‘Make in India, Make for the World’ dan didesain di Jepang namun tetap mempertimbangkan kebutuhan dan aspirasi konsumen India” ujar Rakesh. Nissan pun menggaris bawahi bahwa Nissan Magnite akan dibekali banyak fitur premium dengan desain yang kuat dan dinamis. Terlihat menjanjikan ya? Waktu yang akan membuktikan. Nissan Magnite sendiri kabarnya akan dijual pada bulan Januari 2021 mendatang dengan opsi mesin 1.000cc 72 hp milik Renault Triber, dan 1.000cc turbo 95 hp. Transmisinya ada 2 macam, yaitu 5 perceparan manual dan CVT.

Untuk fitur, Nissan Magnite kabarnya akan dibekali HU layar sentuh 8 inci dengan sejumlah teknologi yang terkoneksi, kamera 360, AC climate control, dan cruise control. Nissan juga mengklaim bahwa Nissan Magnite akan menjadi SUV paling lega di kelasnya. Lalu, bagaimana dengan desainnya? Kami bahas di artikel terpisah saja ya, sudah terlalu panjang. Bagaimana tanggapan kalian, kawan?

Sumber : AutoCar India

Read Prev:
Read Next: