Nissan Fairlady Z Melangkah ke Generasi Selanjutnya

by  in International&Nissan
Nissan Fairlady Z Melangkah ke Generasi Selanjutnya
0  komentar

AutonetMagz.com – Lama tak terdengar gaungnya, Nissan Fairlady Z alias Nissan 370Z rupanya tidak dianaktirikan oleh Nissan. Meski Nissan sedang sibuk dengan mobil-mobil lain seperti Leaf generasi kedua, Nissan Terra di Indonesia dan mengerjakan rancang bangun mobil listrik, mereka masih ingat kalau ada Fairlady Z. Wakil Presiden Senior Desain Global Nissan, Alfonso Albaisa bilang kepada WhichCar kalau “Zetto” generasi terbaru sudah ada di tahap perancangan. Yes!

Dinamika kehadiran Nissan Fairlady Z generasi terbaru sendiri memberikan tekanan berat di pundak orang yang juga membeberkan bocoran penerus Nissan GT-R ini. Pernyataan Albaisa ini merupakan kata-kata resmi pertama yang keluar dari pihak Nissan soal kelanjutan Fairlady Z. Saat ditanya apa saja yang digodok di Fairlady Z baru, ia hanya bilang,”Fairlady Z ya… Aduh ya Tuhan. Tekanannya besar sekali. Bayangkan betapa senangnya saya saat mengerjakan tugas ini.”

Buat yang ragu dengan hasil kerja Albaisa, sebaiknya usir keraguanmu jauh-jauh. Pria ini adalah dalang di balik bentuk cantik nan klasik konsep Infiniti Prototype 9 dan Infiniti Q Inspiration yang futuristik. Jelas sekali kalau orang ini tahu betul cara mendesain sebuah mobil, apalagi mobil sekaliber Nissan Fairlady Z. Oh ya, “tekanan” yang dimaksud Albaisa adalah ekspektasi besar dari dua belah pihak, pertama dari Nissannya sendiri dan kedua dari enthusiast driver di seluruh dunia.

Untungnya, Albaisa sadar kalau Nissan Fairlady Z bukan sembarang mobil, tapi sudah menjelma jadi sebuah ikon.“Demokratisasi mobil sport, 240Z, tak terlupakan,” katanya.”Bahkan di zaman modern … 300ZX tahun 1989, kesederhanaan ala Jepang ini sangat mengesankan.” Sayangnya, Albaisa tidak bilang kapan mobilnya siap dipamerkan, tapi sumber yang sama memprediksi sebuah konsep atau prototype akan muncul di Tokyo Motor Show 2019, bertepatan dengan ulang tahun ke-50 dari Nissan Fairlady 240Z yang memulai perjalanan keluarga Nissan Z.

Beberapa laporan yang bersifat rumor mengatakan kalau Nissan Fairlady Z terbaru bisa saja memakai mesin V6 twin turbo dari Infiniti Q50 dan Q60, di mana kisaran tenaganya ada di angka 400 hp-an. Lebih besar jauh daripada Nissan 370Z reguler yang sekarang bertenaga 324 hp. Laporan lainnya adalah Nissan Fairlady Z Nismo siap meroket juga dengan mesin 475 hp plus AWD. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: