Nissan Altima 2019 Hadir dengan Mesin Turbo dan AWD

Nissan Altima 2019 Hadir dengan Mesin Turbo dan AWD
0  komentar

AutonetMagz.com – New York International Auto Show (NYIAS) 2018 kembali menjadi ajang yang dimanfaatkan oleh para pabrikan mobil untuk menelurkan mobil terbaru mereka. Dan setelah kami membahas kehadiran dari mazda CX-3 minor change, dan Toyota RAV4 2019, maka kini giliran dari Nissan yang memperkenalkan versi terbaru dari mid-size sedan mereka untuk pasar Amerika yaitu Nissan Altima 2019. 

Mungkin beberapa dari kalian tak terlalu akrab dengan sosok dari Nissan Altima, karena dengan ukuran yang kurang lebih sama, mobil yang diposisikan oleh Nissan Indonesia di segmen ini adalah Nissan Teana, pun begitu dengan kebanyakan Nissan di kawasan Asia. Namun pada kenyataanya, Nissan Teana generasi ketiga adalah Nissan Altima. Yap, Nissan Teana L33 adalah produk yang serupa dengan Nissan Altima L33, karena memang kodenya sama, dan hal ini terlihat karena perubahan kode J32 di generasi kedua Nissan Teana menjadi L33 yang merupakan kode dari Nissan Altima generasi kelima. Nah, kali ini kita akan bahas lebih lanjut mengenai generasi keenam dari Nissan Altima yang baru diperkenalkan.

Dilihat dari perawakannya, terlihat bahwa Nissan Altima 2019 tampil lebih modern, keren, dan sporty. Yang jelas – jelas kentara berubah adalah sisi depan, utamanya pada grille V Motion 2.0 khas Nissan yang kini tak nanggung, malahan berbentuk panjang secara vertikal dan menghujam ke sisi bawah bumper, membuat mobil ini menjadi cakep secara instan. Lampu utamanya kini lebih sipit dengan bentuk yang serba tajam, dengan LED DRL di sisi dalam berbentuk bumerang yang mengotak. Tatikan di bonnet sendiri terlihat lebih tegas, walau entah kenapa kami melihat adanya ‘hidung’ ala Datsun di ujung bonnet-nya. Lampu kabut juga hadir dengan housing berwarna gelap yang cakep dengan posisi lampi sign di atasnya.

Pindah ke sisi samping, mobil ini masih enak dipandang dengan velg dan ban yang terlihat proporsional, tarikan garis tegas dari lampu depan ke belakang, serta adanya blackout yang menyambung dari sisi atas window line ke arah belakang, unik. Sisi belakangnya sendiri masih senada dengan sisi depan dengan lampu yang terlihat tegas, dan juga dilabur warna merah, dan kuning. Dua Knalpot terlihat diekspos oleh pihak Nissan, dengan bumper minimalis, namun terlihat sporty dengan diffuser sewarna body dan sedikit aksen cetakan waffle. Mobil ini juga terlihat menggunakan shark fin antenna dan juga ujung pintu bagasinya dibuat sedemikian rupa sehingga bak memiliki duck tail ala ala.

Ubahan yang cukup banyak di sisi depan juga berlanjut di Interiornya, dimana kini Nissan berhasil menerjemahkan konsep modern dan minimalis pada interior dari Nissan Altima 2019 ini. Di sisi salam, yang langsung mencolok adalah layar 8 inci ala iDrive, atau MZD Connect yang memang sedang tren, bahkan mobil China saja menerapkannya. Sistem infotainment ini memuat beberapa fitur seperti NissanConnect SM, Apple CarPlay, an Android Auto. Berikutnya ada setir yang rata di sisi bawah, lalu aksen silver di beberapa bagian, panel kayu di dashboard, dan juga trim interior berwarna cerah serta beberapa bagian berlapis kulit, intinya, secara interior, mobil ini terlihat wah.

Nah, untuk urusan mesin, Nissan Altima 2019 masih akan mempertahankan mesin 2.500cc n/a, namun dengan 80% bagian yang diperbaharui sehingga bertenaga 188 hp dan bertorsi 244 Nm. Mesin ini akan hadir di trim S, SV, dan SL, dan sistem gerak AWD akan hadir pertama kalinya di Nissan Altima versi tahun 2019 ini. Untuk transmisi, Nissan berbaik hati dengan memberikan transmisi otomatis, bukan 8-speed seperti Toyota Camry atau 6-Speed seperti Hyundai Sonata, namun  unlimited-speed, alias CVT. Oiya, varian mesin 3.500cc V6 sudah dipensiunkan, dan digantikan mesin 2.000cc Turbo yang bertenaga 248 hp dengan torsi 370 Nm, mesin ini akan ditawarkan untuk Nissan Altima 2019 trim SR dan Platinum dengan tawaran penggerak roda depan.

Untuk fitur, Nissan Altima 2019 akan diberikan fitur ProPilot Assist System, lalu juga ada Rear Automatic Braking, Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, Rear Automatic Braking, Lane Departure Warning, radar-based Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan High Beam Assist. Mobil ini sendiri akan hadir pula dalam edisi khusus yaitu varian Platinum VC-Turbo dan akan ditawarkan terbatas pada awal musim panas ini. Bagaimana menurut kalian kawan? Yuk berkomentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: