Toyota Rumion : Rebadged Ertiga Yang Dijual di Afrika Selatan

Toyota Rumion : Rebadged Ertiga Yang Dijual di Afrika Selatan
0  komentar

Autonetmagz.com – Toyota Rumion, merupakan MPV tujuh tempat duduk yang baru saja diumumkan untuk Afrika Selatan. Ini pada dasarnya adalah versi rebadged dari Maruti Suzuki Ertiga yang dijual di India. Toyota Rumion merupakan model ketiga Toyota berbasis Maruti Suzuki yang akan di-rebadged setelah Toyota Glanza (Suzuki Baleno) dan Toyota Urban Cruiser (Suzuki Vitara Brezza). Keempat, adalah Toyota Belta yang berbasis Suzuki Ciaz yang juga rencananya akan dirilis di India dalam waktu dekat ini. Rumion sendiri merupakan nama yang pernah digunakan Toyota untuk salah satu line-up JDMnya, yang sama dengan Scion xB di pasar USDM.

Hampir Tidak Ada Perubahan

Tidak ada perubahan di sektor dapur pacu yang dilakukan, sehingga MPV ini ditenagai oleh mesin bensin empat silinder 1.5 liter naturally-aspirated yang sama dengan Suzuki Ertiga, yang menghasilkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Tersedia pilihan transmisi manual lima kecepatan atau otomatis empat kecepatan, yang mengirimkan tenaganya penggerak ke roda depan. Tidak ada perubahan desain yang signifikan juga. Selain emblem Toyota dan gril, sementara bagian lainnya sama dengan Ertiga generasi kedua. Perbedaannya lagi tampak pada finishing pelek dengan warna abu-abu yang lebih gelap, namun desain peleknya tetap sama.

Sejauh ini, jika diperhatikan foto interiornya yang dipublikasikan, terlihat tidak ada perubahan kecuali untuk emblem Toyota di tengah setir. Segala printilan interiornya sama seperti yang ada di Suzuki Ertiga, termasuk roda kemudi dengan desain flat-bottom, instrumen analog dan head-unit dengan layar sentuh. Dari segi dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.740 mm. Ruang bagasinya memiliki kapasitas 153 liter jika jok baris ketiga digunakan, 550 liter jika kursi baris ketiga dilipat, dan 803 liter (naik 68 liter) jika kursi baris kedua juga dilipat.

Perbedaan Fitur dan Harga

Secara umum fitur keselamatan pada Toyota Rumion tidak berbeda dengan Suzuki Ertiga. Toyota Rumion telah dilengkapi dual airbags, kamera mundur, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan sensor parkir belakang. Hanya saja peranti keselamatan Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) belum disematkan pada Toyota Rumion. Toyota Rumion memiliki tiga varian, mulai tipe S sebagai entry level, lalu SX sebagai model mid-range dan TX sebagai varian flagship. Toyota Afrika Selatan membanderol Rumion mulai dari 245.600 rand atau setara Rp 233,1 juta untuk varian S MT hingga 317.200 rand hingga Rp 301,1 juta untuk varian TX AT.

Padahal, di Afrika Selatan sendiri Toyota juga memasarkan Toyota Avanza. Mengapa mereka menambah line-up lagi yang jelas-jelas berada di kelas yang sama? apakah segmennya tidak saling memakan? apalagi range harganya juga mirip jika kita melihat dari New Car Deals. Sepertinya karena Avanza disana juga tersedia dalam varian panel van sehingga menurunkan citranya sebagai mobil keluarga. Toyota Avanza sendiri tidak dipasarkan di India, sehingga wajar bila menggunakan versi rebadged dari Suzuki Ertiga. Di pasar Afsel juga tidak dipasarkan Toyota Yaris, sehingga sah-sah saja jika Toyota Glanza mengisi lini produk yang kosong tersebut.

Ini berarti pasar Afrika Selatan sudah pasti tidak mendapatkan Toyota Avanza generasi terbaru yang katanya akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: