NETA Resmikan Pabrik di Thailand, Produksi 20 Ribu Unit!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
NETA Resmikan Pabrik di Thailand, Produksi 20 Ribu Unit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa waktu terakhir, NETA memang cukup serius menggarap pasar internasional. Dan Asia Tenggara menjadi salah satu tujuan utama mereka, termasuk di Thailand dan Indonesia. Bedanya, NETA telah lebih dahulu menjual produk mereka di Thailand. Pun begitu dengan perkara pabrik, dimana pabrik NETA di Thailand telah lebih dahulu beroperasi per tanggal 30 November 2023 kemarin. Yuk kita lihat seperti apa pabrik NETA di Thailand ini. Cekidot.

Pabrik NETA di Bangkok Resmi Beroperasi

Jadi, pabrik NETA di Thailand berlokasi di Khan Na Yao District, Bangkok yang merupakan kerjasama antara NETA dengan Bangchan General Assembly. Jadi, konsep pabrik NETA di Thailand dan Indonesia cukup identik, dimana mereka menggandeng mitra assembly lokal yang telah settle. FYI, di Indonesia, NETA Auto Indonesia bekerja sama dengan PT HIM (Handal Indonesia Motor) untuk merakit lokal mobil mereka awal tahun depan. Sebenarnya, timeline produksi lokal NETA di Thailand dan Indonesia juga sama, yaitu di awal tahun 2024. Hanya saja, NETA Thailand tiba-tiba mempercepat launch pabrik dan memulai proses produksi sebelum akhir tahun 2023 ini.

Lantas, produk apa yang akan dirakit lokal oleh NETA di pabrik mereka ini? Ada 1 produk yang kini telah terkonfirmasi. Mereka akan memproduksi Neta Aya alias Neta V versi kedua per tanggal 30 Januari 2024 mendatang. Pabrik ini akan berfokus untuk memproduksi mobil NETA dengan konfigurasi setir kanan yang per tahunnya mampu menghasilkan 20.000 unit. FYI, di Thailand, NETA berhasil membukukan 10.565 unit yang terjual selama 10 bulan pertama tahun 2023 ini. Angka yang terbilang impresif untuk sebuah brand EV Only yang masih baru. Tahun ini, NETA menetapkan target penjualan mereka di angka 13 ribu unit.

Target Penjualan 100 Ribu Unit Global

Nah, jika kalian lihat kapasitas produksi dan juga target tahunan NETA, maka ada sisa sekitar 7 ribu unit jikalau utilitas produksi bisa maksimal. Dan sisa angka tersebut ditengarai akan digunakan untuk ekspor ke beberapa negara lain di kawasan Asia Tenggara. Ke Indonesia juga? Bisa jadi jikalau ada model yang memang tidak dirakit lokal di Indonesia. Namun ingat, masih ada beberapa negara lain bersetir kanan yang mana NETA belum memiliki pabrik atau rencana pabrik seperti Thailand dan Indonesia. Pabrik NETA di Thailand ini juga akan menjadi salah satu realisasi target mereka yang ingin menjual 100 ribu unit mobil secara global di 50 negara.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: