Intip Peluang Hyundai Custo : Rival Masuk Akal Innova Zenix?

by  in  Berita & Hyundai & Merek Mobil
Intip Peluang Hyundai Custo : Rival Masuk Akal  Innova Zenix?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di segmen medium MPV di Indonesia, nama Toyota Kijang Innova Zenix kini melenggang tanpa lawan yang berarti. Sebenarnya, sempat ada penantang serius dari kubu China lewat Wuling Cortez, namun nyatanya tetap tak menggeser dominasi Innova. Lantas, bagaimana dengan Hyundai? Merk asal Korsel ini memang dari awal ingin menyaingi dominasi dari Toyota di Indonesia lewat sejumlah produk mereka. Namun, sampai detik ini, mereka belum berani menyentuh segmen yang dihuni oleh Toyota Kijang Innova Zenix.

Harus Ada Penantang Innova Zenix

Sebenarnya, kalau kita flashback ke masa lalu, Hyundai sempat punya MPV Medium yang cukup dikenal di Indonesia. Yap, nama mobil tersebut adalah Hyundai Trajet. Sayangnya, mobil tersebut tak ada penerusnya saat ini. Dan kami pun mencoba melihat peluang dengan mengintip model medium MPV yang dijual Hyundai di beberapa negara lain. Pertama, kami lihat ke Korsel, dan di segmen MPV hanya ada Hyundai Staria saja. Lantas, kami pun iseng dan googlingHyundai Medium MPV”, dan hasilnya adalah Hyundai Custo a.k.a Hyundai Custin. Jadi, sebenarnya kami telah beberapa kali membahas MPV ini di tahun 2021 silam. Kala itu, Hyundai Custo muncul pertama kali di China dan disusul Vietnam.

Namun, kala itu kami merasa bahwa peluang Hyundai Custo untuk menuju ke Indonesia cukup kecil. Apalagi, Hyundai Custo merupakan produk yang dikembangkan di China yang menggunakan format setir kiri. Agaknya susah berharap Hyundai Indonesia untuk mengembangkan Hyundai Custo versi setir kanan. Apalagi, peforma penjualan Hyundai di Indonesia masih belum sesuai dengan harapan yang dicanangkan di awal, padahal sudah ada 2 produk volume maker yang dikeluarkan. Walaupun begitu, sayup-sayup kami mendengar bahwa sebenarnya nama Hyundai Custo sempat ditawarkan ke pihak Indonesia dan sesuai dugaan, tidak disetujui.

Peluang Hyundai Custo ke Indonesia?

Lantas, untuk apa kami membahas peluang Hyundai Custo ke Indonesia? Alasannya sederhana, karena kini Hyundai Indonesia dipimpin oleh figur baru. Dengan hadirnya Bapak Fransiscus Soerjopranoto yang notabene background-nya cukup mentereng dari brand rival terberat Hyundai, maka bisa jadi strategi marketing dan produk akan berubah. Dan kami menaruh harapan bahwa Hyundai bisa bersaing dengan Toyota di segmen Medium MPV. Tidak mudah memang, namun bisa memberikan opsi bagi konsumen yang kini bisa dibilang tak banyak pilihan di segmen ini. Hyundai Custo sendiri diproduksi oleh Beijing Hyundai sejak akhir 2021 silam.

MPV ini memiliki dimensi panjang 4,9 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,7 meter serta wheelbase 3 meter. Sebenarnya, ini bukan domain dari Toyota Innova Zenix yang hanya 4,7 meter. Apalagi Hyundai Custo punya pintu baris kedua model sliding doors. Walaupun begitu, jikalau Hyundai bisa memasarkan Custo dengan harga yang bersaing, maka bukan tidak mungkin pasar Innova Zenix akan terkikis. Hyundai Custo menggunakan mesin 1.500cc turbo dengan tenaga 170 hp dan torsi 253 Nm. Ada juga opsi mesin 2.000cc turbo dengan tenaga 236 hp dan torsi 353 Nm. Seluruh opsi mesin menggunakan transmisi 8 percepatan otomatis yang menggerakkan roda depan.

Nah, poin pentingnya, harga Hyundai Custo di China mencapai 370 jutaan Rupiah. Sebagai perbandingan, Hyundai Custin di Vietnam dibanderol mulai 543 jutaan Rupiah. Hmm, masih domain harga Toyota Innova Zenix kan? Jadi, bagaimana menurut kalian? Kita tunggu kejutannya tahun depan.

Read Prev:
Read Next: