Vinfast Daftarkan Paten VF 3 EV di DJKI Kemenkumham!

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
Vinfast Daftarkan Paten VF 3 EV di DJKI Kemenkumham!
0  komentar

AutonetMagz.com – Isu mengenai masuknya Vinfast ke Indonesia memang sudah beredar sejak beberapa waktu silam, dan bukti demi bukti mengenai isu ini makin menguat. Salah satunya adalah pendaftaran paten desain industri yang baru dirilis oleh DJKI Kemenkumham 2 hari lalu yang ternyata memuat desain dari mobil Vinfast VF 3 EV. Lantas, seperti apa detailnya? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Produk Pertama Vinfast di Indonesia?

Jadi, kami menemukan bahwa ada paten desain yang didaftarkan oleh Vinfast dalam dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 64/DI/2023. Permohonan dengan nomor A00202305374 ini didaftarkan oleh Vinfast Trading and Production Joint Stock Company pada tanggal 22 November 2023 kemarin. Nah, dalam dokumen tidak disebutkan mobil apa yang didaftarkan desainnya, karena judul desain tersebut hanya bertuliskan “Otomobil”. Namun, kami bisa dengan mudah mengenali bahwa desain tersebut mengacu pada sosok Vinfast VF 3 EV. FYI, Vinfast VF 3 EV sendiri belum dijual resmi di Vietnam, namun mobil ini sudah dibuka prebook-nya sejak bulan September silam.

Secara bentuk, Vinfast VF 3 EV tampil sebagai micro car dengan desain yang mengotak dan sekilas mengingatkan kami pada desain Suzuki Jimny. Lampu depannya pun nampak terinspirasi dari SUV kecil Suzuki itu. Dengan kap mengotak dan tinggi, pilar A cukup tegak, body cladding di sekitar fender yang terlihat bulky dan buritan yang desainnya juga mengotak. Lihat saja bumper depan dan belakangnya yang didominasi warna plastik hitam yang menyiratkan kesan gagah. Bahkan spionnya juga dibuat kotak dan proporsinya agak tinggi. Dan terakhir, Vinfast VF 3 EV menggunakan tap warna hitam, shark fin antenna, dan juga velg 16 inch dengan warna hitam pula.

Mobil Nasional Vietnam?

Mobil ini diklaim didesain khusus untuk pasar Vietnam. Dan nampaknya, juga pasar Asia Tenggara karena paten desain ini pun didaftarkan di Indonesia. Vinfast VF 3 EV memiliki panjang 3.114mm yang artinya sedikit lebih panjang daripada Wuling Air EV. Namun, Vinfast mengklaim bahwa mobil ini mampu mengakomodasi hingga 5 orang. Vinfast VF 3 EV sendiri baru akan diproduksi dan dikirim ke konsumen di Vietnam pada kuartal ke 3 tahun 2024 mendatang. Dan Vinfast cukup percaya diri menyatakan bahwa Vinfast VF 3 EV bisa jadi mobil nasional baru bagi publik Vietnam. Menarik jika memang nantinya Vinfast VF 3 EV bisa diboyong ke Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: