Mulai Januari 2023, Di Norwegia Hyundai Hanya Akan Menjual EV

by  in  Berita & Hyundai & International
Mulai Januari 2023, Di Norwegia Hyundai Hanya Akan Menjual EV
0  komentar

AutonetMagz.com – Hyundai mengumumkan bahwa mereka hanya akan mejual mobil full-electric di pasar Norwegia mulai 1 Januari 2023. Hal ini menjadikan Norwegia sebagai pasar pertama di dunia dimana Hyundai hanya menjual EV saja. Dalam beberapa tahun terakhir, EV menyumbang lebih dari 90% penjualan Hyundai di Norwegia, membuat transisi lebih mudah daripada kedengarannya.

EV Jauh Lebih Dominan

Langkah yang cukup berani ini ditempuh oleh salah satu merek otomotif terlaris di Norwegia. Dilihat dari nagka penjualannya saja ini sudah bisa diprediksi. Lebih khusus lagi, antara tahun 2020 dan 2022 Hyundai menjual 25.000 mobil di Norwegia, dengan 92% yang merupakan mobil full-electric. Persentase ini mengejutkan karena satu-satunya EV murni yang ditawarkan oleh Hyundai hingga saat ini adalah Hyundai Ioniq dan Kona Electric. Kedua model tersebut terbukti menjadi yang paling populer di pasar Norwegia.

Sejak 2020, Hyundai berkomitmen untuk hanya menjual EV dan PHEV di Norwegia dan menghentikan produk bermesin konvensional lainnya dari wilayah tersebut. Sekarang Hyundai mengambil langkah lebih jauh dengan mennghentikan penjualan dari varian plug-in hybrid dari Tucson dan Santa Fe. Hyundai tidak mengklarifikasi apakah Hyundai Nexo yang berbahan bakar hidrogen akan tetap dijual, karena model tersebut merupakan zero emission dengan motor listrik.

Sedikit Flashback

Hyundai mulai menjual EV pada tahun 2016 dengan Hyundai Ioniq, diikuti oleh Kona Electric pada tahun 2018 dan Ioniq 5 pada tahun 2021. Beberapa bulan yang lalu Hyundai meluncurkan Ioniq 6 yang diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan EV-nya lebih jauh sebagaimana dibuktikan oleh banyaknya pre-order di pasar Eropa. 2.500 unit Edisi Pertama Hyundai Ioniq 6 yang tersedia bulan lalu di Jerman, Inggris, Prancis, Norwegia, dan Belanda yang terjual habis dalam waktu kurang dari 24 jam.

Hyundai akan segera meluncurkan generasi baru Kona Electric yang baru-baru ini diprediksikan. Lebih banyak EV termasuk SUV Ioniq 7 diharapkan untuk debut dalam waktu dekat memperluas jangkauan Hyundai dan mencakup segmen yang lebih populer.

Read Prev:
Read Next: