Mulai 2017, FCA Hanya Memproduksi SUV dan MPV Di AS

by  in Chrysler&Dodge&Fiat
Mulai 2017, FCA Hanya Memproduksi SUV dan MPV Di AS
0  komentar

AutonetMagz.com – Oke ini keputusan yang super pahit bagi saya, saya sendiri tahu bila Fiat Chrysler Automobile sejak kepemimpinan Sergio Marchionne selalu mengambil keputusan yang kontroversial. Meski begitu strategi yang dipilih dia memang terkadang masuk akal, namun untuk yang satu ini sepertinya akan membuat para fans Chrysler berubah pandangan terhadapnya.

Baru-baru ini FCA mengumumkan akan menyuntik mati pelan pelan kedua line up compact sedan mereka, Chrysler 200 dan Dodge Dart. Alasannya tentu saja simpel, kedua model ini tidak terlalu diminati oleh pasar Amerika Serikat. Tapi rupanya ini justru salah satu bagian dari planning keseluruhan tersebut, mulai tahun 2017 mereka hanya akan menjual Jeep dan RAM di Amerika Serikat. Semua line up akan ditebas kecuali Dodge Durango yang berbagi sasis dengan Jeep Grand Cherokee.

chrysler 200 sedan

Pengumuman yang mengejutkan ini adalah bagian dari strategi oleh CEO FCA Sergio Marchionne untuk meningkatkan margin keuntungan agar seimbang dengan kompetitor. Rencana ini sejalan dengan pertumbuhan penjualan yang signifikan pada kelas SUV di pasar Amerika Serikat. Minat SUV bertumbuh di negeri Paman Sam dikarenakan SUV kini lebih hemat BBM, dan lebih murah karena produksi dilakukan di Meksiko.

“Seiring berjalannya waktu sampai saat ini, harapan saya kedepan semua aset produksi kami di Amerika Serikat – kecuali yang berada di Kanada dan Meksiko – semua pabrik di AS akan memproduksi Jeep dan RAM saja,” jelas Marchionne. “Saya rasa pekerjaan rumah terbesar kami adalah memperkecil kesenjangan margin dengan kompetitor kami. Hal ini membutuhkan perbaikan permanen di dalam tubuh FCA, kami akan mulai menjalankan rencana ini di awal 2017.”

dodge viper acr

Berbeda jauh dengan Chrysler 200 dan Dodge Dart, untuk penjualan line up Jeep dan RAM bisa dibilang bertumbuh dengan baik. Selain itu seiring dengan rencana tersebut, produksi Jeep Compass dan Jeep Patriot akan dipindah ke Meksiko. Hal yang cukup berat tentu saja masalah line up muscle car FCA apakah akan berlanjut kedepannya? Melihat penjualan dari Dodge Viper pun terlampau rendah oleh FCA dan segera disuntik mati tahun depan. Bagaimana menurut anda?

Read Prev:
Read Next: