Mobil Terbang Bukan Lagi Sebatas Mimpi!

by  in  Berita & International
0  komentar

AutonetMagz.com – Ingat film Back to the Future 2 atau Elysium yang menampilkan adegan dimana mobil-mobil memiliki kemampuan untuk terbang atau mengapung di atas permukaan tanah? Pasti anda juga pernah kan membayangkan sewaktu kecil, di masa depan nanti mobil tidak memiliki ban sama sekali dan terbang melewati gedung-gedung pencakar langit. Sekarang, impian anda mengendarai mobil terbang bukan hanya sebatas imajinasi lagi.

Dengan kehadiran perusahaan Belanda yang bernama Pal-V di dunia otomotif dan juga penerbangan, mereka mewujudkan mimpi banyak orang yang ingin merasakan sensasi dari menyetir sebuah ‘helikopter’ di jalanan secara legal. Maka dari itu, Pal-V Liberty pun tercipta.

Melakukan tes di tahun 2012, Liberty sukses demonstrasikan karyanya di depan publik. Karena kesuksesannya tersebut, saat ini ‘mobil-helikopter’ (MobTer) tersebut sudah masuk dalam tahap pre-order dan menjadi mobil terbang pertama yang dijual secara komersil di seluruh dunia.

Robert Dingemanse selaku CEO dari Pal-V menyatakan, “Setelah bekerja keras selama beberapa tahun, melawan tantangan teknis beserta kualifikasinya, tim kami sukses membangun sebuah mobil terbang yang inovatif digabung dengan sistem keamanan standar yang diperhitungkan oleh regulasi bodi sebuah mobil”.

Saat berada di permukaan bumi, kendaraan ini berbentuk sebuah mobil beroda tiga yang di atapnya terdapat baling-baling helikopter yang terlipat sedemikian rupa hingga tidak mempengaruhi lebar mobilnya sama sekali. Namun setelah mengudara di atas permukaan tanah, MopTer berubah menjadi sebuah girokopter yang sangat stylish. Wah jadi bajai elit terbang nih. Sayang hanya muat untuk 2 orang saja.

Bajai terbang, maksud saya MobTer ini, membutuhkan waktu selama 10 menit untuk berubah dari mobil hingga menjadi girokopter seutuhnya. Memiliki batas kecepatan hingga mencapai 160km/h dengan jarak tempuh sebesar 1.388,9 km (full tank) dalam bentuk mobil dan 180km/h dalam bentuk girokopter yang memiliki jarak tempuh sebesar 527 km (full tank), membuat transportasi inovatif ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Ditambah lagi dengan output mesin mobilnya yang mengeluarkan tenaga sebesar 100hp dan akselerasinya dari 0-100km/h yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 9 detik saja. Untuk mesin girokopternya, 200hp dikeluarkan untuk mengangkat MobTer seberat 664 kg ini.

Namun jika ingin memilikinya, Pal-V Liberty benar-benar menguras kering isi dompet anda. Dijual dalam 2 varian berbeda yaitu “Sport” yang harganya mencapai $ 400,000, dan “Pioneer” yang dijual dengan tambahan fitur seperti power heating, instrumen penerbangan elektrik, dan detailing spesial dengan harga yang fantastis, yaitu $ 600,000.

Bagaimana para petrolheads? Tertarik memiliki bajai, maksud saya Pal-V Liberty ini?

Read Prev:
Read Next: