Mobil Listrik VW Akan Lebih Ramah Kocek, Punya 3 Varian Baterai

by  in International&VW
Mobil Listrik VW Akan Lebih Ramah Kocek, Punya 3 Varian Baterai
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah ditampar keras oleh skandal dieselgate, Volkswagen sekarang sedang getol membuat dan meneliti mobil-mobil bertenaga listrik sebagai “penebus dosa”. Konsep-konsep yang sudah ditelurkan termasuk VW ID Buzz, minibus listrik yang mirip VW Kombi hingga mobil balap VW ID R yang sudah melesat di Pikes Peak dan Goodwood. Meski bukan pionir mobil listrik dan terhitung telat datang, VW ingin memastikan mereka tidak ketinggalan zaman.

Karena mobil konsep ini adalah mobil listrik, maka kita berbicara soal baterai yang menjadi sumber dayanya. Menurut Head of Product Line untuk E-Mobility VW, Christian Senger, VW berusaha untuk membuat mobil listrik yang terjangkau untuk kebanyakan konsumen, seperti apa yang Tesla tawarkan dengan Tesla Model 3. Seberapa terjangkau? Angka kasar yang diharapkan adalah $30.000 atau sekitar 447,5 juta Rupiah. Masih lumayan oke, kalau boleh jujur.

Berkaitan dengan strategi spesifikasi, VW ingin menawarkan tiga varian baterai yang memiliki kapasitas berbeda-beda. Sebenarnya untuk sementara ini, mobil VW ID ini diberi sebutan Neo. Ya, nama Volkswagen Neo ini bakalan jadi mobil pertama di armada Volkswagen ID. “Kami akan memiliki tiga varian yang berbeda dari ID hatchback ini, untuk konsumen yang memiliki budget berbeda-beda. Mobil entry-level ini akan memiliki kisaran jarak tempuh dengan standar WLTP 330 km, dan memiliki performa yang lebih terbatas,” katanya.

Ya, mobil konsep yang bakal jadi pionir mobil listrik berbendera VW adalah sebuah hatchback. Tentunya, jika ingin varian yang bisa lari lebih kencang, maka semakin besar pula kapasitas baterai yang kalian butuhkan – simple. Model entry-level diharapkan bisa mengemas baterai 49 kWh yang mengesankan. Senger sendiri mengungkapkan kalau model mid-range-nya akan bisa melaju sejauh 450 km.

Kalau dengan ukuran segitu, sepertinya dengan model baterai dengan kapasitas paling besar harusnya bisa menempuh jarak sejauh 600 km, namun itu kan masih perkiraan. Bila benar, maka bisa memberikan klan ID pertama ini banyak keunggulan dari rivalnya, Nissan dan Tesla. Buat tenaganya sendiri, VW ID memiliki 168 hp yang sanggup berlari dari 0-100 km/h dalam waktu kurang dari 8 detik.

Di luar soal spesifikasi baterai yang sangat diantisipasi, hatchback VW ID ini juga akan menjadi permanently online vehivcle pertama bagi VW. Pelanggan nantinya bisa melakukan update over-the-air. Wow! Keren sih ini, macam Tesla Model S dan Model X saja ya. Gebrakan yang cukup mengesankan dari VW menurut kami. Sepertinya VW sudah kena kompor oleh Tesla, sehingga mereka nggak mau kalah dengan kemajuan teknologi otomotif.

Semua mobil ini nantinya akan diproduksi di pabrik Zwickau-nya VW. Awalnya, mereka berencana untuk membuat 1.500 unit per harinya, dan akan terus meningkatkan produksi sampai pabrik mencapai kapasitas penuh pada 2021. FYI, I.D. ini mengusung tema ramah lingkungan. Sekarang tinggal menunggu kapan VW Beetle listrik lahir kembali.

Read Prev:
Read Next: