Setruman Godzilla : Nissan GT-R Baru Bakal Pakai Hybrid?

Setruman Godzilla : Nissan GT-R Baru Bakal Pakai Hybrid?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dibekali jantung gahar berkode VR38DETT twin turbo V6 berkapasitas 3.800 cc, mampu menghantam sekitar 560 hp dengan akselerasi 0-100 km/h dalam 2,9 detik, Nissan GT-R R35 tentu diminati para speed junkie jalanan dari seluruh belahan bumi. Namun, mobil dengan julukan ‘Godzilla’ ini sudah tergolong tua untuk ukuran mobil super meski bentuk badannya masih seksi. Kalau diingat-ingat, sekitar 13 tahun lalu mobil ini muncul pertama kali di Tokyo Motor Show 2007.

Selama 13 tahun wara-wiri untuk unjuk gigi ke supercar lain yang harganya jauh lebih mahal, Nissan terus memperbarui GT-R meski hanya sebatas ubahan minor, bukan ganti model. Terakhir, Nissan meluncurkan Nissan GT-R50 besutan Italdesign yang sengaja dihadirkan untuk merayakan ulang tahun ke-50 dari sang Godzilla. Seiring dengan angka umurnya, mobil ini hanya diproduksi 50 unit dengan banderol harga hingga 1 juta US Dollar atau sekitar 14,5 Miliar Rupiah dengan desain interior sesuai request para pembeli alias bespoke.

Sempat beredar kabar bahwa Nissan GT-R terbaru alias R36 akan mengambil inspirasi dari mobil konsep Nissan 2020 Vision Gran Turismo, dan kabar lain adalah Nissan akan mempertahankan cara lama untuk meraih tenaga beringas bak monster, yakni mesin turbo plus AWD tanpa bantuan tenaga listrik dan bobot yang berat. Nah, nampaknya ada sedikit perubahan di kepala Nissan, sebab muncul desas-desus bahwa Godzilla akan menjadi mobil super dengan tenaga hybrid.

Kabar ini sangat bertentangan dengan rumor yang ada tahun lalu, tapi jika mempertimbangkan kondisi Nissan sekarang, tak heran jika Nissan harus amat sangat berhati-hati dengan keputusan yang mereka ambil. Menyoal teknologi hybrid-nya, nampaknya kita tak usah gusar karena Nissan bukan anak kemarin sore soal mobil hybrid, apalagi mobil listrik. Nissan X-Trail hybrid dan Nissan Leaf adalah bukti nyatanya.

Memang pada saat ini, mobil performa tinggi bukan fokus utama Nissan, tapi mobil seperti GT-R diperlukan untuk menggambarkan ujung tombak Nissan. Laporan lain mengatakan bahwa bentuk GT-R R35 akan bertahan hingga tahun 2027. Bagaimana menurut kalian? Apakah sosok Nissan GT-R R36 akan meneruskan generasi kesuksesan seperti para seniornya dengan versi hybrid terbarunya yang barangkali akan mempunyai bobot lebih berat? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: