Mobil Listrik Ini Pakai Tenaga dari Kotoran Manusia!

Mobil Listrik Ini Pakai Tenaga dari Kotoran Manusia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Berbeda dengan mobil bensin dan diesel yang membakar BBM sehingga mengeluarkan asap, mobil listrik tidak mengeluarkan asap sama sekali. Hal tersebut benar, namun buat yang masih skeptis dengan mobil listrik akan menunjuk sumber pembangkit listrik sebagai pembuat polusi. Tidak salah, soalnya beberapa pembangkit listrik ada yang pakai batu bara, minyak dan lain-lain. Asap juga kan ujung-ujungnya?

Tentu saja banyak sumber tenaga lain untuk menghasilkan energi listrik. Bisa gas bumi, bisa nuklir, tapi ya banyak hal yang harus diperdebatkan, termasuk kepentingan-kepentingan yang berputar di pasar energi. Namun bagaimana kalau ternyata kita bisa mengisi daya mobil listrik dengan tenaga dari toilet? Sekilas seperti ide bodoh dan jorok, namun ternyata ada perusahaan di Australia yang mengisi baterai mobil listrik dengan sumber tenaga dari – maaf – kotoran manusia!

Jarak Tempuhnya Berapa?

Adalah Urban Utility (UU), perusahaan asal Queensland, Australia yang bereksperimen mengubah kotoran manusia jadi tenaga listrik. Sebelumnya, mereka sudah pernah menguji coba di mobil listrik Mitsubishi, tapi sekarang percobaan kedua mereka mengandalkan Hyundai Kona Electric. Proyek ini dinamai “Number Two”, tapi bagaimana caranya? Yaa… Hal pertama tentu saja harus mengumpulkan kotoran manusia sebanyak mungkin. Kedengaran gampang tapi tak semua orang mau.

Kotoran yang dikumpulkan lalu diolah di pabrik milik UU. Melalui proses yang tidak mereka beberkan, kotoran berubah jadi tenaga listrik. Nah, listrik yang dihasilkan bisa untuk macam-macam, termasuk mengisi baterai mobil listrik. Menurut juru bicara UU, kotoran yang dihasilkan seseorang per hari bisa untuk menjalankan mobil sejauh 450 meter. Sedikit? Memang, tapi ingat, semua orang di dunia pasti buang kotoran. Jika kita bisa mengumpulkan kotoran 1.000 orang, baru bisa jalan kira-kira 450 km.

Hemat 18 Miliar Rupiah!

Menurut juru bicara UU lagi, saat ini mereka belum berniat jualan energi listrik dari kotoran. Sekarang, fokus mereka adalah menegaskan kalah hal yang jorok dan dianggap sampah ternyata bisa berguna juga untuk kehidupan sehari-hari. Kalau mau bicara angka, energi dari kotoran manusia ini diklaim juga bisa menghemat energi senilai 1,3 juta dollar AS atau setara 18 Miliar Rupiah. Lumayan juga bukan kotoran kita?

“Tahun finansial kemarin, kami menghasilkan energi listrik yang ekivalen dengan energi untuk dipasok ke 4.000 rumah sepanjang tahun. Tenaga kotoran tidak hanya bisa bikin mobil listrik kita jalan terus, tapi juga membantu kita mengolah limbah cair kita,” tutup mereka. Bagaimana, ada di Indonesia yang berminat meneliti energi kotoran manusia? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: