United e-Motor T-1800 Dirilis di Surabaya, Mulai 29,5 Jutaan!

United e-Motor T-1800 Dirilis di Surabaya, Mulai 29,5 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, elektrifikasi kini bukan hanya menjadi teknologi yang dinikmati oleh segmen roda 4 atau lebih. Segmen roda 2 yang merupakan penyumbang angka otomotif termasif di Indonesia juga sudah tersentuh oleh elektrifikasi. Nah, di segmen ini ada beberapa pendatang baru yang sejatinya sudah punya nama besar di bidang bisnis yang lain. Salah satunya adalah United yang familiar sebagai produsen sepeda. Kini, United memiliki divisi e-Motor yang menjadi wadah untuk memasarkan motor listrik. Dan motor pertama mereka yaitu United e-Motor T-1800 sudah dirilis resmi di Surabaya. Yuk kita bahas.

Bebas Pajak, Banyak Fitur

Jadi, United yang berada dalam naungan PT Terang Dunia Internusa melalui divisi United E-Series telah resmi bekerja sama dengan PT Integral Motor Indonesia (IMI) sebagai main dealer untuk area Jawa Timur. Per tanggal 29 Mei 2021 kemarin, United e-Motor T-1800 pun resmi dipasarkan di Surabaya dan Jawa Timur. Untuk saat ini, pihak United memiliki sebuah showroom di kawasan Ruko Gateway Sidoarjo, lebih tepatnya di Graha Integral. Dalam waktu dekat ini, pihak IMI juga akan membuka premium outlet yang berlokasi di kawasan Kedungdoro yang notabene sangat strategis di Surabaya. Ada beberapa hal menarik terkait sosok United e-Motor T-1800 ini. Pertama, United e-Motor T-1800 dilepas ke konsumen Surabaya dengan banderol 29,5 jutaan Rupiah, sudah OTR Surabaya. Sebagai sebuah motor listrik, United e-Motor T-1800 akan dilengkapi dengan plat nomor khusus dengan warna hitam dan biru. Yang menarik, United e-Motor T-1800 bebas PKB, jadi tidak ada biaya pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar tiap tahunnya.

Selain itu, Pemerintah Jawa Timur juga memberikan insentif khusus untuk kendaraan listrik berupa potongan BBNKB senilai 90%. Artinya, konsumen United e-Motor T-1800 bisa dikatakan sangat dimudahkan untuk urusan perpajakan. Untuk urusan desain, bisa dikatakan United e-Motor T-1800 tergolong orisinal, kalau dibandingkan rival lain di segmennya. Bentuk United e-Motor T-1800 menjurus ke desain ala maxi scooter, senada dengan skuter gambot yang masih meminum bensin. Lampu depannya sudah LED, dengan bentuk menyipit dan ada LED DRL. Sedangkan bentuk LED bar di sisi belakang tergolong cantik walaupun agak overkill alias terlalu ramai. Motor ini dibekali dengan kaki – kaki berukuran mungil, hanya 12 inci dengan profil 100/70 di depan dan 120/70 di sisi belakang. Oiya, salah satu fitur keren di motor ini adalah aspek pengereman. Rem depannya sudah cakram dengan 4 piston, sedangkan sisi belakang juga cakram dengan 2 piston. Suspensinya model teleskopik di depan, dan dual shock di belakang.

Jalan Sejauh 60 Km, Ada Suara Buatan

Oiya, untuk swing arm motor ini menggunakan bentuk yang terinspirasi dari swing arm banana di moge. Warnanya pun menonjol gengan laburan warna silver. Nah, mungkin kalian kepo, dimanakah letak motor listriknya? Motor listrik United e-Motor T-1800 ada di poros roda belakangnya. Jadi, motor listrik ini terhubung langsung dengan roda, tanpa ada lagi penggunaan belt seperti di sistem CVT. Artinya, United e-Motor T-1800 terbilang minim loss. Oiua motor listrik lansiran BOSCH ini memiliki tenaga 1.800 Watt, sesuai namanya. Torsinya mencapai 27 Nm, setara motor 250cc 1 silinder. Untuk baterai sendiri menggunakan lithium 60V 28Ah yang bisa digunakan sejauh 60 km/jam dengan kecepatan rata – rata 50-60 km/jam. Top speed? mencapai 70 km/jam saat kita menekan tombol race di sisi kanan. Oiya, motor ini juga bisa mundur dengan kecepatan maksimal 3 km/jam dengan menekan tombol khusus di sisi kiri stang. Oiya, United e-Motor T-1800 juga punya speaker stereo yang bisa memutar musik dan menyalakan suara buatan ala motor gede.

Tertarik? Arek – Arek Suroboyo bisa mencobanya dengan melihat langsung di Ruko Gateway Blok A no 01-02 Sidoarjo. Dan dalam waktu dekat ini pihak United juga akan menambah diler di Graha Airi Kedungdoro. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: