Mitsubishi Mulai Jual Mobil Tanpa Spion Tahun Depan!

Mitsubishi Mulai Jual Mobil Tanpa Spion Tahun Depan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu bagian mobil yang vital dan menjadi warning akan kehadiran obyek atau kendaraan lain di sisi belakang adalah Spion. Yap, jauh sebelum merebaknya teknologi seperti sensor mundur alias sendor parkir, kamera parkir dan fitur kekinian seperti blind spot monitoring, spion adalah senjata utama dari pengemudi untuk memantau sisi belakang mobil.

Hingga kini, spion adalah fitur wajib bagi mobil, walaupun kini kinerjanya sudah lebih berkembang dengan bantuk fitur – fitur modern seperti blind spot monitoring, rear cross alert, dan dynamic guide di kamera mundur. Namun nampaknya kedepannya kaca spion akan mulai tereliminasi dan tergantikan dengan komponen lain yang lebih modern. Paling mudah, lihatlah mobil – mobil konsep yang kini sudah menanggalkan kaca spion dan beralih menggunakan kamera dengan layar khusus di dashboard-nya. Dan nampaknya, Mitsubishi mau memulai tran untuk mengeliminasi kaca spion dari mobil produksi mereka.

Yap, pihak Mitsubishi menerapkan kebijakan untuk  mengganti kaca spion dengan kamera di mobil – mobil prototipenya. Jadi, di posisi yang sedianya ditempai kaca spion akan menjadi tempat meletakkan kamera. Namun tentunya penempatan kamera sebagai ganti kaca spion bukan hanya dengan menempatkan kamera biasa saja dan menampilkannya di layar bak kamera parkir. Tentu saja ada teknologi yang lebih canggih daripada sekedar menampilkan citra gambar dari kamera. Mitsubishi sendiri akan menanamkan teknologi kecerdasan buatas alias AI pada sistem yang bekerja sebagai pengganti kaca spion ini.

Kecerdasan buatan ini akan membaca gambar yang ditangkap oleh kamera, dan dapat mendeteksi sejauh 100 meter dari jarak kamera di mobil, Kecerdasan buatan ini akan menentukan, apakah obyek yang ada di jarak 100 meter dari gambar yang ditangkap kamera tersebut adalah pejalan kaki atau kendaraan. Selain itu, sistem ini juga bisa mendeteksi kendaraan apa yang tertangkap di kamera mobil Mitsubishi ini. Sistem bernama Maisart ini sendiri diklaim oleh Mitsubishi memiliki jangkauan yang lebih baik sebanyak 70% lebih jika dibandingkan dengan teknologi serupa yang dimiliki oleh para rivalnya. Pihak Mitsubishi sendiri sudah siap menerapkan mobil mirrorless dengan Maisart ini dalam waktu dekat.

Mengingat regulasi di Eropa dan Jepang yang sudah memperbolehkan mobil tanpa kaca spion, maka Mitsubishi mengklaim bahwa pihaknya menjamin konsumennya sudah bisa mulai mengendarai produk tanpa spion di Jepang pada 2019 mendatang. Kalau di Indonesia bagaimana ya? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: