Mitsubishi L300 : Senjata Andalan Mitsubishi Indonesia di Segmen LCV

Mitsubishi L300 : Senjata Andalan Mitsubishi Indonesia di Segmen LCV
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang tak kenal dengan nama besar Mitsubishi L300 di Indonesia? Kalau kalian asing dengan nama ini, maka mungkin kalian kurang jauh main-nya. Mitsubishi L300 adalah satu satunya produk Mitsubishi di Indonesia yang bertahan selama hingga 4 dekade lamanya. Bukan karena Mitsubishi enggan mengganti produk ini, namun karena peminatnya masih sangat banyak. Lalu, mengapa Mitsubishi L300 bisa sangat diminati oleh pasar, terutama di Indonesia? Mari kita bedah lebih dalam beberapa poin menarik dari mobil ini.

Wholesales Tembus 14 Ribu Unit

Saat ini, Mitsubishi L300 adalah model ketiga terlaris di line up Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mitsubishi L300 hanya kalah dari Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross yang berstatus volume maker serta Mitsubishi Pajero Sport. Sejauh ini, Mitsubishi L300 telah berhasil membukukan 14.910 unit yang terjual secara wholesales mengacu pada data GAIKINDO. Jelas angka yang besar karena berhasil dicapai dalam 7 bulan pertama tahun 2021 ini, plus di tengah kondisi Pandemi COVID-19 yang mencekik industri otomotif. Fakta menarik lainnya, Mitsubishi L300 sejatinya telah berusia 4 dekade di Indonesia, dimana dalam 40 tahun eksistensinya ini, nama Mitsubishi L300 bukannya makin pudar namun makin bersinar. Bahkan, kini Mitsubishi L300 memimpin segmen small pickup secara nasional untuk kategori mesin diesel. Bagaimana bisa sebuah mobil berusia 40 tahun melakukan hal ini?

Jawabannya ada di mesin yang digunakan. Para pengguna Mitsubishi L300 pasti setuju bahwa mesin 4D56 yang digunakan di mobil ini memiliki kemampuan dan durabilitas yang baik. Kasarnya, mesin ini badak banget. Selain itu, perawatan mesin 4D56 ini juga tergolong mudah, dimana hal ini tentunya menjadi concern para pengusaha yang mengharapkan setiap detik dari mobil niaga mereka bisa menghasilkan uang. FYI, bagi para pengusaha, masuknya mobil operasional mereka ke bengkel karena masalah mesin adalah mimpi buruk, karena kondisi tersebut berarti mobil tidak bisa menghasilkan uang. Nah, perawatan yang mudah ditambah mesin yang bisa diandalkan menjadikan pamor Mitsubishi L300 tak lekang oleh jaman. Oiya, dari data wholesales, varian terlaris dari Mitsubishi L300 adalah varian flat bed dengan ukuran cargo bed 2.430mm x 1.600mm x 310mm. Dengan luasan tersebut, Mitsubishi L300 FB diklaim mampu mengangkut beban hingga 1,26 ton.

Fitur Juga Mengikuti Perkembangan Jaman

Walaupun sudah berusia 4 dekade, bukan berarti fitur yang ditawarkan oleh Mitsubishi L300 masih mengikuti standar di tahun 80-an. Pihak MMKSI sendiri telah memberikan update dari tahun ke tahun pada pick up mereka ini. Saat ini, Mitsubishi L300 telah dibekali dengan power steering dan juga head unit di kabinnya. Keduanya tentu membuat mobil ini lebih nyaman untuk dikendarai. Kasarnya, kalaupun owner mobil ini harus mengemudikan mobil ini sendiri, maka mereka tidak perlu kesusahan memutar setir karena bobot yang berat. Selain itu, seperti khasnya mobil niaga, Mitsubishi L300 juga memiliki radius putar yang cukup patah, yaitu 4,4 meter saja. Sejak masa pandemi, penjualan Mitsubishi L300 sendiri banyak terbantu dan juga membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia. Banyaknya PHK membuat masyarakat banting setir untuk membuka usaha sendiri dan memilih Mitsubishi L300 sebagai unit operasional mereka.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Ada pengguna Mitsubishi L300 disini? Yuk share pengalaman kalian.

Read Prev:
Read Next: