Mitsubishi : Kami Tak Akan Buat Sedan Lagi

Mitsubishi : Kami Tak Akan Buat Sedan Lagi
0  komentar
Mitsubishi Lancer EVO-X 2014

AutonetMagz.com – Sebelum ke inti berita, coba sebut sedan-sedan legendaris Mitsubishi yang ada di Indonesia. Cukup mudah dan banyak sebenarnya, ada Lancer GTI, Galant paus, Galant hiu, Galant VR4, Lancer Evolution, Eterna, Dan Gan, dan lain-lain. Sedan Mitsubishi terkenal kencang dan badak, makannya banyak yang mengandalkannya di sejumlah ajang balap seperti reli, drag race, balap retro, dan masih banyak lagi. Beberapa sedan yang kami sebut bahkan sudah jadi barang hobi dan koleksi alias collector’s item, dan harga bekasnya masih mahal.

Sayangnya, ke depannya kita tak akan menemukan bakal-bakal sedan legenda baru dari pabrikan berlogo tiga berlian ini. Tetsuro Aikawa selaku president dan COO Mitsubishi Motors menyatakan kalau mereka tak berencana membuat sedan baru lagi. Mereka akan fokus ke SUV dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

MItsubishi-XR-PHEV-II-Concept

Berita ini diperkuat dengan batalnya kerja sama antara Mitsubishi dan Aliansi Renault-Nissan yang beberapa waktu lalu sepakat untuk membuat sebuah proyek untuk Mitsubishi guna membangkitkan kembali nama Lancer yang legendaris. Sayangnya, rencana ini kandas bahkan sebelum perancangan sedan dimulai.

Sayangnya, untuk beberapa waktu kami tidak berencana membangun sebuah sedan. Selama saya menjabat sebagai presiden Mitsubishi, (mungkin) tak akan ada pengenalan dari generasi baru Lancer, kami akan terus menjual Lancer yang kami punya sekarang,” kata beliau kepada Car Advice Australia.

Lancer yang dimaksud tentu saja Lancer EX yang sampai sekarang masih diproduksi oleh Mitsubishi. Sekedar info, Mitsubishi hanya mengandalkan diskon besar-besaran berikut aksesoris tambahan secara cuma-cuma untuk membuatnya tetap bisa terjual, bisa dibilang kalau penjualannya tertatih-tatih.

Mitsubishi Lancer EX the winner of Anime Festival Asia ID 2014 from Itasha Indonesia

Di Indonesia, memang Lancer EX cukup diwaspadai rivalnya saat baru muncul, mengingat nama Lancer begitu lekat di benak orang Indonesia sebagai sedan tangguh dan kencang, sekalipun bukan versi Evolution. Tapi toh lama-lama akhirnya tenggelam juga karena dilibas pesaingnya yang lebih niat dalam menjaga eksistensinya, seperti Honda Civic, Toyota Corolla Altis dan Ford Focus.

Belum sampai situ, masih ada ide gila Mitsubishi untuk mengubah wujud Lancer Evolution dari sedan menjadi sebuah SUV. Ingat XR-PHEV Evolution Concept di game Gran Turismo 6? Model SUV itulah yang diklaim akan menggantikan Lancer Evo di masa depan. Berita ini menuai reaksi negatif dari banyak pihak, terutama fans Lancer Evolution, tapi Mitsubishi bersikeras melanjutkan rencana perubahan model Evolution yang melegenda ini.

Mitsubishi Lancer Evolution XI

Jika anda tanya pendapat kami, kami sih tidak setuju. Kami lebih suka saat Mitsubishi terkenal dengan sedannya yang punya performa dan keasyikan berkendara di atas rata-rata mobil sekelasnya. Apalagi ide sableng untuk menggantikan Lancer Evolution yang legendaris dengan SUV besar.

Sangat menyedihkan, sebab tahun ini semua pabrikan Jepang berusaha mengembalikan invasi sedan sport yang pernah terjadi di tahun 1990 hingga 2000-an. Nissan masih punya GT-R dan 370Z, Mazda punya MX-5 dan tengah mengembangkan Mazdaspeed 3, Honda sudah punya NSX dan Civic Type R Turbo baru, Toyota punya 86 dan FT-1 untuk meneruskan Toyota Supra , Subaru punya BRZ dan pastinya, WRX STI yang sekarang melenggang sendirian tanpa pesaing abadinya dari Mitsubishi, Lancer Evolution.

Bagaimana menurut anda, setujukah anda dengan kebijakan Mitsubishi ini? Anda lebih suka kalau Mitsubishi fokus di SUV atau ingin Lancer dan Galant kembali lagi? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • LOKI

    ngelembur nih bang hilsat hehe

    • Hillarius Satrio

      iya dong, sleep is for the weak

      *lalu tepar

  • Sebenernya sedih juga om…. Apalagi dlu punya Lancer GTi 1.8 tahun 93… Tapi mau gimana lagi om… Demand mobil sedan emg dikit banget, jadi kurang menguntungkan…

    • Hillarius Satrio

      disitu kadang saya merasa sedih

  • Jgn terfokus lancer2 aja..bikin aja new generation new model new mesin.sedan dgn nama baru.

    klo bikin mobil sport jgn nanggung2..bikin kyk mazda cx5/toyota 86 atau bikin sekakian kyk kelas accord camry

    • Hillarius Satrio

      mazda cx5? mx5 kali maksudnya

      ga semudah itu buat ganti nama Lancer lho… nama ini udah terkenal sedunia, sayang kalo dibuang

      • tonoz

        Ya mksdnya mx 5..mitsubiahi gak punya kan line disitu..atau sedan kyk kelas camry accord..tp ttp ada unsur sporty layaknya lancer

        Ya uyk apa terus mengenang2 lancer..dibilang hidup jg enggak dibilang mati jg nggak jg..ngapain bersedih2 ..move on donk..

        kalau dibilang terkenal itu kan era dulu..era anak skrng mungkin uda gak tau lancer itu mobil apa

  • Itu CEO mitsubishi gila kali ya? Yg bikin mitsubishi terkenal itu kan cuma 2, lancer sama pajero.. begitu lancer ilang, praktis org tau mitsubishi hanya dari pajeronya doang… hrsnya dia bikin lah facelift bwt lancer EX, buktinya dia bikin pajero sport bisa laris jg gara” ada embel” pajerony (pdhl sama pajero asli beda jauh)..

  • evjeth

    Sayang banget… walaupun gw masih generasi 90’an (lahirnya maksudnya) tapi di benak gw sedan mitsubishi itu the best, terkenal dengan mesin badak dan liarnya disertai fun to drivenya… salah satu mobil idaman gw itu Evo VIII MR, dan mobil yg pengen masuk garasi gw itu galant hiu. Sayang sekali Mitsubishi tidak melanjutkan produksi sedannya dan hanya akan menjadi kenangan belaka

  • Sayang banget, buat EX-nya okelah distop tapi evo? Nama evo terlalu besar untuk shut down.

  • Fauzan Akhdan

    CEO mitsubishi nggak mikir ya? Kan bisa kerjasama dengan merk lain selain renault-nissan, kan bisa sama mercedes,ford,dll. Trus kalo lancer dilanjutin lagi bisa dimodel hatchback aja kaya focus rs

  • amar

    Mungkin ini adalah keputusan terbaik Mitsubishi

  • jzy

    Mitsubishi trkenal dngan mesin cepat & tangguh…
    Mungkin mitsubishi sudah mlihat mobil sedan tdk sperti dulu,, mka’a buat SUV/crossover dngan prforma sperti lancer!!

    • Maddog

      Itu sebabnya mengapa mitsubishi menciptakan outlander sport, sang penerus lancer

  • Taranza

    Disitu saya kadang merasa sedih… Gw mazda lover tapi gw kecewa dan sedih bgt ya karena mitsu kagak akan bikin sedan lagi…?*pingsan Yasudah pilihan gw cuma lenser doang, itu aja dah mantep bgt kok

  • Foe

    Mungkin mreka lelah

  • ron92

    Mungkin suatu saat nanti film fast n furious pake mpv sama suv doang..:D

  • haris

    saya suka artikel ini. bukan reportase product launching yg hanya copy paste dari press release membosankan dan sama isinya dgn media mainstream lainnya. Artikel ini membawa aspirasi autolover utk jadi feedback bagi pihak produsen. Good job Autonetmagz!

  • Acid

    Belum juga punya, udah diskontinu, disitu saya kadang merasa sedih 🙁

  • rizky

    Uang sudah terkumpul malah berhenti berproduksi
    capek” ngumpulin uang untuk lancer
    I love lancer

  • ju

    wadduh, nama lancer kok mo dipakein di suv, nggak sekalian dipakein di truck buat nggantiin canter sama fuso !!

  • rizky

    Pantesan mobil lancernya pak polisi pada diganti dengan mazda6

  • Rayan

    Yaachh .., baru aja punya Lancer (udah lama mimpi punya Lancer) kok mau discontinue.? Gw Fans berat Mitsu yg Legendaris. Jangan berhenti melangkah sang Legenda, kami ingin selalu bersamamu walau kau akan muncul tiap 7 atau 10 tahun atau bahkan lebih., Artinya kau akan muncul dgn Reinkarnasi Baru. Keep Fighting man !!

    • Josh

      Ah, lebay nih!

  • Za

    Harusnya Lancer tetep ada pake mesin hybrid sama mesin standar buat opsi nya , untuk Evo boleh pake mesin standar + hybrid . Nanti kan jadi keten power tembus 500hp kayak BMW I8 , bahkan nanti katanya Nissan GT-R dimasa depan juga pake hybrid hypercar

  • husein

    Maven tetep oke kog

  • Fauzan Akhdan

    Tapi bisa aja kalau lancer dijadikan PHEV
    Kan mungkin saja begitu, atau lancer mau direncanain bertarung dengan toyota mirai