Mitsubishi Colt L300, Partner Pebisnis Selama 40 Tahun

by  in Berita&Mitsubishi
Mitsubishi Colt L300, Partner Pebisnis Selama 40 Tahun
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika membahas soal mobil niaga ataupun mobil dengan bak terbuka, banyak model yang bisa muncul di pikiran anda. Apakah Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max Pick Up, DFSK SuperCab, atau malah Esemka Bima? Namun di antara semua mobil bak terbuka yang telah disebut, ada satu model yang melegenda hingga saat ini. Tak lain dan tak bukan adalah Mitsubishi Colt L300 yang menjadi satu-satunya model Mitsubishi yang bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Konsistensi Mitsubishi Colt L300 Menembus 4 Dekade

Lembaran sejarah Colt L300 di Indonesia bermula sejak 1981, dua tahun setelah generasi kedua Mitsubishi Delica yang menjadi basisnya dirilis. Walau telah mengalami facelift sebanyak dua kali, Mitsubishi L300 tetap mempertahankan desainnya yang terbilang kaku. Padahal Delica sendiri di Jepang sudah masuk generasi ke-5 serta mengalami facelift pada 2019 lalu dengan sentuhan desain modern khas Mitsubishi saat ini, dynamic shield.

Terlihat ketinggalan zaman memang, namun desain bukanlah faktor utama yang membuat kendaraan niaga masih diminati hingga 40 tahun lamanya. Banyak faktor lain yang membuat model Colt L300 masih dilirik oleh para pelaku bisnis. Selama sepak terjangnya di Indonesia, L300 berhasil membuktikan ketangguhannya melewati berbagai medan jalanan Indonesia serta menjanjikan perawatan yang tergolong mudah. Bahkan hingga saat ini, populasi Mitsubishi Colt L300 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 620.000 unit (Data Gaikindo, Juli 2021).

Masih Memimpin Pasar Di Kelasnya

Mitsubishi Colt L300 seakan menjadi bukti nyata dalam segmen kendaraan niaga bahwa fungsi lebih penting dibandingkan desain. Adapun ketangguhan L300 dibuktikan lewat mesin 2.500 cc diesel (4D56) yang memiliki output sebesar 72,9 hp dengan torsi 142 Nm alias ‘badak’ untuk ukuran sebuah mobil bak. Dengan dimensi cargo bed sebesar 2.430 x 1.600 mm x 310 mm (P x L x T) untuk varian flat bed, L300 mampu mengangkut beban hingga 1,26 ton. Bertenaga dan muat banyak? Itulah mengapa L300 ini masih digemari oleh banyak pelaku usaha.

“Penjualan  model L300 mengalami kenaikan penjualan hingga 760 unit dibandingkan bulan sebelumnya, sekaligus mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di kelasnya, membuktikan model legendaris yang telah hadir selama lebih dari 40 tahun di Indonesia ini tetap diminati dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mempertegas bahwa Colt L300 masih diminati kendati pandemi COVID-19 belum usai.

Jarang sekali ada yang bisa menyamai level Mitsubishi Colt L300 ini. Mobil dengan tema desain yang bertahan selama 40 tahun namun masih diminati karena pembuktian ketangguhannya. Memang jika berbicara soal kendaraan niaga, fungsi akan mengalahkan rupa sekalipun. Namun sampai kapan L300 ini bisa bertahan saat rival-rivalnya sudah diperbaharui secara signifikan? Sembari menunggu kelanjutan kiprah Colt L300 di Indonesia, berikan komentar terbaikmu untuk mobil ini pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: