Minim Peminat, BMW M5 dan M6 Siap Tinggalkan Opsi Transmisi Manual

by  in Berita&BMW&International
Minim Peminat, BMW M5 dan M6 Siap Tinggalkan Opsi Transmisi Manual
0  komentar
BMW-M6

AutonetMagz.com – BMW diketahui sedang menyiapkan generasi terbaru dari BMW M5 yang sudah mau loncat dari kode F10 yang sekarang ke kode G, menyusul 7 Series. Jika M5 mau berubah, maka M6 juga pasti akan berganti wujud, karena kedua mobil ini basisnya sama. Untuk sekarang, diketahui BMW akan melirik penggerak AWD xDrive untuk dipasang di M5 dan M6 baru, mengingat banyaknya konsumen yang menilai mereka butuh penggerak AWD.

Tapi soal transmisi, bersiaplah kecewa sedikit bagi para pemuja transmisi manual. BMW M GmbH President, Frank van Meel berkata kepada Car&Driver bahwa M5 dan M6 bertransmisi manual 6 percepatan sudah tidak menarik lagi bagi konsumennya, sehingga transmisi manual akan dihilangkan pada generasi mendatang. Konsumen lebih suka transmisi kopling ganda untuk menemani mesin 4.400 cc V8 twin turbo bertenaga 560 hp dan torsi 678 Nm.

BMW-M5-Silver

Wajar sih, PR juga menghandle tenaga dan torsi sebesar itu dengan pedal kopling, mau sekeras apa pedal koplingnya kalau dinjak? Sejauh ini, permintaan konsumen ke BMW untuk M5 dan M6 bertransmisi manual sudah “turun drastis hingga angka nol” menurut van Meel. Jadi, M5 dan M6 bertransmisi manual yang sudah beredar sekarang akan jadi barang langka beberapa tahun ke depan.

Tapi tenang dulu, hanya M5 dan M6 kok yang akan kehilangan versi manual. BMW M series lain seperti M2, M3 dan M4, van Meel menjanjikan kalau transmisi manual akan tetap hadir di model-model itu, karena peminatnya masih ada. Sejauh ini, ketiga mobil yang disebut tadi dijual dengan versi manual atau kopling ganda.

bmw-m4-gts-front

Di IIMS 2016 yang berlangsung sekarang ini, BMW M series yang siaga di booth BMW Indonesia adalah M6, belum ada BMW M Series lain yang siaga di sana sejauh ini. So, mungkin bagi pemilik M5 dan M6 manual, mobilnya sekarang disayang-sayang saja, soalnya bakal jadi barang langka ke depannya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: