Minim Peminat, BMW M5 dan M6 Siap Tinggalkan Opsi Transmisi Manual

by  in Berita&BMW&International
Minim Peminat, BMW M5 dan M6 Siap Tinggalkan Opsi Transmisi Manual
0  komentar
BMW-M6

AutonetMagz.com – BMW diketahui sedang menyiapkan generasi terbaru dari BMW M5 yang sudah mau loncat dari kode F10 yang sekarang ke kode G, menyusul 7 Series. Jika M5 mau berubah, maka M6 juga pasti akan berganti wujud, karena kedua mobil ini basisnya sama. Untuk sekarang, diketahui BMW akan melirik penggerak AWD xDrive untuk dipasang di M5 dan M6 baru, mengingat banyaknya konsumen yang menilai mereka butuh penggerak AWD.

Tapi soal transmisi, bersiaplah kecewa sedikit bagi para pemuja transmisi manual. BMW M GmbH President, Frank van Meel berkata kepada Car&Driver bahwa M5 dan M6 bertransmisi manual 6 percepatan sudah tidak menarik lagi bagi konsumennya, sehingga transmisi manual akan dihilangkan pada generasi mendatang. Konsumen lebih suka transmisi kopling ganda untuk menemani mesin 4.400 cc V8 twin turbo bertenaga 560 hp dan torsi 678 Nm.

BMW-M5-Silver

Wajar sih, PR juga menghandle tenaga dan torsi sebesar itu dengan pedal kopling, mau sekeras apa pedal koplingnya kalau dinjak? Sejauh ini, permintaan konsumen ke BMW untuk M5 dan M6 bertransmisi manual sudah “turun drastis hingga angka nol” menurut van Meel. Jadi, M5 dan M6 bertransmisi manual yang sudah beredar sekarang akan jadi barang langka beberapa tahun ke depan.

Tapi tenang dulu, hanya M5 dan M6 kok yang akan kehilangan versi manual. BMW M series lain seperti M2, M3 dan M4, van Meel menjanjikan kalau transmisi manual akan tetap hadir di model-model itu, karena peminatnya masih ada. Sejauh ini, ketiga mobil yang disebut tadi dijual dengan versi manual atau kopling ganda.

bmw-m4-gts-front

Di IIMS 2016 yang berlangsung sekarang ini, BMW M series yang siaga di booth BMW Indonesia adalah M6, belum ada BMW M Series lain yang siaga di sana sejauh ini. So, mungkin bagi pemilik M5 dan M6 manual, mobilnya sekarang disayang-sayang saja, soalnya bakal jadi barang langka ke depannya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Nakazato Kira

    Wajar sih, apalagi saat kemacetan. Bisa jadi latihan buat menkekarin otot kaki kiri

  • Levi

    Ingat gak kata Om Mobi di videonya Autonetmagz ?

    Ridwan : Om, pilih manual atau otomatik pintar ?

    Om Mobi : Otomatic pintar pasti

    Ridwan : Kenapa om ? Kan rasanya kalo ganti gigi sendiri itu enak gmn gt

    Om Mobi : Tetep kaki sama tangan manusia kalah cepat shiftingnya sm otomatis pintar, spt DSG’nya VW

    Om Mobi : Atau kalo gak gt coba aja pake manual buat sehari-hari di kota Jakarta

    Jawaban terakhirnya skak mat bgt ?

    • ekkyfir

      Hahaha bener2?

    • Always35

      Skak mat banget jawabannya, ane salah satu korbannya tuh ? kalo kata bokap “kalo kamu udah berumur gakpapa pake matic, lah ini masih muda badan masih kuat mintanya matic, bawa yang itu ajah!” *nunjuk ipah manual” ?

      • Levi

        Hahaha ane dah kapok pake manual gan, apalagi di Surabaya, next pake matic aja ?

    • Aditya Satriady

      Kalo pilihannya: pilih manual atau otomatik biasa yang pindah giginya bisa ditinggal Umroh, pilih mana? :v

      • Levi

        Anjir pilihan sulit itu ?

  • Aryo Wicaksono

    M5 dan M6, mobil Q mahal segede gaban gitu, wajarlah pakai otomatis doang. pakai manual juga paling sensasi yang dirasakan pengemudi mobil bongsor paling ya gitu-gitu aja. selama manual masih dipertahankan untuk M2, M3, dan M4, BMW lain pakai manual sih tidak masalah.

  • Aryo Wicaksono

    M5 dan M6, mobil Q mahal segede gaban gitu, wajarlah pakai otomatis doang. pakai manual juga paling sensasi yang dirasakan pengemudi mobil bongsor paling ya gitu-gitu aja. selama manual masih dipertahankan untuk M2, M3, dan M4, BMW lain pakai manual sih tidak masalah.

  • Enrile Indro Prasetyo

    M6 dan M5 itu mobil grand tourer besar, yang dicari dari mobil beginian pasti kenyamanan. Kalo M2, M3, M4 secara dimensi lebih kecil (compact sports car), pake transmisi manual lebih pas buat track day ataupun drifting..

  • haikal fahmi almaidani

    BMW M-Series mau tinggalkan transmisi manual? Oh no.

  • ekkyfir

    Wajar sih M5 sm M6 ninggalin manual, power nya gede dan bongsor bgt, beda cerita sm M2, M3, M4, mereka masih compact dan lebih fun to drive, pake opsi manual lebih fun
    Oiya generasi selanjut nya M5 sm M6 pake xdrive ? Buat rwd nya masih ada ga tuh ?