Di Amerika, Efisiensi BBM Mazda CX-3 Jadi yang Terbaik di Kelasnya

Di Amerika, Efisiensi BBM Mazda CX-3 Jadi yang Terbaik di Kelasnya
0  komentar
efisiensi-bbm-mazda-cx-3

AutonetMagz.com – Badan Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat telah selesai menghitung-hitung dan membandingkan konsumsi BBM crossover anyar Mazda CX-3 dengan para rivalnya. Hasilnya membuat Mazda boleh berbangga, karena CX-3 tercatat sebagai crossover paling efisien di kelasnya, yakni mencapai 14,92 km/liter untuk rute tol dan 12,3 km/liter untuk rute dalam kota.

Angka itu berlaku untuk Mazda CX-3 bermesin 2.000 cc 4 silinder SkyActiv-G bertransmisi matik SkyActiv Drive 6 percepatan dan penggerak roda depan yang dites oleh EPA. Untuk mesin 2.000 cc memang lumayan angka segitu, tapi kami tak tahu apakah CX-3 1.500 cc efisiensinya lebih buruk atau malah lebih baik.

Honda-HR-V-Eropa

Kalau dibandingkan dengan efisiensi para rivalnya di Amerika Serikat – sekali lagi, di Amerika Serikat – seperti Honda HR-V dan Nissan Juke DIG-T, CX-3 hanya menang tipis. Konsumsi BBM rute tol Honda HR-V 1.800 cc sama dengan Mazda CX-3, yakni 14,92 km/liter meski untuk rute dalam kota HR-V hanya mampu 11,9 km/liter.

Sedangkan Nissan Juke DIG-T yang bermesin 1.600 cc 4 silinder turbo menghasilkan efisiensi BBM rute dalam kota sama seperti HR-V di angka 11,9 km/liter, tapi konsumsi BBM rute tolnya bertengger di angka 14,49 km/liter. Hanya selisih tipis kan dengan CX-3? Uniknya, konsumsi BBM Juke turbo teririt malah diperoleh Juke bertransmisi manual, bukannya Xtronic CVT.

Nissan-Juke-Design-Edition

Bagaimana para pembaca, makin tergiur dengan CX-3? Tapi saran kami, boleh saja menjadikan angka efisiensi ini sebagai salah satu aspek vital dalam memilih mobil, tapi ingatlah kalau kondisi jalanan di Amerika dan Indonesia berbeda. Terlebih lagi, jangan pernah coba-coba mengisi dengan bahan bakar murahan atau di bawah spesifikasi minimum kebutuhan mesinnya.

Jika anda sudah nurut dengan kebutuhan bahan bakar mesin, gaya mengemudi anda halus dan lalu lintas lancar, bukan mustahil konsumsi BBM terbaik bisa diraih, apapun mobilnya. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: