Microsoft HoloLens Disiapkan Menuju Era Baru dalam Dunia Otomotif

Microsoft HoloLens Disiapkan Menuju Era Baru dalam Dunia Otomotif
0  komentar
Microsoft-HoloLens

AutonetMagz.com – Salah satu raksasa teknologi dunia, Microsoft baru saja menemukan cara agar dunia nyata tidak lagi membosankan gara-gara rutinitas kita. Selain bersiap untuk meluncurkan sistem operasi Windows 10, mereka juga memperkenalkan HoloLens, yaitu semacam perangkat yang bisa kita pakai seperti Oculus Rift atau Google Glass untuk menggabungkan dunia maya dan dunia nyata kita.

Tak seperti Oculus Rift, HoloLens memakai layar transparan sehingga dunia sekeliling kita masih terlihat jelas, hanya saja elemen dunia maya seperti game, video, peta dan berbagai objek lainnya akan seolah tampil di dunia nyata kita, jadi tak perlu terpaku pada layar monitor. Terus, apa hubungannya dengan dunia otomotif?

Desain-Motor-dengan-Microsoft-HoloLens

Di sini serunya, karena bisa memproyeksikan elemen desain 3D mentah saat mendesain mobil atau motor, desainer digital yang sedang bekerja dengan aplikasi seperti AutoCAD, 3DS Max, Blender dan lain-lain bisa langsung mendemonstrasikan ide mereka ke dunia nyata tanpa harus menjelaskan panjang lebar, karena hologramnya seolah langsung tergambar di dunia nyata.

Selain berguna untuk desainer digital, ini juga berguna bagi desainer clay atau tanah liat di proses desain kendaraan. Bagi engineer yang biasa bekerja dengan software sejenis AVL maupun SolidWorks pun juga berguna, karena HoloLens juga bisa membantu mengukur tingkat presisi dan mendiagnosa masalah dalam proses manufaktur cukup dengan memakainya saja. Canggih ya?

Microsoft-HoloLens-untuk-dunia-otomotif

Tapi sayangnya teknologi ini tak bisa dinikmati dalam waktu dekat, sebab Microsoft masih mendapati sejumlah bug yang harus diselesaikan sebelum resmi melepas alat ini ke pasaran untuk membantu semua orang, termasuk para engineer dan desainer otomotif. Tapi setelah melihat videonya, rasanya alat ini sangat menjanjikan bagi kita semua.

Penasaran? Yuk kita simak videonya bersama!

Read Prev:
Read Next: