Mesin Subaru WRX Masuk Daftar 10 Mesin Terbaik Versi Ward Auto

Mesin Subaru WRX Masuk Daftar 10 Mesin Terbaik Versi Ward Auto
0  komentar
subaru wrx

AutonetMagz.com – Orang-orang di dalam naungan Fuji Heavy Industries (FHI) mungkin sekarang sedang senang, karena mesin mobil sport Subaru WRX yang berkode FA20 Direct Injection Turbo (DIT) berhak atas satu dari sepuluh mesin terbaik yang dirilis oleh jurnal industri otomotif terkenal, Ward Auto. Perlu diingat, Ward Auto hanya bilang mesin Subaru WRX yang masuk, tidak bilang soal mesin Subaru WRX STI yang lebih besar.

Ini berarti Subaru berhasil menendang 31 mesin lain yang juga punya potensi untuk masuk ke 10 besar nominasi mesin terbaik. Persyaratan untuk bisa masuk nominasi adalah mesin harus baru total atau setidaknya direvisi besar-besaran dari sebuah mesin lama, tersedia di pasar Amerika Serikat dengan harga mobil tidak boleh lebih dari $61.000 (859,1 juta Rupiah).

Mesin Subaru WRX 2015

Sudah 2 tahun berturut-turut mesin FA20 DIT Subaru masuk ke dalam kategori tersebut, tapi jika dirunut dari sejarah yang lebih panjang lagi, total sudah 5 kali mesin Subaru dihargai sebagai salah satu mesin terbaik. Pertama di tahun 2004 dengan mesin EJ25, 2.500 cc 4 silinder boxer turbo yang menjadi jantung Subaru Impreza WRX STI, dan pada tahun 2010, mesin yang sama kembali dianggap sebagai mesin terbaik.

Kali ketiga diraih oleh mesin Subaru FA20 non turbo, 2.000 cc 4 silinder boxer, yang bisa kita temukan di Subaru BRZ dan Toyota 86 pada tahun 2013. Yang keempat adalah tahun lalu, di mana mesin FA20 DIT Subaru juga masuk nominasi seperti pada tahun ini. Selain dari Ward Auto, mesin Subaru juga pernah meraih penghargaan engine of the year dari Engine Technology International, dan mesin itu adalah mesin EJ25 milik Subaru Impreza WRX STI di tahun 2006.

subaru wrx reli

Mesin FA20 DIT yang ada di Subaru WRX ini punya daya yang besar, mencapai 268 hp dan torsi 350 Nm. Tidak seperti Subaru WRX STI yang harus mencapai 4.000 rpm untuk meraih torsi maksimum, Subaru WRX cukup separuhnya saja, yakni 2.000 rpm. Penilaian juri untuk setiap mesin adalah berdasarkan tenaga, torsi, pengendaraan, kebisingan, kehalusan atau kekasaran, fleksibilitas, konsumsi BBM dan teknologi yang diusungnya.

Penilaian itu berlaku untuk semua mesin yang dinilai, tidak hanya untuk mesin Subaru saja. Memang sih untuk mesin boxer turbo yang dilengkapi AWD dan mengingat segmennya sebagai mobil sport, konsumsi BBM Subaru WRX pasti tidak akan bisa dibilang irit-irit amat, tapi jika menilai dari semua aspek, terutama perbaikannya dibanding generasi pendahulu, kami rasa pantas jika mesin ini masuk kategori. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Oki Syauqi

    Dan mesin terbaik di indonesia adalah… 1nz-fe yg gak ganti selama 10 tahun lebih

    • Hillarius Satrio

      2015, 2016, 2017 dan terus sepanjang tahun mesinnya itu terus

  • shiro

    Mesin2 lainny apa aja yang masuk 10 besar min?

    • Hillarius Satrio

      ada mesin MINI, BMW, Toyota, Chevy, mostly eropa sih