Mercedes Benz X-Class Meluncur, Sesuai Harapan Kah?

0  komentar

AutonetMagz.com – Mercedes akhirnya menandai era baru dari sebuah segmen yang sebenarnya tak disangka – sangka akan diseriusi oleh pihak pabrikan asal Jerman ini, yaitu pasar double cabin. Pada hari rabu, 19 Juli 2017 kemarin, akhirnya double cabin Mercedes Benz X-Class dirilis juga. Dan apakah Mercedes Benz X-Class ini sudah memenuhi ekspektasi para insan otomotif sesuai dengan model konsepnya yang diperkenalkan Oktober 2016 lalu? check it out.   

Mercedes Benz X-Class hadir sebagai generasi pertama di segmen double cabin yang dimiliki oleh merk premium asal Jerman ini. Mercedes Benz X-Class sendiri akan mempunyai tiga varian yang masing – masing akan disesuaikan dengan kebutuhan dari sang calon konsumen. Bagi yang memerlukan Mercedes Benz X-Class untuk kebutuhan pekerjaan, maka ada Mercedes Benz X-Class Pure. Sedangkan untuk para pengguna harian yang membutuhkan double cabin untuk mobilitas harian Mercedes Benz menyediakan Mercedes Benz X-Class Progressive. Dan terakhir jika anda ingin double cabin untuk bersolek dan wara wiri di perkotaan, maka ada Mercedes Benz X-Class Power.

Apapun varian yang dipilih oleh konsumen, Mercedes Benz X-Class tetap akan memberikan bak belakang yang praktis dan dilengkapi dengan cargo area lighting serta soket 12 volt yang bisa digunakan sebagai sumber daya bagi beberapa peralatan seperti kompresor udara maupun gergaji dan bor listrik. Mercedes Benz X-Class juga dibekali dengan lampu utama LED yang memiliki desain yang sebenarnya cukup berbeda dengan versi konsep, namun masih menunjukkan ciri khas sebuah Mercy kekinian. Sedangkan di sisi belakang, Mercedes Benz X-Class memiliki lampu belakang vertikal dengan pintu yang dapat dibuka hingga 180 derajat.

Untuk urusan interior, memang anda tak bisa berharap mobil ini akan semewah saudara – saudaranya di kelas sedan atau semewah versi konsepnya, namun tak berarti interior Mercedes Benz X-Class ini buruk. Desain dashboard dari Mercedes Benz X-Class ini lebih terlihat practical dan ada beberapa kesan sporty yang hadir berkat penggunaan kisi – kisi pendingin udara yang berbentuk bulat dan juga ornamen bermotif karbon di dashboard-nya. Selain itu penggunaan model setir 3-spokes juga cukup baik dan untuk kursi, pilihan balutan kulit hadir di varian tertentu namun untuk varian terbawah masih akan menggunakan pelapis fabric biasa. Untuk varian yang tinggi juga akan hadir dashboard berbalut kulit dengan trim bercorak kayu dan juga sistem infotainment berbentuk layar sentuh dengan lebar layar 8,4 inci.

Sedangkan untuk urusan dapur pacu, Mercedes Benz X-Class sendiri sementara hanya akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin saja, yaitu untuk Mercedes Benz X 220 d akan menggunakan mesin 2.300 cc Turbo diesel dengan tenaga maksimal 163 PS, sedangkan varian mesin yang lebih kencang hadir dalam Mercedes Benz X 250 d dengan mesin Biturbo Diesel alias dua buah turbo dengan tenaga maksimal 190 PS. Mercedes Benz X-Class sendiri direncanakan akan memiliki beberapa varian mesin baru, antara lain adalah Mercedes Benz X 200 yang akan memiliki mesin bertenaga 165 PS dan juga calon varian termahal Mercedes Benz X 350 yang aka menggendong mesin V6 brtenaga 285 PS dengan torsi 550 Nm.

Apapun varian mesin yang akan dipilih oleh konsumen, Mercedes Benz X-Class akan menyediakan dua buah pilihan transmisi saja, yaitu transmisi enam percepatan manual atau transmisi otomatis dengan tujuh percepatan. Kedua transmisi tersebut akan mengalirkan daya dari mesin kepada penggerak roda belakang yang hadir sebagai standar, namun jika anda perlu lebih banyak penggerak, maka varian AWD akan segera disediakan oleh pihak pabrikan. Dan untuk urusan kemampuan sebagai sebuah double cabin, Mercedes Benz X-Class tak perlu diragukan lagi. Mercedes Benz X-Class mampu bekerja sepenuhnya sebagai double cabin dengan basis rangka ladder frame dan solid rear axle.

Mercedes Benz X-Class mampu mengangkat beban hingga 1,2 ton yang mana setara dengan 17 drum bir, atau jika diperlukan, mobil ini juga mampu menarik beban hingga 3,8 ton atau setara menarik sebuah gandengan berisi tiga ekor kuda. Untuk kapabilitasnya menerjang medan berat, Mercedes Benz X-Class ini dibekali dengan ground clearance  setinggi 202 mm yang bisa naik menjadi 222 mm dengan suspensi off road khusus yang hadir sebagai opsional. Mercedes Benz X-Class juga memiliki approach / departure angle  dengan angka hingga 30,1 derajat dan 25,9 derajat. Mercedes Benz X-Class sendiri baru akan dijual akhir tahun ini, yaitu bulan November 2017 di benua Eropa. Untuk pasar Jerman, Mercedes Benz X-Class dibanderol mulai harga 37.294 Euro atau setara dengan 572,8 juta Rupiah. Mercedes Benz X-Class sendiri akan dipasarkan di beberapa negara lain seperti Australia, Argentina, Brazil, dan Afrika Selatan.

Bagaimana menurut kalian Mercedes Benz X-Class ini? Ini double cabin lho, tetapi  ini juga Mercy. Menarik tentunya melihat sepak terjang dari Mercedes Benz X-Class kedepannya. Sampaikan komentarmu ya kawan.

Read Prev:
Read Next: