Mercedes Benz Singkap Mesin Diesel Barunya, Lebih Ringan dan Bertenaga!

Mercedes Benz Singkap Mesin Diesel Barunya, Lebih Ringan dan Bertenaga!
0  komentar
mesin diesel baru mercedes benz

AutonetMagz.com – Sebagai salah satu merek mobil yang punya tingkat engineering bagus, Mercedes Benz tidak ingin mesin dieselnya ditandingi oleh merek rivalnya, khususnya dari BMW dan Audi. Contoh Mercedes Benz diesel yang bisa kita nikmati di sini adalah ML 250 CDI, sebuah SUV 5-seater. Bulan ini, Mercedes Benz resmi mengumumkan sebuah mesin diesel baru yang sudah menghabiskan dana riset hingga $3 M (4,05 T Rupiah) untuk menghasilkan mesin-mesin baru.

Mesin diesel anyar ini diberi kode OM 654, berspesifikasi 2.000 cc 4 silinder turbo diesel dan bertugas untuk menggantikan mesin 2.100 cc 4 silinder turbo diesel lawas. Salah satu inovasi brilian di sini adalah penggunaan blok mesin aluminium, dan hal ini jarang ditemui di sebuah mesin diesel. Alhasil, mesin baru ini lebih ringan dibanding mesin yang lama, beratnya hanya 168 kilogram, dan itu baru satu dari sekian kelebihannya.

mesin diesel mercedes benz

Hal lain, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 191 hp, lebih besar dari mesin lama yang hanya mampu 167 hp, tapi sayang torsinya tidak berubah, tetap di angka 400 Nm. Mercedes Benz berkomentar bahwa mesin ini bisa lebih irit bahan bakar 13% dibanding yang lama, dan juga menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah. Untuk hal emisi, Mercedes Benz memberikan banyak perlakuan spesial di sistem pembuangannya.

Perlakuan spesial itu salah satunya adalah pemasangan sistem selective catalytic reduction (SCR). Sistem ini bertugas mengurangi gas-gas yang berbahaya semisal gas NOx yang menjadi momok bagi Volkswagen soal kasus dieselgate-nya. Hingga saat ini, Mercedes Benz baru akan memasang mesin baru itu di Mercedes Benz E220d baru yang akan dijual di Eropa sebentar lagi. Hm, namanya E220d, mirip BMW ya, biasanya kalau Mercedes Benz diesel itu buntutnya pakai nama CDI. Ah sudahlah.

mercedes benz new e class

Selain di E220d, mesin ini juga siap dipasang di mobil-mobil lainnya, mau itu sedan, SUV atau bahkan van seperti V-Class. Mesin diesel ini baru bab pembuka dari Mercy, karena mereka berjanji akan memperkenalkan diesel baru lagi ke depannya, sembari menggiatkan riset tentang mobil listrik atau berbahan bakar alternatif. Jadi ingat, kapan ya E-Class baru sampai ke Indonesia? Menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    mungkin ini diesel generasi terakhir yang akan dipasang di mobil sedan mercedes sebelum mesin diesel dilarang untuk sedan di eropa karena melebihi ambang batas emisi gas buang. memang diesel lebih cocok untuk kendaraan besar, ya, bukan sedan seperti ini. ntar di indonesia malah diisi solar busuk lagi sama yang punya, trus pada marah-marah karena mesin jebol.

    • farid

      gak selalu kendaraan besar,mobil kecil seperti peugeot 208 blueHDI yg super irit dan mobil kecil di india juga pake mesin diesel.tentu lebih terasa tarikannya kalau mobil kecil pake mesin diesel dibanding mesin bensin,ditambah mesin diesel juga lebih irit dibanding bensin

      • Aryo Wicaksono

        tapi daripada polusi mesin diesel masih lebih bagus polusi mesin bensin lho, kecuali untuk kendaraan besar memang lebih cocok diesel supaya hemat. untuk mobil kecil mending pakai mesin bensin yang agak boros tapi lebih ramah lingkungan daripada diesel yang hemat tapi bikin kanker, bahaya yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan kerugian akibat konsumsi bahan bakar.

        • Blackjack

          yup, bener sih, tapi peugeot 208 blueHDI juga salah satu mobil berbahan bakar fossil paling ramah lingkungan lho, bermesin 1.6-liter…bahkan mobil-mobil turbo-bensin berkapasitas 1.6-liter lainnya aja kalah green-nya sama si 208 BlueHDI. jadi, menurut saya, tergantung kemampuan engineer sang pabrikan dalam meracik mesin diesel ramah lingkungan…sekarang, teknologi dah canggih…dan salah satu buah manisnya adalah si 208 blueHDI ini….

        • Blackjack

          menurut saya mobil kota bermesin diesel bukan masalah, malah menguntungkan, karena?
          Irit banget, karena diesel

          Bisa ramah lingkungan juga…kyk 208 blueHDI yg emisi CO2nya dibawah 95 gram, itu baru 1.600 cc…gmn kalo dikasih yg 1.200 cc? kebayang gk keiritan dan ramah lingkungannya kyk apa?

          torsi besar utk jalanan di kota, memberikan kesan fun to drive

          bahkan toyota auris pun memakai diesel…padahal dia mobil kota (1.200 cc Diesel)..tapi karena engineer toyota yg kurang bertekad utk menjadikan mesin tersebut lebih green( bisa juga karena tidak mampu merancangnya), maka auris masih harus kalah green dengan mesin diesel milik 208 yg padahal kapasitasnya lebih besar dari milik auris (1.600 cc vs 1.200 cc)

          • Aryo Wicaksono

            itu 95 gram hasil uji di lingkungan ideal. dieselgate tidak hanya melanda volkswagen lho, semua pabrikan juga kena termasuk peugeot. untuk penggunaan sehari-hari emisi CO2 peugeot HDI FAP lima puluh persen lebih tinggi dari hasil pengujian, sementara NOx lima kali batas maksimum, walaupun diesel volkswagen lebih parah lagi, sampai menyentuh 22 kali batas maksimum.

          • Blackjack

            hmm…saya berarti kurang info..hahahaha…tapi semoga aja sih makin banyak produsen yg mengeluarkan mobil diesel ramah lingkungan..

  • farid

    walau 2000cc turbodiesel tapi tenaganya 191 hp,lebih besar dibanding mesin diesel 2GD 2400cc yg punya tenaga 149 hp tapi torsi sama dgn mesin diesel baru mercy.bicara soal emisi tentu mesin diesel spek eropa lebih bagus ditambah kualitas solar disana gak kaya solar busuk disini walau diabndingin dgn pertamina dex sekalipun

    • ekkyfir

      Jelas, disana udh memenuhi euro 5, kalau disini euro 4 aja udh bagus

      • Blackjack

        disini pajero dan fortuner baru aja diubah jadi euro 2, pdhl di thai standar mereka udh euro 5, yahh karena penyesuaian kualitas bbm disini sih kalo menurut saya

        • ekkyfir

          Karena versi indo masih di izinkan minum bahan bakar yg konon kata nya bersubsidi, pdhl kalau di sesuain pake dex euro 4 jg nyampe kok, dex kan salah satu bahan bakar diesel yg bagus

          • Aryo Wicaksono

            dex bukan hanya salah satu yang bagus melainkan solar terbaik di Indonesia. lihat saja hasil pengujian autobild. harga lebih murah dibanding shell, kualitas terbaik, kurang apa lagi sih. (tapi tetap urusan bensin v-power paling bersih)

          • ekkyfir

            Iya bener, kurang nya ada, kurang banyak di spbu2 dan kurang banyak yg beli karena org2 blm pd sadar bagus nya 😐
            Wah kalau di bandingin sm vpower jauh, vpower udh paling bagus, beda 50 perak sm plus tp worth bgt karena kualitas nya

          • Blackjack

            shell diesel skrg udh 8.800 rupiah/liter dan saya kecewa dgn DEX yg masih 8.900 rupiah/liter

          • Aryo Wicaksono

            eh, aku salah lihat harga lama ya. ya minimal pakai shell masih bersih lah. 🙂

          • reyhan apriathama

            PertaDex teknologinya make Bosch dan lebih capable ngadepin Diesel Particulate Filter dan standar nya sudah diakui Internasional, terus terang kalo di asean bensin nya pertamina emang jauh lebih baik bahkan pertamax plus jauh lebih bersih dibanding V Power

          • Aryo Wicaksono

            bukti pertamax plus lebih bagus daripada v-Power mana ya? kalau lawan pertamax racing mah jelas kalah sih.

          • reyhan apriathama

            Gue buktiin sendiri di C250 gue dan dibandingin sebelumnya pake V Power mesin nya agak mengalami knocking trus setelah kuras tangki pke Pertamax Plus hasilnya pertamax plus lebih irit dan ga knocking lagi… Dan memang pembakarannya jauh lebih baik pake pertamina dibanding shell kata Service Advisor bengkel2 resmi mobil eropa semacam CaR, beda ya pertamax racing oktan 98 dan seharusnya V Power di Indonesia oktan 97 soalnya di luar negeri Super Extra oktan 95 artinya V Power di Indo hanya Super Extra yang di rebadge saja… Silakan dicoba dan cintailah produk bahan bakar lokal kalo bisa oli nya dicoba pake fastron..

          • Aryo Wicaksono

            untuk mobil tua aku masih pakai prima xp 10w40, mobil baru aku lebih percaya mobil 1 5w50 dibanding fastron. 🙂

          • reyhan apriathama

            Mobil1 masih kalah sm Motul apalagi Aral…..

          • Aryo Wicaksono

            motul 300v memang oli motor terbaik di dunia, tapi motul 0w30 untuk mobil bikin mesin jadi hancur lebur. aku belum pernah lihat hasil pengujian aral sih jadi nggak bisa komentar.

          • reyhan apriathama

            Klo mau coba aral coba di mobil sendiri nanti ketauan dan oli nya ga semua toko oli ngejual… Kalo di dkt rmh ane yang ngejual di asco motorsport sama di Toda racing atau biasanya dipake juga di bengkel spesialis mercy bmw volvo dkk

          • Charles Grisvianthio

            320d saya gk begitu, pertama pake cobain pertadex, ternyata suara mesinnya agak kasar, gk tau napa…trus, nyoba” pake shell diesel (btw penasaran sama klubnya shell)…dan, ternyata sekarang mesinny udh lebih halus, trus makin hemat, bisa nyampe 20.2 Km/l (rute tol). malah, kalo dibejek, tenaganya sedikit lebih kerasa dibanding waktu pake DEX…

          • Aryo Wicaksono

            memang bahan bakar kayak jodoh, mesti cari yang cocok. pertamax plus lebih cocok untuk mercedes sementara shell diesel lebih cocok untuk BMW, ya.

          • Charles Grisvianthio

            nah, kalo di eropa? shell & exxon salah satu yg layak diancungi jempol…

  • Astaga

    mesin 4N15 milik pajero sport baru juga pakai blok alumunium

  • nusantara nusantara

    kapasitas cc dikecilin, tekanan injector dibesarin, boost turbo dibesaran, kualitas solar di tinggiin, harga dinaikin,yang pasti belum mungkin masuk kemari