Mercedes-Benz Mulai Produksi Baterai PHEV di Thailand

Mercedes-Benz Mulai Produksi Baterai PHEV di Thailand
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita perhatikan, beberapa negara di kawasan ASEAN termasuk Indonesia nampaknya tengah berlomba untuk menarik minat para pabrikan otomotif guna mengembangkan segmen mobil listrik. Selain Indonesia, Thailand juga merupakan negara yang berminat untuk menggaet pabrikan otomotif untuk berinvestasi, malahan mereka lebih dahulu memulai langkah tersebut. Salah satu pabrikan yang sudah menanamkan investasinya di Thailand adalah Mercedes-Benz, dimana pabrikan asal Jerman itu akan memproduksi baterai untuk mobil PHEV disana.

Baru – baru ini, pihak Mercedes-Benz ternyata telah memulai proses produksi untuk baterai mobil plug in hybrid mereka di Thailand. Proses produksi ini sendiri dilakukan di pabrik perakitan mereka yang berada di daerah Samut Prakan. Fasilitas produksi yang dimiliki oleh Mercedes-Benz ini sendiri berdiri diatas lahan seluas 50 ribu meter persegi dan memiliki 100 orang tenaga kerja. Pihak Mercedes-Benz sendiri sudah mengumumkan fasilitas produksi ini tahun lalu, dimana mereka juga menggandeng partner lokal yaitu Thonburi Automotive Assembly Plant (TAAP) dan juga Thonburi Energy Storage System (TESM).

Pihak Mercedes-Benz sendiri mengklaim telah menggelontorkan dana investasi sebesar 100 juta Euro atau sekitar 1,55 Triliun Rupiah untuk mewujudkan produksi ini di Thailand. Nah, baterai yang diproduksi di pabrik Mercedes-Benz Thailand ini akan digunakan untuk Mercedes-Benz C-Class dan Mercedes-Benz E-Class yang menggunakan sistem PHEV dan dijual lokal di Thailand. Walau tak ada konfirmasi resmi, namun pabrik baterai Mercedes-Benz ini diperkirakan bisa memproduksi 5.000 unit baterai, dimana angka tersebut bisa bertambah mengikuti permintaan akan komponen tersebut.

Pihak Mercedes-Benz sebelumnya juga mengklaim bahwa pabrik baterai mereka di Thailand ini nantinya tidak hanya memproduksi baterai untuk kendaraan PHEV saja. Yap, baterai untuk kendaraan listrik (EV) produksi Mercedes-Benz juga nantinya akan diproduksi di tempat tersebut, walau belum jelas kapan. Pabrik baterai Mercedes-Benz di Thailand sendiri menjadi pabrik baterai kesekian yang sudah didirikan oleh pabrikan di bawah naungan Daimler tersebut. Sebelumnya, Mercedes-Benz juga sudah memiliki pabrik baterai di Kamenz – Jerman, dan juga di Beijing – China. Setelah itu, pabrik serupa juga akan didirikan di USA, Polandia, dan Jerman.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: