Mengenang Chery Tiggo : Masih Eksis di 2019 Tanpa Merubah Basis

by  in Berita&Cherry&International
Mengenang Chery Tiggo : Masih Eksis di 2019 Tanpa Merubah Basis
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian mengingat – ingat, sekitar satu dekade silam merk China sudah melakukan ekspansinya ke Indonesia. Jadi, jauh sebelum Wuling dan DFSK menginjak tanah air, merk China lain yaitu Chery sudah sempat mencoba peruntungan di Indonesia. Mungkin produk yang cukup membekas di ingatan kita adalah sosok Chery QQ yang mungil itu. Namun ingatkah kalian bahwa ada sosok lain yang juga diperkenalkan di Indonesia selain QQ? Yap, mobil tersebut adalah sebuah SUV, yaitu Chery Tiggo.

Kala itu, Chery Tiggo menjadi sebuah mobil KW Super yang sejatinya cukup menarik. Dengan body ala Toyota RAV4 dan wajah depan ala Honda CR-V Generasi kedua, Chery Tiggo bisa menjadi opsi ekonomis bagi mereka yang mau tampil taktis. Namun sayangnya eksistensi brand Chery makin menurun di Indonesia, dan tak lama pun akhirnya hengkang dari Bumi Pertiwi. Lantas, bagaimana sosok Chery Tiggo saat ini? Sudah berganti generasi berapa kalikah sosok SUV asal Dataran Tiongkok ini? Jawabanya adalah 0 kali. Namun nama Chery Tiggo sendiri kini memang sedikit berubah, dan menjadi sebuah seri khusus untuk SUV lansiran Chery.

Jadi, the original Chery Tiggo saat ini dikenal dengan nama Chery Tiggo 3. Chery Tiggo 3 sendiri masih merupakan produk yang sama sejak diperkenalkan dari tahun 2005. Namun, jika dilihat fascia depannya, jelas tak ada kemiripan antara Chery Tiggo 3 dan Chery Tiggo yang ada di Indonesia dahulu. Wajah depannya kini lebih moden dengan lampu sipit berteknologi proyektor, dan bumper yang lebih sporty. Walau begitu, dari sisi samping ke belakang masih sama seperti Chery Tiggo yang kita kenal. Ubahan ini sendiri dilakukan pada tahun 2011 silam, namun hanya sekeda facelift saja.

Dan bersamaan dengan facelift tersebut, pihak Chery menghapuskan opsi mesin 1.800cc dan 2.000cc, menyisakan varian 1.600cc. Namun mesin 1.600cc sebelum dan sesudah facelift memiliki perbedaan. Karena di model setelah facelift, mesin 1.600cc miliknya sudah dilengkapi supercharger, dengan keluaran tenaga maksimal 150 PS dan torsi 205 Nm. Oiya, walau sudah hengkang dari Indonesia, Chery Tiggo sebenarnya meninggalkan jejaknya di Negeri kita. Ingat nggak pada tahun 2012 silam Presiden Jokowi yang belum menjabat RI 1 sempat melakukan rebadge dari Chery Tiggo menjadi Esemka Rajawali 1.

Hingga hari ini, Chery Tiggo masih dijual di China sebagai Chery Tiggo 3, dan bersaing dengan produk – produk lainnya yang jauh lebih modern dan juga lebih fresh. Kalau menurut kalian bagaimana sosok Chery Tiggo ini? Ada yang sempat punya atau mencobanya?

Read Prev:
Read Next: