Mazda Patenkan Spoiler Baru, Mungkin Buat RX-Vision

by  in International&Mazda
Mazda Patenkan Spoiler Baru, Mungkin Buat RX-Vision
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah banyak indikasi kemunculan penerus mobil sport rotary Mazda yang ditampilkan via konsep Mazda RX-Vision di Tokyo Motor Show tahun lalu. Namun sepertinya bakal repot membawa RX-Vision ke jalur produksi dan menjualnya sebagai Mazda RX-9, sebab pengembangannya selalu menghadirkan rumor yang terkesan maju-mundur. Pembicaraan mengenai RX-9 pun berstatus tabu di lingkungan Mazda sendiri.

Namun sepertinya Mazda belum benar-benar mengibarkan bendera putih. Terdeteksi sebuah paten baru yang didaftarkan Mazda di Kantor Merek Dagang dan Hak Paten Amerika Serikat, yakni sebuah teknologi active spoiler. Okelah, mungkin active spoiler sekarang ini sudah jamak di mobil sport kekinian, sebab mulai dari Porsche 718 Cayman/Boxster hingga Bugatti Chiron, semua punya active spoiler. Lalu, apa spesialnya active spoiler buatan Mazda?

Perbedaannya lebih ke arah desain. Jika active spoiler biasa “ngumpet” dan menyatu dengan dek bagasi saat tidak dipakai, punya Mazda akan “ngumpet” dan duduk diam di ruang yang sudah disediakan, seolah mengambang dekat lampu remnya. Jika diteliti, ini sama dengan penampakan spoiler belakang konsep Mazda RX-Vision, seperti yang bisa kamu lihat dan telaah di foto bawah ini. Wah, jangan-jangan spoiler ini memang buat RX-Vision versi produksi.

Mazda juga bilang bahwa kehadiran spoiler ini akan membantu mengurangi turbulensi di bagian belakang kendaraan sekaligus memperbaiki gaya tekan ke bawah saat aktif berdiri di kecepatan tinggi. Dengan pendekatan simpel ini, bisa jadi spoiler Mazda RX-Vision akan jadi spoiler yang ikonik. Mungkin pula tak kalah kece dibanding spoilerPorsche Panamera Turbo yang mekanisme buka-tutup ketiga panelnya keren, atau milik Bugatti dan McLaren yang juga berfungsi sebagai rem udara.

Jika masih penasaran, mungkin kita bisa nantikan apa yang akan Mazda bawa dan presentasikan di Tokyo Motor Show 2017 akhir Oktober nanti. Seperti yang sudah pernah disampaikan, Mazda akan memamerkan Mazda RX-Vision jilid kedua yang harusnya ada perbedaan dibanding yang pertama. Mirip Suzuki Kizashi ya, yang konsepnya berjilid-jilid. Apa opinimu mengenai spoiler Mazda ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: